5 Pilihan Model Rambut Anak Perempuan Berponi

Model rambut anak perempuan berponi akan memberikan kesan imut dan lucu untuk muka si kecil. Poni pastinya menjadi yang paling favotit para bunda saat mendandani si kecil karena akan  membuat ia terlihat stylish, cantik dan menggemaskan. Namun ketika bunda memutuskan si kecil untuk berponi, maka bunda juga harus berkomitment untuk merawat dan menjaga kerapihannya dengan rajin melakukan trim atau memotongnya setiap 2-3 minggu sekali agar poni tetap terawat tidak menutupi penglihatan dan mengganggu aktivitas si kecil.

Dalam kondisi sekarang ini, dengan jumlah penyebaran covid-19 yang semakin banyak, bunda tentunya masih khawatir membawa si kecil keluar ke salon hanya untuk memotong poninya. Sementara, rambut si kecil,  terutama poninya sudah cepat panjang dan mulai menusuk mata dan mengganggunya beraktivitas. Alhasil, bunda skrarang harus dapat merawatnya dengan memotongnya sendiri di rumah. Selain itu, memotong rambut dan poni sendiri si kecil tentunya juga dapat menghemat pengeluaran lho bunda.

Apabila bunda belum percaya diri untuk menggunting rambut si kecil, memotong poni bisa menjadi sebuah latihan awal untuk bunda sebelum memotong keseluruhan rambutnya. Bunda pasti bisa kog melakukannya sendiri di rumah.  Yuk simak berbagai inspirasi model rambut anak perempuan berponi anak yang menggemaskan dan tak lupa beberapa tips agar bunda bisa memotongnya sendiri di rumah.

Model Rambut Anak Perempuan Berponi

  • Poni Rata tebal (Blunt Bangs)

Style rambut anak perempuan berponi ini paling populer dan terfavorit para bunda karena tampilannya memberikan kesan innocence dan sangat menggemaskan.

model rambut anak perempuan berponi
Model Rambut Poni: Rata dan Tebal

 

rambut poni anak perempuan
Model Rambut Anak Perempuan: Poni Rata Tebal Yang memberikan kesan lucu dan gemas

Model poni ini  juga akan  menonjolkan mata indah si kecil dan membingkai wajah imutnya.

  • Poni Bulat (Round Bangs)

model rambut anak perempuan berponi
Model Rambut Anak Perempuan Berponi: Poni Bulat

Model rambut poni ini digunting berbentuk oval dengan bagian samping agak memanjang menyerupai bentuk mangkok. Poni ini akan membuat si kecil terlihat semakin chubby menggemaskan dan  lucu. Bentuk poni ini juga cocok dipadukan dengan rambut ikal.

  • Poni Samping (Side Bangs)

poni samping
Model Poni Samping Anak Perempuan

Ingin memanjangkan poni si kecil? Bunda bisa mencoba gaya poni samping ini. Model rambut anak perempuan berponi ini sangat low maintenance.

gaya rambut anak perempuan
Gaya Rambut Anak Perempuan Poni Samping

Bunda tidak perlu memotongnya setiap 2-3 minggu sekali seperti poni rata. Apabila mulai memanjang, bunda tinggal menjepitnya ke samping dengan aksesoris yang lucu-lucu.

  • Baby Bangs

model baby bangs
Rambut Anak perempuan Model Baby Bangs

Poni dipotong pendek, kurang lebih sebatas setengah dahi. Model rambut anak perempuan berponi ini cocok untuk si kecil yang aktif.

rambut poni
Model Rambut Berponi Baby Bangs Yang Simple

Dengan kepanjangan ini, bunda juga tidak perlu terlalu sering memotongnya, karena cukup awet dan tahan lama sehingga tidak cepat tumbuh mengganggu penglihatan si kecil. Namun , hati-hati ya bunda, poni ini cocok untuk si kecil yang berambut lurus dan jatuh.

  • Poni See-Through Bangs ala artis Korea

rambut poni korea
Model Rambut Anak Perempuan Berponi Korea

Bunda pasti seringkali terpesona dengan potongan poni imut ala artis-artis cantik di drama korea. Poni tipis yang tetap memperlihatkan area dahi yang  terlihat sangat cantik dan manis ini juga bisa lho kita terapkan pada si kecil.

gaya rambut korea
Gaya Rambut Korea Berponi See Through Yang Menonjolkan area dahi

Namun untuk si kecil, bunda bisa memotongnya agak lebih pendek kurang lebih sebatas bawah alis ya supaya tidak menusuk-nusuk mata. Model rambut anak permpuan berponi ini juga sangat flexibel bisa juga sesekali disisir ke samping menjadi side bangs yang cantik.

Baca Juga: Model Potongan Rambut Bayi Perempuan Yang Trending dan Cara Memotongnya

 

Cara Memotong Poni

Ingin mencoba memotong sendiri poni si kecil? Yuk ikuti langkah-langkah mudah berikut ini ya.

Step 1  Menentukan batas yang akan dipotong

Setelah menyiapkan segala alat, (gunting, sisir bergigi rapat, kain penutup badan, sikat lembut), bunda terlebih dahulu perlu menentukan batas kepanjangan poni yang bunda inginkan.  Misalkan bunda ingin memotongnya sebatas alis, atau diatas mata. Pastikan kepanjangan poni tidak menusuk mata si kecil supaya tidak mengganggu penglihatan dan aktivitas si kecil. Umumnya, bunda dapat memotonya tepat di atas alis atau 1 cm di atas alis.

Step 2  Tentukan pembagian/parting untuk poni.

Buatlah terlebih dahulu sebuah parting berbentuk segitiga tepat dibagian tengah dahi. Gunanya untuk menentukan batas kiri, kanan, dan tebal rambut yang akan dipotong. Pisahkan bagian yang tidak mau dipotong  dengan jepit atau ikat rambut. Pastikan parting rapih supaya tidak ada rambut yang mengganggu saat memotong poni.

Step 3. Mulai potong dalam kondisi rambut kering

Sisirlah terlebih dahulu dengan rapih. Lakukan dalam kondisi kering, jangan basah. Tujuannya untuk menghindari memotong terlalu pendek. Mulai dari bagian tengah ,potong sedikit bagian tengah dan jadikan patokan kepanjangan. Lalu bunda tinggal menyambung ke bagian samping kiri dan kanannya. Bunda bisa bebas berkreasi apakah mau mencoba poni rata atau agak memanjangke arah samping.

Step 4  Sisir rapih dan cek kembali kerapihannya.

Setelah selesai, sisir kembali seluruh bagain poni lalu cek kembali apakah sudah seimbang kanan kiri kepanjanganya atau masih ada sudut-sudut yang belum terpotong. Apabila masih ada yang belum rata, bunda dapat menyisir dan memotongnya kembali sedikit demi sedikit. Apabila ingin membuat jatuh poni lebih natural dan lembut, bunda dapat menggunakan gunting bergerigi untuk sedikit menipiskan ujung-ujungnya agar jatuhnya lebih alami.

Baca Juga: Tips dan Cara Memotong Rambut Anak

Step 5 Membersihkan sisa-sisa rambut

Setiap kali selesai menggunting per bagian, bunda bisa menyikat muka si kecil dengan lembut agar potongan rambut tidak menusuk mata si kecil . Setelah selesai jangan lupa membersihkan wajah dan tubuh si kecil dari sisa-sisa rambut menggunakan sikat lembut. Bunda juga bisa memandikan si kecil setelah memotong rambut ia kecil terbebas dari gatal-gatal oleh sisa rambut yang menempel.

 

Tips Penting saat memotong poni anak perempuan di rumah

Selain bunda mengetahui caranya, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal berikut saat memotong poni si kecil ya.

  • Sediakan gunting khusus rambut untuk anak. Agar potongan lebih rapih. Bunda bisa menyiapkan 2 jenis gunting, yaitu gunting rata dan gunting bergerigi (untuk menipiskan)
  • Jangan lupa untuk menyiapkan buku, aktivitas menarik, ataupun video favorit si kecil agar ia bisa duduk manis saat bunda memotong poninya.
  • Jangan lupa untuk menyuruh si kecil untuk menutup matanya pada saat dipotong agar tidak ada potongan rambut yang masuk ke matanya.
  • Khusus bagian poni, gunting pada saat kondisi kering untuk menghindari resiko poni terlalu pendek.
  • Mulai belajar dengan mengunting secara rata (horizontal), apabila sudah menguasai bunda dapat mulai menggunting dengan vertikal,  agar rambut jatuh lebih natural.
  • Pada saat menahan rambut dengan jari, jangan menariknya terlalu kuat, karena akan membuat rambutnya melejit saat dilepas dan menjadi terlalu pendek.
  • Apabila ragu, bunda dapat memotongnya sedikit lebih panjang dari yang diinginkan. Baru setelah itu perlahan bunda potong lagi sedikit demi sedikit untuk merapihkannya
  • Untuk jenis rambut yang lurus, tebal, dan kaku, jangan memotongnya terlalu pendek ya bunda. Karena dapat mengakibatkan poni di kecil kaku dan jigrak. Usahakan kepanjangan terpendek adalah pada setengah dahi, sehingga rambut masih ada berat untuk jatuh tertata rapih .
  • Untuk poni rata, bunda dapat merawatnya dengan melakukan trim setiap 2-3 minggu sekali agar tetap tertata rapi tidak mengganggu wajah si kecil

Melalui langkah sederhana memotong poni si kecil tersebut, Bunda bisa mencobanya dirumah juga tanpa perlu ke salon. Selain sudah bisa dengan rutin memotong sendiri poni si kecil, bunda juga bisa bereksperimen dengan berbagai bentuk poni. Si kecil pasti akan sangat gembira dan dapat beraktivitas tanpa harus terganggu oleh poninya yang menusuk-nusuk mata.

Model Rambut anak perempuan berponi juga sangat lucu ketika  dipadupadankan dengan berbagai style rambut yang lucu – lucu seperti kuncir dua, cepol balerina, dan kepang. Bunda juga bisa menambahkan berbagai aksesoris yang lucu-lucu seperti bando dan pita. Dan tentunya , jangan pernah lupa untuk mengajarkan si kecil untuk selalu merawat rambutnya ya bunda, terutama dengan produk yang tepat, agar rambut si kecil indah tertata dan bebas dari kusut.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

Related Artikels