perkembangan bayi 8 bulan

Perkembangan Bayi 8 Bulan: Si Kecil Bisa Melakukan Ini, Lho!

Tak terasa Si Kecil kini sudah berusia 8 bulan, di usia ini, kemampuan bergerak bayi akan semakin baik. Di usia 8 bulan, bayi bisa bergerak dengan lebih bebas. Perkembangan bayi 8 bulan tak hanya terlihat dari kemampuannya yang mulai bisa belajar berdiri, tapi juga keinginannya untuk mengeksplorasi.

 

perkembangan bayi 8 bulan

Usia 8 Bulan adalah Masa - Masa Bayi Senang Bereksplorasi

Berbagai Kemampuan pada Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan

Tahukah bahwa setiap anak memiliki perkembangan gerak dan kemampuan berbicara yang berbeda-beda lho. Namun mereka semua memiliki keingintahuan akan dunia yang sama. Beberapa diantaranya, mereka akan merangkak, yang lain akan menyeret bagian perut dan kaki mereka. Selebihnya akan berguling ke tempat yang mereka inginkan. Si kecil kemungkinan akan mulai dapat berpindah posisi dari tiduran lalu duduk. Si kecil juga akan mulai mencoba untuk berdiri dengan memegang tubuh bundanya atau furnitur rumah.

 

Sekarang ia juga akan memiliki ketertarikan lain. Ia tidak lagi hanya menggenggam dan melemparkan benda atau mainannya, namun akan mulai melatih jari-jari dan jempolnya untuk menjepit benda-benda kecil. Ia juga akan lebih senang mengobrol walau hanya mengeluarkan suara dan bukan kata-kata—namun ada kemungkinan bunda akan mendengarnya mengatakan “mama” dan “papa”. Dikarenakan kemampuannya yang belum berkembang cukup baik, si kecil akan sedikit frustrasi setiap kali gagal melakukan apa yang ingin ia lakukan. Hal ini sangat wajar, Bunda, jadi tidak perlu panik ya.

 

Si kecil akan mencoba untuk menyuap makanannya sendiri, namun karena kemampuan motorik tangan dan penglihatannya yang belum begitu baik, ia akan kesulitan memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Ketika waktu makan si kecil tiba, Bunda juga perlu menyediakan makanan yang variatif ya. Coba potong buah atau sayur sedikit lebih besar agar si kecil dapat mengambilnya sendiri. Jangan pernah biarkan dia makan sendiri dulu ya, Bun! Hal ini bertujuan untuk menjaganya bila tiba-tiba tersedak.

 

Hal seperti ini melatih si kecil untuk mengembangkan dirinya lebih cepat. Bila si kecil tampak malu atau cemas ketika berada diantara orang-orang yang belum dikenalinya, tenangkan si kecil ya, Bun, karena setiap kali bunda meninggalkannya dan kembali untuk melihat kondisinya, Bunda membantu si kecil membangun rasa percaya dan kemampuan sosialisasinya bersama orang lain.

 

Bayi 8 Bulan Bisa Apa?

Wah, bayi kesayangan Bunda sudah semakin besar! Apa saja ya, kemampuan yang akan dimiliki oleh Si Kecil? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

  • Perkembangan Fisik

Memasuki usia ini, bayi tak hanya bisa merangkak namun juga mulai menunjukkan kemampuannya untuk bisa duduk sampai berdiri sendiri dengan bantuan benda-benda yang ada di sekitarnya. Ia mulai bisa menggapai kursi atau meja dan menggunakannya untuk membantu berdiri.

 

Perkembangan fisiknya yang cukup pesat juga ditandai dengan kemampuannya untuk memegang dan menggunakan tangannya yang semakin berkembang. Di usia ini bayi juga sudah mulai bisa memegang makanannya

 

Dengan semakin berkembang kemampuan fisik, rasa ingin tahun Si Kecil pun semakin tinggi. Ia kemudian ingin tahu tentang berbagai benda yang ia lihat di sekitarnya. Wajar jika kemudian bayi jadi senang mencoba mengambil dan melempar mainan yang dilihatnya.

 

  • Perkembangan Motorik

Semakin kuatnya otot kaki pada tahap perkembangan bayi 8 bulan, semakin banyak gerakan yang bisa ia lakukan. Selain bisa berdiri sendiri menggunakan bantuan benda di sekitarnya, bayi juga bisa belajar duduk sendiri dengan cara menekuk lututnya dari posisi berdiri.

 

Perkembangan motorik bayi 8 bulan juga terlihat dengan semakin aktifnya tangan Si Kecil menggerakkan benda yang ia pegang. Jadi jangan heran kalau Bunda melihat Si Kecil meremas, mengguncang-guncang atau bahkan membanting benda yang ia pegang. Si Kecil hanya penasaran  dengan benda yang ada di sekitarnya dan menggerakan benda yang ia pegang membuatnya senang.

 

  • Perkembangan Bahasa

Semakin bertambah umur, semakin bertambah juga kemampuan berbicara Si Kecil. Meski di umur 8 bulan kalimat yang diucapkannya belum jelas, namun ia senang mengeluarkan suara dan mulai bisa diajari nama-nama berbagai barang dengan cara mengulang-ulang nama barang sambil menunjuk atau memegang barang tersebut.

 

Dibandingkan bayi 7 bulan, bayi 8 bulan sudah bisa mengucapkan kata-kata sederhana untuk menunjuk sesuatu seperti “Pa” atau “Ma” dengan lebih jelas. Untuk semakin melatih kemampuannya berbicara dan mengenali benda atau pun orang di sekitarnya, ajaklah Si Kecil untuk terus mengucapkan nama benda atau pun orang di sekitarnya dengan cara mengulang-ulang sambil menunjuk benda atau orang tersebut.

 

  • Perkembangan Kemampuan Sosial

Pada usia ini, bayi akan mulai bisa meniru gerak-gerik orang tua lho, Bunda. Selain itu, karena kemampuannya mengenali sesuatu sudah semakin berkembang. Ia akan semakin senang meniru aktivitas yang dilakukan orang-orang dewasa di dekatnya. Bunda bisa memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan Si Kecil melakukan gerakan sederhana misalnya menyisir rambut.

 

Biasanya bayi 8 bulan akan merasa tidak nyaman jika berinteraksi hal-hal baru yang tidak dikenalinya. Misalnya saja mendengar suara orang yang baru pertama kali didengar atau bahkan melihat mainan baru. Bunda tak perlu khawatir, jelaskan saja pada Si Kecil bahwa hal baru yang dilihat dan didengarnya tidaklah berbahaya. Jika Si Kecil tak nyaman berinteraksi dengan orang baru yang tak dikenalnya, jangan memaksa Si Kecil ya, Bunda.

 

bayi usia 8 bulan

Bayi 8 Bulan Mulai Bisa Berdiri Sendiri Dengan Bantuan Kursi

Dukung Perkembangan Bayi 8 Bulan dengan Stimulasi Tepat

Bayi 8 bulan yang banyak bergerak dan rasa penasarannya tinggi ini sebaiknya didampingi dan diberikan stimulasi yang tepat agar perkembangannya semakin optimal. Beberapa stimulasi yang bisa Bunda berikan antara lain:

 

  • Buat Rumah Aman & Sehat

Karena bayi akan sering merangkak dan berdiri, maka wajar jika Si Kecil juga akan sering jatuh. Agar tetap nyaman untuk Si Kecil, pastikan rumah Bunda memang sudah diatur sedemikian rupa sehingga aman jika Si Kecil sedang belajar merangkak, berdiri dan berjalan. Jauhkan juga benda-benda dan barang-barang berbahaya dari jangkauan tangan Si Kecil. Tak ada salahnya juga memasang pagar atau pembatas untuk menutup akses Si Kecil ke area yang berbahaya untuknya seperti di dapur atau kamar mandi.

 

  • Sering-Sering Ajak Si Kecil Bergerak di Luar Rumah

Bawalah Si Kecil berjalan-jalan di luar rumah. Selain membantu kemampuan motoriknya, berbagai hal menarik yang ada di luar rumah juga dapat mendukung kemampuan kognitifnya. Tak hanya itu, udara luar rumah yang segar juga baik untuk Si Kecil, lho.

 

  • Berikan Mainan yang Memicu Rasa Ingin Tahunya

Rasa ingin tahu bayi 8 bulan sangat besar. Bunda bisa  memberikan ia mainan yang menyerupai bentuk asli dari sebuah benda, misalnya mainan buah-buahan, sayur-sayuran, binatang, dll. Pastikan mainan ini memang aman untuk digunakan oleh bayi 8 bulan ya, Bunda.

 

  • Lakukan Kegiatan Saat Bayi Mandi

Misalnya meletakkan mainan atau pun sekadar bermain iar. Hal ini bisa membantu melatih kemampuan motorik, mata, dan tangan bayi. Setelah bermain di air, jangan lupa berikan Si Kecil Cussons Newborn Lotion untuk melindungi kulit bayi agar tetap lembut dan tidak kering. Formula Cussons Newborn Lotion yang bebas pewarna dan alkohol, mengandung pH seimbang, minyak zaitun organik, minyak chamomile alami, dan air murni, telah teruji hypoallergenic untuk menjaga kelembapan kulit Si Kecil selama 24 jam.

 

  • Ajak Bayi Berkomunikasi

Bunda bisa mengajaknya ngobrol tentang berbagai hal. Selain membacakannya cerita, Bunda bahkan bisa ajak ia berkomunikasi dengan bercerita tentang kegiatan Bunda kepada Si Kecil. Hal ini akan membantu perkembangan bayi 8 bulan dalam hal bahasanya, lho. Bunda juga bisa mengajak Si Kecil menirukan nama sebuah barang untuk mengajari kemampuan berbicaranya.

 

  • Latih Bayi 8 Bulan Memegang Sendiri Makanannya

Bunda dapat memberikan makanan padat seperti buah atau sayur yang sudah direbus dengan potongan yang cukup besar untuk melatihnya memegang sendiri makanan.

 

Pilihlah buah yang memang bentuknya padat dan mudah dipegang seperti pisang untuk melatihnya memegang dan makan sendiri. Sebaiknya ukurannya jangan terlalu kecil agar bayi tidak tersedak saat memasukan makanan ke dalam mulut. Hindari juga makanan berbentuk kecil seperti kacang karena bisa membuat Si Kecil tersedak.

 

stimulasi tumbuh kembang bayi 8 bulan

Dukung Perkembangannya Dengan Stimulasi Cukup Agar Bayi 8 Bulan Tumbuh Optimal

Semakin hari Si Kecil kesayangan Bunda berkembang semakin pesat. Setelah ini di usia 9 bulan akan lebih banyak lagi perkembangan yang bisa Bunda temukan pada Si Kecil. Jadi jangan lupa, saat bayi sibuk mempelajari hal baru dan aktif bergerak menjelajahi dunia di sekitarnya, terus berikan stimulasi yang tepat agar perkembangannya makin optimal dan tumbuh kembang bayi berjalan dengan baik. Jika Bunda khawatir dengan perkembangan bayi 8 bulan, tak ada salahnya Bunda memeriksakan Si Kecil ke dokter.

 

Tips Bulan Ini

Karena si kecil begitu menyita waktu dan perhatian bunda, mungkin Bunda jadi sering mengabaikan keberadaan ayah. Yuk, luangkan waktu khusus untuk menikmati keberadaan pasangan di sisi Bunda. Salah satunya, Bunda bisa pergi untuk makan malam berdua dengan ayah ketika si kecil sudah tertidur pulas.

 

Fakta Seputar Si Kecil

Banyak ahli yang menyarankan untuk tidak memberikan si kecil madu hingga ia berusia 12 bulan. Mengapa? Terdapat kemungkinan si kecil akan mengalami botulisme, yaitu penyakit kekakuan otot akibat parasit, toksin atau spora bakteri yang terkandung di dalam madunya.

 

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Pada usianya yang ke-8 bulan, si kecil menjadi sangat tertarik mengamati gerak-gerik orang dibandingkan dengan benda-benda di sekelilingnya. Jadi, manfaatkan momen ini untuk banyak bermain, bercanda, mengobrol dan bercerita dengan si kecil untuk menjalin ikatan batin yang semakin kuat antara Ayah dan dia.

 

Yuk share pengalaman Bunda mengenai perkembangan si kecil diusianya yang ke 8 bulan!

 

 

Sebelumnya: Perkembangan Bayi 7 Bulan

 

 

 

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top