Banner-01

9 cara memandikan bayi yang perlu diperhatikan

Tips Cara Memandikan Bayi

Cara Memandikan Bayi sangatlah susah-susah-gampang. Memandikan si kecil bayi sangat menyenangkan, tetapi Bunda mungkin merasa sedikit gugup untuk melakukannya. Berikut adalah cara memandikan bayi agar menyenangkan – untuk Bunda dan juga si bayi.

Memandikan si bayi untuk pertama kali bisa menakutkan tetapi dengan persiapan yang matang, memandikan bayi bisa menjadi sangat mudah.

cara memandikan bayi

9 cara memandikan bayi bagi ibu pemula

Hal Pertama yang perlu diperhatikan tentang cara memandikan bayi, pilihlah waktu yang tepat memandikan bayi dimana tidak akan ada yang mengganggu Bunda. Hal ini sangat penting dan jangan meninggalkan bayi bahkan untuk beberapa detik sekalipun pada saat memandikan bayi, Jika ada hal yang mengganggu dan harus meninggalkan ruangan, bawalah si bayi bersama Bunda.

Cucilah tangan sebelum mulai memandikannya, kemudian ikuti langkah-langkah cara memandikan bayi berikut:

  1. Siapkan ruangan
    Harus yang hangat dan bersih, jika Bunda menggunakan bak, letakkan bak di permukaan yang rata dan stabil, seperti meja, dimana  Bunda bisa merasa nyaman memandikan si bayi.
  2. Siapkan semua peralatan mandi
    Siapkan handuk, waslap, sabun, krim bayi dan pakaian bersih, dan pastikan semua peralatan mandi mudah dijangkau saat memandikan si bayi.
  3. Tuangkan air di bak mandi bayi
    Air sebaiknya cukup sampai dan dapat menutupi bahu bayi saat dimandikan. Gunakan sabun khusus bayi yang lembut dengan pH seimbang, yang cocok untuk kulit bayi.
  4. Cek temperature air 
    Untuk keamanan, sangatlah penting agar Bunda mengecek suhu air sebelum memasukan si bayi ke dalam air. Air untuk mandi sebaiknya jangan terlalu hangat, dan juga jangan terlalu dingin, cara untuk mengujinya yaitu dengan lengan atau siku Bunda. Jangan menuangkan air lagi setelah bayi sudah berada didalam air.
  5. Lepaskan pakaian bayi dengan hati-hati dan tahan leher dan kepalanya dengan lembut, serta masukan bayi di bak dan air mandi yang sudah disiapkan.
  6. Mandikan bayi, basuh si bayi dengan air secara lembut dengan satu tangan dan perlahan mulai dari atas kepala, leher dan yang lainnya. Pastikan Bunda membasuh di semua lipatan, termaksud di bawah dagunya. Basuh bagian bawah bayi pada saat terakhir. Jangan memandikan si bayi lebih dari 5 menit
  7. Angkat si bayi dengan lebut dan hati-hati saat keluar dari bak mandi dan langsung selimuti bayi dengan menggunakan handuk lembut, kemudian keringkan tubuh bayi dengan perlahan dan lembut.
  8. Oleskan krim lotion yang berfungsi untuk melembabkan kulit bayi yang sangat kering seperti di area popok. Bunda bisa memilih krim yang khusus bayi, juga gunakan bedak untuk membantu menyerap keringat si bayi agar tidak terjadinya biang keringat. Setelah itu, gunakan minyak telon plus untuk menjaga bayi, agar tubuh bayi tetap hangat sekaligus melindungi bayi dari gigitan nyamuk yang menganggu.
  9. Setelah itu, pakailah pakaian yang sudah disiapkan. Selesai, bayi pun bersih, dan wangi.

melindungi kulit halus bayi sangatlah penting. Tonton video kami untuk perawatan kulit bayi.

Fakta dan Mitos Tentang Memandikan Bayi

Setiap orangtua, sangat berhati-hati merawat bayi. Perawatan bayi bermacam-macam, ada perawatan mulut, perawatan kulit, perawatan rambut, dan juga perawatan mandi. Banyak para orangtua yang tidak banyak tahu tentang beredarnya mitos dan fakta tentang memandikan bayi. Beberapa orangtua juga percaya akan cerita-cerita yang diwariskan generasi sebelumnya tentang merawat bayi. Nah, Bunda harus mencari tahu, dan mengetahui apakah fakta dan mitos tersebut benar adanya? Untuk melindungi si Kecil, inilah beberapa fakta dan mitos memandikan bayi :

  • Memandikan bayi dengan air dingin

Mitosnya : Kebiasaan memandikan bayi dengan air dingin karena menganggap cara ini bisa membuat bayi kuat, ini adalah mitos.

Faktanya : Bayi rentan terhadap suhu dingin. Air dingin dapat membuat pembakaran dan metabolisme tubuh bayi meningkat, sehingga makanan dalam tubuh bisa terkuras untuk mengatur suhu tubuh. Akhirnya bayi kehabisan tenaga dan mudah sakit. Sebaiknya mandikan bayi dengan air hangat, sekitar 37 derajat celcius. Durasi yang diperlukan untuk memandikan bayi sekitar 5-10 menit.

"Mandi dengan air dingin amannya untuk anak di atas satu tahun," jelas dr Attila Dewanti, SpA(K).

Baca Juga : Arti Tangisan Bayi

  • Sebelum usia bayi 40 hari dilarang memandikan pada sore hari

Mitosnya : Jangan memandikan bayi yang belum berusia 40 hari disaat sore hari.

Faktanya : Karena bayi butuh mandi dua kali sehari. Memandikan bayi sebelum 40 hari bukan masalah. Bayi yang lahir setelah 6 jam sudah boleh dimandikan. Pagi hari bayi yang baru lahir atau bulan-bulan pertama bisa dimandikan antara jam 07:00, 08:00 dan sampai jam 09:00 pagi, sedangkan pada sore hari pukul 14:00 dan . Sebaiknya bayi dimandikan dua kali dalam sehari.

  • Jangan mandi terlalu lama, ini akan menyebabkan kulit bayi kering

Mitosnya : Mandi terlalu lama, akan membuat kulitnya menjadi kering.

Faktanya : Mandi baik untuk kulit bayi karena bisa menghilangkan kotoran dari kulitnya. Tetapi jika terlalu sering dimandikan dan teralu lama, minyak alami yang terdapat kulit bayi juga akan berkurang, cukup 5-10 menit jangan terlalu lama saat dimandikan. Gunakan air yang hangat 37 derajat celcius ini juga membantu mengurangi kulit kering pada bayi.

  • Bercak putih pada bayi, apakah itu panu?

Mitosnya : Apakah bercak putih pada bayi itu adalah panu?

Faktanya : Tidak benar jika dikatakan itu panu. Jika panu, lebih sering pada area lembab atau tertutup pakaian. Bercak tersebut lebih karena alergi yang faktornya bawaan yang menurun, juga disebabkan oleh jamur, menurut dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre. Istilah untuk kondisi itu adalah pitiriasis alba (peradangan kulit yang disebabkan banyak faktor, bisa dalam diri atau luar tubuh).

Tahukah Bunda?

Untuk memandikan bayi dengan air dingin, bayi akan menjadi kuat. Faktanya, memandikan bayi dengan menggunakan air dingin sangatlah tidak dianjurkan untuk bayi, dengan alasan disaat bayi diberi air dingin tentu badannya akan menyesuaikan agar tetap hangat, dan terjadilah pembakaran metabolisme. Kurang seimbangnya suhu, dengan asupan kalori pada bayi bisa menyebabkan bayi sakit. Jadi, usahakan mandi dengan suhu yang nyaman buat bayi.

 

Apakah si bayi menikmati saat mandi? Taruh pendapat Bunda di kolom komentar

Related Products



Tags: , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 Comments

Trackback URL Comments RSS Feed

Sites That Link to this Post

  1. Cara Memandikan Bayi Disertai Video – Seputar Bayi Bunda | September 20, 2016
  1. novi says:

    Menikmati

  2. Ni'matul udhma says:

    Wah.. Ternyata mandiin bayi pakai air dingin kurang baik yaa.. Saya terkadang mandiin bayiku yg skrg umur 10bln dg air dingin.. Saya pikir lebih sehat, tp mlah sebaliknya yaa

  3. Melinda says:

    Ya bayi sangat lah menikmati disaat dimandikan,,karena merasa segar dan nyaman

  4. meyta says:

    bayi sangat nyaman ketika di mandikan bundanya dengan air hangat.dan ketika nemasuki usia 7 bln kita ajak main air.pasti bayi senang ketika di mandikan

  5. Ermawan says:

    Hallo saya bapak dari revasya. Anak saya sekarang 4bulan 29 hari sekarang dah sering tidur tengkurap dan mulai merangkak menggunakan perut dan mengangkat pantatnya

  6. Putri says:

    Bayi saya sangat senang ketika mandi bahkan kaki’y brenang .. Sampe repot kalo mandiin si kecil ..

Top