Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Biang Keringat

Biang keringat (miliaria) adalah suatu ruam kulit yang mengganggu, disebabkan tersumbatnya kelenjar peluh (keringat) pada bagian tertentu. Biasanya biang keringat terjadi saat seseorang berkeringat lebih dari biasanya, misalnya saat cuaca panas atau lembab.

Gejala klinis biang keringat ada 3:

  1. Miliaria kristalinaPada penyakit ini terlihat vesikel atau gelembung kecil/lenting yang berisi air berukuran 1-2mm, bergerombol tanpa radang pada bagian yang tertutup pakaian. Umumnya tidak memberi keluhan dan sembuh dengan sisik halus.
  2. Miliaria rubra
    Penyakit ini lebih berat dari kristalina, terdapat pada badan dan tempat-tempat tekanan atau gesekan pakaian. Terlihat pembengkakan kecil, gatal dan pedih
  3. Miliaria profunda
    Biasanya timbul setelah rubra, ditandai dengan pembengkakan putih, keras, ukuran 1-3mm. Terutama di badan dan kaki atau tangan namun tidak gatal.

Pengobatan dengan cara menghindari panas, kelembaban yang berlebihan, mengusahakan regulasi suhu yg baik dan pakaian yang tipis dan dapat menyerap keringat. Dapat diberikan losion calamine, dan hidtokortison jika kulit sangat perih dan gatal.

Cara Mengatasi Biang Keringat

Cara mengatasi biang keringat perlu dipelajari oleh Bunda. Cuaca yang terik, biasanya akan memicu terjadinya biang keringat pada bayi, ketika keringat keluar berlebihan dan tidak segera mengering, pori-pori kulit akan tersumbat di bawah kulit, yang mengakibatkan terjadinya bintil-bintil merah pada kulit, dan gatal yang menggangu.

Kulit bayi belum sempurna, sehingga bayi cenderung berkeringat terus menerus, dikarenakan proses penyerapan keringat pada kulit bayi belum berjalan secara sempurna, sehingga resiko biang keringat menjadi semakin meningkat dan banyak. Untuk mencegah biang keringat, salah satunya dengan mengelap keringat bayi, dan menjaga kulit bayi agar tetap kering. Basuh keringatnya dengan menggunakan handuk basah yang lembut. Setelah itu, ganti baju bayi yang basah karena terkena keringat. Menggunakan bedak bayi, juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya biang keringat pada bayi.

Protect Care Prickly Heat Protection Powder adalah cara mengatasi biang keringat pada bayi Bunda. Protect Care Prickly Heat Protection Powder diformulasikan dengan Calamine untuk membantu menyejukkan kulit dan mencegah iritas, Zinc Oxide memberikan perlindungan pada kulit, dan Witch Hazel Extract yang membantu mengurangi iritasi dan rasa gatal. Karena mudah menyerap keringat dan mengurangi kelembaban, kulit bayi Bunda pun jadi tenang dan bebas dari iritasi biang keringat.
Untuk menggunakan bedak pada bayi, Bunda harus memastikan bahwa kulit bayi dalam keadaan yang benar-benar kering. Jika bedak yang ditaburkan ke tubuh bayi dalam keadaan yang basah, akan mengakibatkan pori-pori akan tersumbat, yang membuatnya menjadi biang keringat. Penggunaan bedak bayi ini pun digunakan, saat biang keringat kering dan biang ketingat tidak bergelembung atau basah. Jika biang keringat si kecil semakin parah, segeralah pergi ke dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Tips mengatasi biang keringat pada bayi

Untuk mengatasinya dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Hindari udara yang panas dan juga lembap
    Cara mengatasi biang keringat pada bayi, Bunda bisa mulai dengan memindahkan bayi ke ruangan yang sejuk dan teduh. Sedikit dengan menggunakan AC dan kipas angin tidak masalah, asalkan tidak mengarah langsung terhadap tubuh bayi.
  1. Pakaian bayi
    Disarankan untuk memilih pakaian dari serat alami seperti katun. Hindari memakai pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon.
  1. Menjaga kulit bayi tetap dingin
    Dinginkan kulit bayi yang terjangkit biang keringat menggunakan kain basah dingin.
  1. Jangan sering menggendong bayi
    Menggendong bayi ketika cuaca panas tidak disarankan untuk Bunda yang ingin mengatasi biang keringat pada bayi. Apabila dilakukan, bayi harus berhadapan dengan dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh Bunda, lebih baik biarkan bayi berbaring sehingga banyak udara yang masuk dari selasela tubuh bayi.

Jaga selalu kesehatan bayi Bunda, dengan penggunaan produk bayi yang sesuai dengan bayi jaga selalu kesehatannya agar tumbuh kembang dengan baik dan sempurna.

Related Artikels