Buah Hati Bunda Yang Mulai Senang Berbicara di Bulan Ke-10

Memasuki usia 10 bulan si kecil akan semakin lincah dan aktif. Bunda dapat memantau dari berbagai aktivitas yang sering ia jalani ketika menjelajahi ruangan dan bermain. Kegiatan sederhana seperti berpegangan, berlarian ke arah Bunda dan Ayah, hingga mulai berani berbicara dengan terbata dan berteriak.

Mengapa demikian?

Karena kini koordinasi motorik si kecil sudah berkembang dengan baik ditandai dengan mulai bisa menggenggam benda dengan satu tangan ketika tangan satunya melakukan aktivitas lain. Menggemaskan ya, Bun!

Baca  Juga : Penyebab Anak Terlambat Bicara, Stimulasi Belajar Untuk Anak!

Perkembangan Bayi Mulai Berbicara

Sifat si kecil juga akan mulai kelihatan Bun, seperti tersenyum pada orang yang memandangnya atau bersembunyi ketika ia merasa malu melihat orang asing. Si kecil juga mulai mengerti lebih baik kata-kata yang Bunda ucapkan, jadi, bila Bunda berkata “ayah” atau “kucing”, bisa jadi si kecil akan merespon dengan menunjuk orang atau binatang tersebut! Ia juga mulai terbiasa untuk melambaikan tangan atau bertepuk tangan saat Bunda meminta si kecil melakukannya. Ia juga akan cenderung mengikuti apa yang Bunda lakukan atau katakan lho. Jadi yuk, beri si kecil teladan terbaik, Bun.

Nah, bila membicarakan waktu tidur si kecil, akan ada sedikit perubahan, Bun. Bila biasanya ia tidur siang 3 kali di siang hari, kali ini ia hanya akan tidur dua kali bahkan bisa jadi hanya sekali. Namun bukan berarti si kecil tidak akan lelah beraktivitas sepanjang hari. Ketika ia lelah atau mengantuk, si kecil akan menunjukkannya dengan menguap, mengusap-usap matanya atau mendadak rewel. Semoga dengan perubahan jam tidur ini, si kecil akan beristirahat lebih lama di malam hari ya, Bun.

Nah, seiring pertumbuhan dan perkembangannya, selera makan si kecil akan berkurang. Ia akan mulai memilih-milih makanan, namun dianjurkan Bunda tetap menawarkan makanan yang bervariasi. Semangati dia untuk belajar makan sendiri. Beberapa bayi juga sudah mulai menggigit di usianya yang sekarang.

Setelah makan, jangan lupa ajak si kecil berinteraksi dengan mengajaknya mengobrol. Ia dapat mengerti apa yang Bunda katakan jadi berbicaralah sesering mungkin untuk meningkatkan perbendaharaan katanya. Bila si kecil merespon kata-kata Bunda dengan terbata-bata, bantu dia dengan mengulang kata tersebut seperti,”iya betul, sayang, itu kucing, kuuuciiing”. Jangan lupa untuk memuji usaha si kecil ya, Bun, jangan malah dimarahi. Bila sudah tiba saatnya bermain, yuk, ajak si kecil membedakan berbagai macam bau. Bawa ia keluar seperti ke halaman atau tanah lapang atau cari beberapa jenis makanan dengan bau khas lalu biarkan si kecil menciumnya sebelum mendeskripsikan bau tersebut kepadanya.

Tips Bulan Ini

Kini si kecil semakin besar dan berat ya, Bun. Tips untuk Bunda memasuki bulan ke-10 ini adalah pastikan Bunda melindungi punggung Bunda ketika menggendong si kecil. Dibandingkan menurunkan pinggang, Bunda bisa menekuk lutut ketika hendak menggendong si kecil.

Baca Juga :  Ayah, Ini Cara Mempererat Bonding dengan Buah Hati dan Manfaatnya

Fakta Seputar Si Kecil

Pada bulan ke-10 ini, banyak bayi yang akan menggoyangkan kepalanya sebagai ungkapannya menolak atau tidak menyukai sesuatu. Si kecil juga mulai sadar dan mengenali nama panggilannya.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Jangan biarkan Bunda mengurus semuanya seorang diri ya, Yah! Ingat untuk membantu apapun yang dapat Ayah lakukan, seperti membereskan mainan si kecil yang berantakan, menyiapkan makanan ketika Bunda sibuk mengurus si kecil yang sedang rewel dan banyak hal lainnya. Dengan membantu Bunda, ia tidak akan merasa terlalu kelelahan dan punya waktu luang lebih banyak untuk dihabiskan bersama Ayah.

 

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!