7 Cara Mudah Menghangatkan Bayi yang Kedinginan - Cussons Baby Indonesia

7 Cara Mudah Menghangatkan Bayi yang Kedinginan

Si Kecil yang kedinginan sering kali bikin Bunda khawatir. Belum lagi jika kondisi cuaca sedang baik-baik saja. Namun, Bunda tak perlu khawatir sebab ada berbagai cara untuk menghangatkan bayi yang kedinginan; yang bisa Bunda lakukan. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Risiko Bayi Kedinginan

Dalam berbagai keadaan seringkali bayi merasa kedinginan dan ini dapat berakibat serius jika tidak ditangani dengan benar.

Bayi yang kedinginan dapat merasa tidak nyaman dan cenderung lebih rewel. Mereka mungkin merasa kesulitan tidur dan makan sehingga berpotensi mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

Bahaya lain yang dapat muncul adalah bayi menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri atau virus. Suhu tubuh bayi yang rendah bisa membuat sistem imunnya melemah dan tidak optimal dalam melawan kuman dan virus.

Selain itu, kedinginan pada bayi juga bisa berpotensi menyebabkan hipotermia, yakni kondisi di mana suhu tubuh turun di bawah normal. Hipotermia pada bayi adalah kondisi yang serius dan membutuhkan penanganan medis segera.

 

Baca juga: Cara Memilih Minyak Telon yang Aman

 

7 Cara Menghangatkan Bayi yang Kedinginan

Berikut ini beberapa cara untuk membantu menghangatkan bayi yang kedinginan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan minyak telon.

1. Bungkus Bayi dengan Selimut Tebal

Bunda bisa memilih selimut dengan tekstur tebal dan material yang bisa menahan panas dengan baik. Selimut tebal akan membantu mengepang panas tubuh bayi, sehingga suhunya dapat tetap stabil. Dengan kata lain, selimut tebal mampu menjaga panas tubuh si kecil, sehingga mencegahnya merasa kedinginan.

2. Gunakan Pakaian Tambahan

Saat merasakan dingin, si Kecil mungkin memerlukan lapisan ekstra yang membantu mengurangi hilangnya panas dari tubuhnya. Bunda bisa memberikan pakaian ekstra yang hangat dan terbuat dari bahan seperti wol atau katun tebal. Ingatlah untuk tidak memakaikan terlalu banyak lapisan pada bayi sehingga membuatnya menjadi tidak nyaman atau terlalu panas.

3. Skin-to-Skin Contact

Metode Kangaroo Mother Care by Skin-to-Skin Contact adalah cara mudah namun efektif untuk menjaga suhu stabil bayi. Dengan cara ini, Bunda bisa membuka pakaian atas dan menempatkan si kecil dalam dekapan langsung pada kulit, biasanya dekapannya ada di area dada. Kontak langsung ini membuat bayi merasa hangat dan nyaman. Selain itu, cara ini  selain juga dapat memperkuat ikatan emosional antara Bunda dan si kecil.

4. Gunakan Sleeping Bag

Sleeping bag atau kantung tidur khusus bayi, membuat bayi tetap hangat tanpa harus khawatir selimut terlepas saat bayi bergerak. Pilih sleeping bag dengan bahan yang hangat dan memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh si Kecil.

5. Berikan ASI

Makanan juga dapat membantu dalam menjaga suhu tubuh bayi. Menyusui si Kecil atau memberikannya formula hangat dapat membantu menghangatkannya.

6. Manfaatkan Pemanas Ruangan

Kalau cuaca terlalu dingin, jangan ragu menggunakan pemanas ruangan atau heater. Alat ini bekerja untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih hangat, sehingga bayi tidak merasa kedinginan. Namun, harus hati-hati menjaga jarak antara pemanas dengan bayi dan memastikan temperatur pemanas tidak terlalu tinggi.

7. Balur Bayi dengan Minyak Telon

Terakhir dan tak kalah penting, Bunda bisa membalur bayi dengan minyak telon. Minyak telon dikenal memiliki kandungan yang dapat membantu menghangatkan tubuh. Selain itu, aromanya juga dapat memberikan efek menenangkan. Bunda bisa membalurkan minyak telon ke bagian tubuh si kecil seperti punggung, dada, dan perut setelah mandi atau sebelum tidur.

Itulah penjelasan dan beberapa tips untuk Bunda dalam menghadapi bayi yang kedinginan. Selalu pastikan untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap stabil dan menghindari resiko yang bisa ditimbulkan oleh suhu tubuh yang terlalu rendah.

 

Baca juga: Manfaat Minyak Telon untuk Newborn

 

Rekomendasi Minyak Telon untuk Bayi

Salah satu rekomendasi minyak telon yang bisa Bunda gunakan adalah Cussons Baby Minyak Telon Plus. Ada berbagai manfaat lebih yang bisa didapatkan dengan Cussons Baby Minyak Telon Plus, di antaranya:

  1. Formula dan tekstur Cussons Baby Minyak Telon Plus lembut untuk dibalurkan ke kulit bayi, sehingga cocok untuk pijat tanpa meninggalkan sensasi lengket di kulit.
  2. Cussons Baby Minyak Telon Plus punya hangat yang pas sebab tidak terlalu panas, tapi tetap memberikan kenyamanan dan kehangatan untuk membantu meredakan gejala masuk angin dan perut kembung pada bayi.
  3. Minyak telon plus ini menawarkan aroma telon yang khas dan memberikan kenyamanan serta wangi khas bayi.
  4. Cussons Baby Minyak Telon Plus juga memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk hingga 8 jam, sehingga bayi nyaman dan tidak rewel.

Yuk, selalu gunakan Cussons Baby Minyak Telon Plus untuk bayi!

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: