Mencegah kulit kering pada bayu

5 Tips Mencegah Kulit Bayi Kering

Posted in Bayi, Kulit Bayi

Tips Mencegah Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit bayi sangat sensitif terhadap apapun sehingga rentan kulit bayi kering dan kasar. Ketika bayi lahir, kulit sensitif bayi masih harus menyesuaikan diri dengan keadaan dunia luar. Itu sebabnya kulit bagian luar bayi akan mengelupas saat terkena udara yang kering. Biasanya, kulit kering bayi disebabkan oleh dermatitis, atau yang lebih dikenal dengan istilah eksim. Dermatitis bisa disebabkan oleh alergi atau akibat dari iritasi. Namun selain itu, ada beberapa penyebab lain yang membuat kulit bayi menjadi kering.

  • Udara luar. Udara yang terlalu dingin atau terlalu panas, akan membuat kulit bayi kering dan susah untuk beradaptasi.
  • Penggunaan sabun yang terlalu banyak, juga bisa membuat kulit bayi menjadi kering. Karena sifat sabun yang mengangkat minyak alami pada kulit bayi.
  • Kelenjar keringat pada bayi belum terbentuk dengan sempurna seperti kelenjar minyak orang dewasa. Belum bisa beradaptasi dengan udara panas, maupun dingin.

Mencegah kulit bayi kering

Mencegah kulit bayi kering

Bunda tentu tidak ingin kan si Kecil mempunyai kulit yang kering? Untuk mencegah kulit bayi kering, berikut tips untuk Bunda:

  1. Gunakan lotion khusus untuk bayi. Lotion biasanya cenderung lebih encer, sehingga dapat dengan cepat menyerap pada kulit bayi. Pilihlah lotion yang mengandung ekstrak Bluberry yang kaya akan vitamin A dan C untuk kesehatan kulit, serta Yoghurt dan Vitamin E, untuk membantu merawat kulit, menjadikan tetap sehat dan kenyal seperti fresh & nourish baby lotion.
  2. Ketika Bunda memandikan bayi, gunakanlah sabun secara tidak berlebihan. Sebaiknya, Bunda gunakan milk bath, untuk menjaga kelembutan kulit dan kelembabab pada kulit bayi.
  3. Jangan memandikan bayi terlalu lama, untuk mencegah terjadinya kulit kering. 10-15 menit adalah waktu yang ideal untuk memandikan bayi.
  4. Udara luar bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Lindungi tubuh bayi dengan pakaian yang hangat serta selimut bayi, bila sedang berada di luar rumah.
  5. Penuhi kebutuhan harian cairan bayi agar selalu seimbang.

Baca Juga : 9 Cara memandikan bayi yang perlu diperhatikan

Jika kulit bayi semakin kering dan terasa gatal, sebaiknya Bunda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kulit anak. Hindari pemakaian krim apapun, untuk melindungi kulit bayi. Dokter akan merekomendasikan cara mengatasi masalah kulit bayi dengan tepat.

426

Related Posts

Tags: , , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed
Top