Model Potongan Rambut Bayi Perempuan Yang Trending dan Cara Memotongnya

Bunda seringkali bingung mencari model potongan rambut bayi perempuan yang terbaik agar si kecil tetap bisa tampil cantik sepanjang waktu. Kali ini akan kami berikan rekomendasi model rambut yang cocok dan cara memotongnya.    

Rambut si kecil mulai tumbuh, poni menusuk-nusuk mata mengganggu penglihatan mereka, dan rambut panjangnya tergerai  berantakan sehingga mejadi kusut dan susah diatur. Bunda tentunya mulai resah, ingin membawa si kecil ke salon, tetapi masih enggan dan khawatir untuk mengajaknya keluar dari rumah.

Tiba saatnya, bunda harus menjadi penata rambut pribadi si kecil. Saatnya menggunting sendiri rambut si kecil di rumah.  Tak ada pengalaman yang lebih menyenangkan daripada menggunting rambut si kecil sendiri .  Sekilas terlihat mudah,  tapi kalau caranya salah menjadi masalah. Jangan khawatir! Bunda pasti bisa melakukannya.

Agar si kecil tetap cantik dan menggemaskan sepanjang waktu, yuk tengok inspirasi model potongan rambut bayi perempuan yang sedang trending beserta tips praktis agar bunda bisa menggunting sendiri rambut si kecil di rumah

Tentukan Dahulu Model Potongan Rambut Bayi Perempuan Sebelum Mulai Menggunting

Mendandani anak perempuan sangatlah asyik, bunda bisa bereksperimen dengan berbagai macam gaya agar si kecil tampil cantik dan menggemaskan. Sebelum mulai menggunting, pastikan bunda sudah tau style apa yang bunda mau buat dan berapa banyak rambut yang mau dipotong. Jangan lupa juga untuk mencocokan potongan rambut dengan jenis rambut, bentuk wajah, dan kepribadian si kecil ya.

Penampilan buah hati para selebriti dalam dan luar negri begitu menggemaskan dan mencuri perhatian. Berikut beberapa model potongan rambut anak perempuan yang kekinian, simpel dan anti ribet; yang bisa menjadi inspirasi para bunda untuk memotong sendiri rumah.

Gaya Rambut Pendek

  • Pixie Cut

rambut bayi perempuan
Model Rambut Bayi Pixie Cut: Cocok Untuk bayi berusia 1 tahun

Gaya rambut ini cocok untuk balita berusia 1 tahun dimana kondisi rambutnya masih halus dan belum tebal. Apabila putri bunda aktif bergerak, model guntingan ini menjadi pilhan yang tepat agar si kecil terlihat cantik dan fresh. Model rambut ini cocok untuk si kecil yang punya rambut lurus atau agak bergelombang yang jatuh. Dengan potongain ini, bunda tidak perlu lagi banyak menyisir dan terhindar dari kusut.

Tengok gaya rambut pixie dengan poni “choppy” acak yang menggemaskan ala putri selebriti, Natusha Olivia Alinskie. Jangan lupa untuk menambahkan aksesoris berupa bando atau pita agar si kecil terlihat semakin cantik dan menggemaskan.

  • French Bob Cut

Potongan lurus pendek, dengan sentuhan poni sealis. Gaya rambut yang sudah ada sejak tahun 50-an  ini membuat si kecil tampil imut dan tetap trendi. Cocok untuk si kecil yang rambutnya lurus dan tipis. Potongan ini simpel dan mudah untuk melakukannya sendiri di rumah.

model rambut bayi bob
French Bob Cut: Model rambut ini cocok untuk si kecil yang rambutnya lurus dan tipis

Putri Selebriti, Suri Cruise sangat mencuri perhatian dengan rambut bob yang membuatnya selalu tampil “stylish” dan tetap menggemaskan. Potongan ini menjadi favorit bagi anak-anak, karena selain terlihat gaya , potongan ini membuat aktivitas si kecil jadi lebih mudah.

  • Long Cut with Bangs

rambut bayi perempuan berponi
Gaya rambut bayi perempuan berponi, cocok untuk banyak style

Gaya rambut panjang rata ini paling mudah distyling dengan berbagai gaya. Model potongan rambut anak perempuan ini juga paling mudah dilakukan sendiri dan sangat “Low Maintenance.” Bunda hanya tinggal melakukan “trimming(yaitu hanya menggunting ujung-ujungnya) secara berkala tiap 2-3 bulan untuk mengatasi ujung rambut bercabang .

Yuk intip si cantik Gempita Nora Marten,  yang selalu menghibur dan sangat setia dengan gaya rambut lurus berponi tanggung. Bunda juga bisa bereksperimen dengan berbagai kepang, ponytail, dan cepol yang lucu.

Gaya Rambut Panjang

  • Medium Layer

rambut medium layer bayi perempuan
Model potongan rambut bayi perempuan: Medium Layer

Model potongan rambut anak perempuan ini cocok untuk rambut yang tebal agar tidak terlalu gerah. Sebagian anak perempuan  berambut panjang akan menolak bila langsung dipotong pendek. Sementara bunda sudah gerah melihat rambutnya terlalu panjang dan kusut. Agar si kecil tidak trauma, guntingan medium ini bisa menjadi pilihan. Dengan potongan ini rambut si kecil masih bisa terurai dan dikuncir sesekali.

Putri kerajaaan Inggris, Princess Charlotte yang selalu menjadi sorotan dan  tampil menawan di setiap kesempatan sangat menginspirasi.  Tambahkan  aksesoris jepit dan pita lucu agar si kecil semakin menggemaskan.  Model rambut ini akan membuat si kecil terlihat imut dan tetap rapih, layaknya seorang putri kerajaan.

  • Long Cut with Layer

rambut bayi panjang dan berlayer
Gaya rambut bayi perempuan: Long Cut with Layer

Jika anak bunda  memiliki rambut tebal yang indah, bunda pastinya ingin membiarkannya tumbuh panjang . Yuk tiru gaya rambut panjang berlayer ala si cantik Zoey Joanna Frizzi . Poni juga bisa dibiarkan panjang, yaitu dengan gaya poni “side swept” . Supaya tidak menutupi mata, bunda bisa mempercantiknya dengan jepit atau bando lucu. Gaya rambut ini cocok untuk rambut lurus dan ikal

Baca Juga: Model Rambut Bayi Laki – Laki Sesuai Jenis Rambut

Apa saja yang harus disiapkan?

Pastikan bunda menyiapkan alat yang lengkap dan tepat. Apabila ada yang lupa tentunya bisa menjadi kendala, karena si kecil pasti tidak akan sabar menunggu bunda mencari-cari alat. Yuk kita siapkan alat-alat berikut ini ya

  • Gunting khusus rambut
  • Sisir
  • Botol semprot air
  • Jepit rambut
  • Mainan, Buku, atau Video favorit si kecil
  • Cape / Kain, untuk melapisi tubuh si kecil
  • Kursi Tingi / High Chair, agar si kecil bisa duduk tegap
  • Koran, untuk melapisi lantai untuk mempermudah saat membersihkan

Kapan waktunya mengguntingnya?

Untuk menghindari si kecil rewel atau “cranky” saat dipotong, bunda bisa melakukkannya setelah si kecil tidur siang atau sesudah makan. Untuk bayi yang belum bisa duduk, bisa dilakukan saat bayi tertidur dalam posisi  digendong tegak menempel. Pastikan bunda memotong di waktu yang nyaman buat si kecil, apabila bunda merasakan si kecil lagi rewel, atau saat bunda sedang stress, sebaiknya potong rambut ditunda.

Berikan Aktivitas Menarik Agar Si Kecil Mau Duduk Diam

Tantangan terbesar ketika memotong rambut si kecil adalah menjaganya agar duduk diam. Pada umumnya, anak susah untuk duduk diam saat dipotong rambutnya. Si kecil akan mudah bergerak ketika merasa gatal,geli, dan basah. Bahkan banyak balita yang takut dan menangis ketika dipotong rambutnya. Karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan hiburan dan aktivitas untuk membuatnya duduk diam  sehingga  proses menggunting rambut lebih lancar. Bunda bisa menyiapkan mainan , pasang musik untuk menyanyi bersama, membaca buku, atau menonton  kartun favorit si kecil, sebagai pengalihan perhatian.

Bagaimana Cara mengguntingnya

Sebelum menggunting, pastikan bunda sudah melakukan hal-hal berikut ya

  • Usahakan posisi duduk si kecil tegap, bunda bisa menempatnya pada Kursi Anak / High Chair.
  • Basahkan rambut si kecil secara merata, dengan botol spray yang diisi air hangat.
  • Sisir rambut sesuai dengan jatuh arah pertumbuhannya. Apabila kusut bunda dapat menggunakan Hair Lotion agar rambut lebih mudah untuk disisir.

Cara Menggunting Model Potongan Rambut Bayi Perempuan Long Cut

Berikut Cara memotong model rata yang sangat mudah dapat bunda terapkan di rumah untuk merapikan / trimming rambut si kecil

  • Bagi rambut bagian atas dan bawah, tarik garis lurus dari belakang telinga kanan ke belakang telinga kiri. Pisahkan rambut yang diatasnya lalu Jepit atau ikat. Apabila rambut tebal bisa dibagi lagi menjadi 3 bagian (atas, tengah, dan bawah)
  • Mulailah menggunting dari bagian tengah belakang. Sisir rambut lalu jepit dengan jari telunjuk dan jari tengah arah mendatar/horizontal.  Lalu mulai gunting  rambut yang ada dibawah jari. Mulai dari tengah ke arah samping kanan dan kiri sampai batas telinga.
  • Setelah rapih, turunkan rambut bagian  atasnya, sisir rapih dan gunting kembali sesuai dengan patokan yang ada di bawahnya.
  • Setelah bagian belakang selesai baru mulai menggunting bagian samping di bawah telinga dengan menyambung kepanjangan rambut yang ada di belakang. Untuk bagian samping ini, bunda bisa membuat pola lurus atau oval memendek ke arah depan.

Untuk potongan ini, bunda bisa menentukan sendiri kepanjanganya sesuai dengan selera. Bisa panjang, medium, ataupun pendek.

Cara Menggunting Model Potongan Rambut Bayi Perempuan Pixie Cut

Selain potonggan rata, untuk bayi bunda yang masih belum banyak rambutnya, bunda bisa merapihkan potongan pendek Pixienya  dengan cara berikut:

  • Sisir rambut sesuai arah jatuhnya, lalu bagi rambut menjadi 3 bagian: Atas, Tengah Kanan dan Tengah kiri
  • Mulailah gunting dari bagian atas, sisir rambut ke atas , jepit dengan jari lalu gunting mendatar rapihkan ujung-ujung yang lancip. Lalukan hal sama pada bagian sebelahnya.
  • Setelah bagian atas selesai, mulai menggunting untuk bagian belakang, sisir rambut secara vertikal, lalu tahan dengan jari. Ambil patokan dari atas, gunting menyambung patokan yang di atas. Ulangi ke bagian sampingnya.
  • Untuk bagian samping telinga, sisir semua sekaligus agak diangkat, potong lurus ujung-ujugnya.lalu sisir rapih ke bawah, rapihkan dan bentuk ujung-ujungnya sesuai selera.

Do and Dont’s Yang harus diperhatikan Ketika Memotong Rambut Si Kecil

  • Gunakan gunting khusus untuk rambut, agar hasil guntingan lebih rapih. Jangan menggunakan Gunting yang tumpul atau gunting kertas ya bunda, karena akan membuat ujung-ujung rambut pecah dan berantakan.
  • Pastikan kondisi rambut si kecil basah merata, agar bisa lebih jelas melihat kepanjangan rambut, menggunting jadi lebih mudah, dan hasil potongan menjadi lebih rapih
  • Hati-hati apabila rambut si kecil keriting ya bunda, karena rambut keriting akan sangat berbeda ketika basah dan kering. Rambut keriting akan cenderung naik saat kering . Supaya tidak kaget, guntinglah rambutnya sedikit demi sedikit. Atau bunda bisa juga mengguntingnya saat setengah kering.
  • Jangan lupa menggunakan cape /kain untuk melapisi agar rambut tidak menusuk-nusuk ke dalam baju. Karena rasa gatal akan membuat si kecil bergerak-gerak.
  • Jangan terburu- buru . Penting untuk menggunting sedikit demi sedikit, sehingga menghindari kesalahan.
  • Sangat berhati-hatilah ketika memotong rambut di daerah kuping dan tengkuk, lindungilah kuping bayi dengan tangan sebaik mungkin. Terutama saat memotong bayi berusia dibawah 1 tahun, karena tulang tengkorak masih lunak
  • Selalu siaga untuk pergerakan tiba-tiba dari si kecil. Bunda bisa meminta bantuan orang di rumah untuk memegangi tubuh si kecil supaya tidak terlalu banyak bergerak.
  • Jangan berharap kesempurnaan , bunda memang bukan professional hairstylist, jadi tidak usah terbeban untuk hasil yang terlalu sempurnya. Sebaliknya lebih tekankan kepada Maintenance cut (Trimming) dan menggunting poni secara berkala.

Tak ada pengalaman yang lebih menyenangkan daripada menggunting rambut si kecil sendiriYang terpenting adalah faktor percaya diri. Jangan sampai kita memaksakan kehendak yang justru membuat si kecil trauma dan sedih. Carilah model potongan rambut bayi perempuan yang membuat si kecil nyaman dengan aktivitasnya dan manis sesuai dengan usianya.

Jangan lupa berikan pujian kepada si kecil, dan semangat positif untuk membiasakannya rutin merawat rambutnya sendiri sejak dini. Pililah produk perawatan rambut yang tepat sesuai dengan konsisi rambut si kecil, supaya rambutnya tumbuh lebat tanpa kusut. Rambut yang sehat terawat akan membuat bunda dan si kecil sangat senang setiap kali menyisir dan menatanya.

Jadi untuk para bunda, tidak usah terbeban untuk hasil yang terlalu sempurna. Bagaimanapun hasilnya,sebuah kebahagian untuk melihat bunda dan si kecil bersenang-senang bersama .  Karena itu,  jadikan aktivitas memotong serta merawat rambut ini sebagai momen spesial yang menyenangkan buat bunda dan si buah hati untuk menjalin ikatan dan mendekatkan diri sebelum dia tumbuh dewasa.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

Related Artikels