Model Rambut Anak Perempuan Sebahu

Bunda sedang bingung memilih model rambut anak perempuan sebahu? Memiliki anak perempuan tentunya sangat menyenangkan. Bunda bisa mendadaninya apa saja seperti sebuah boneka lucu.

Sebagian besar anak perempuan sangat menyenangi rambutnya panjang karena akan membuatnya terlihat cantik seperti tokoh Princess kesukannya. Namun, hari semakin hari rambutnya semakin tumbuh panjang, apalagi apabila si kecil termasuk anak yang aktif dan suka bermain di luar, bunda tentunya mulai  tidak tahan melihatnya gerah, berantakan, dan rambutnya menutupi penglihatannya.

Kebanyakan dari mereka pasti akan menolak dan sedih apabila rambutnya langsung dipotong pendek. Inilah saatnya model rambut anak perempuan sebahu bisa menjadi pilihan yang tepat agar si kecil tidak kaget dan tetap dapat membiarkan rambutnya terurai cantik serta masih dapat dikuncir dan ditata dengan gaya yang lucu dan menggemaskan.

Baca Juga: Rekomendasi sampo anak dan Cara Memilihnya

Model Rambut Anak Perempuan Sebahu yang cantik dan menggemaskan

Potongan rambut sebahu akan terasa lebih ringkas karena si kecil belum bisa merawatnya dengan telaten. Dengan model rambut anak perempuan sebahu si kecil akan  menjadi lebih fresh dan cute, terhindar dari rasa gerah, kusut dan rontok yang berlebihan.

Berikut beberapa pilihan gaya rambut anak perempuan sebahu yang bisa menjadi inspirasi buat para bunda saat memotong rambut si kecil atau saat membawanya ke salon anak.

  • Long Bob
    Potongan rambut long bob ini bukan hanya terlihat Stylish bagi perempuan dewasa, akan tetapi juga sangat cantik dan trendy untuk penampilan si kecil.Model rambut ini cocok untuk rambut lurus dan ikal dan juga cocok untuk segala jenis bentuk wajah. Potongan rata sebahu tanpa trap ini juga termasuk low-maintenance karena rambut si kecil akan tetap terlihat rapih dan tertata walau sambil beraktivitas. Potongan rambut ini juga akan tetap rapih ketika rambutnya mulai tumbuh panjang.

    long bob

    Style Gaya Rambut Long Bob Sangat Cocok Untuk Membuat si Kecil Lebih menggemaskan

    Potongan rambut ini juga akan memberikan volume pada rambut yang tipis. Bunda juga bisa membeikan variasi A-Line dimana bagian depannya dibuat agak lebih panjang agar tampilannya semakin Dengan model rambut ini si kecil akan selalu terlihat rapih dan cantik sehingga bunda tidak perlu ribet-ribet menguncirnya.

    Untuk menjaga bentuknya, bunda dapat dengan mudah melakukan trimming (menggunting ujung-ujungnya)  setiap 2 bulan sekali , agar menjaga bentuknya tetap rapih dan terhindar dari  kering dan kusam pada bagian ujung rambut.

  • Medium oval layer
    Gaya rambut anak perempuan sebahu ini cocok untuk si kecil yang rambutnya tidak terlalu tebal. Dengan potongan layer ini, rambut si kecil akan terlihat berlapis dan lebih banyak. Selain itu potongan ini juga tidak repot merawatnya dan membuat si kecil terhindar dari kusut dan rontok.

    medium oval layer

    Model Rambut Medium Oval Layer Untuk si Kecil terlihat lebih feminin dan kalem

    Potongan ini membuat si kecil terlihat lebih feminin dan kalem. Penataan model rambut ini juga mudah, apabila saat bunda ingin membawa ke acara spesial, bunda hanya tinggal menambahkan aksesoris yang lucu-lucu. Untuk Sehari-hari bunda juga dapatt membiarkannya terurai cantik.  Untuk memotong layer, bunda sebaiknya memabawanya ke salon khusus anak ya, karena potongan layer memerlukan teknik khusus agar guntingannya jatuh rapih dan seimbang.

  • Shaggy
    Model rambut anak perempuan sebahu ini ini sangat cocok untuk si kecil yang rambutnya tebal dan lurus. Potongan dengan banyak layer dan tekstur diujungnya akan membuat si kecil tampil lucu dan cantik tanpa terlalu susah menatanya setiap hari.

    rambut shaggy

    Model Rambut Anak Perempuan Sebahu: Shaggy

    Potongan ini akan membuat si kecil terlihat trendy sepanjang hari. Namun jangan membuatnya terlalu tipis ya bunda,  karena akan membuat rambut si kecil tampak kurang sehat.Tambahkan poni di atas alis agar tampilannya semakin lucu. Untuk menjaga bentuknya agar tetap indah, untuk potongan ini bunda perlu merapihkan setiap 2-3 bulan terutama pada  bagian ujung-ujungnya agar tidak semakin menipis dan bentuknya tetap cantik.

  • Gaya Rambut Keriting Sebahu (Curly)
    Beruntunglah apabila anak bunda berambut keriting, karena akan tampak sangat lucu ketika dibiarkan panjang sebahu. Apabila rambutnya tipis, bunda bisa memotongnya rata sebahu.

    gaya rambut curly

    Gaya Rambut Sebahu: Curly

    Jika rambutnya tebal, bunda bisa memberikan sedikit layer, agar menjaga volume rambutnya tetap cantik. Namun jangan lupa rambut keriting memembutuhkan perawatan extra ya bunda, diantaranya jangan terlalu sering mengkeramasinya, menyisirnya dengan sisir bergigi renggang dan rajin menjaga kelembapan alaminya dengan memberikan hair lotion. Dengan begitu rambut keritingnya akan terurai cantik, sehat, dan berkilau.

 

Bagaimana Cara memilih potongan yang sesuai

Sebelum memilih model rambut anak perempuan sebahu mana yang bunda inginkan, agar potongan rambut terlihat pantas dan si kecil juga senang, ada beberapa faktor yang bunda harus terlebih dahulu perhatikan ya, yaitu:

  1. Kenali tipe / tekstur rambut si kecil.
    Rambut lurus, ikal, keriting akan memiliki gayanya masing-masing. Seuaikan jenis potongan dengan tekstur rambut si kecil, agar potongan rambut terlihat cantik dan pas dengan si kecil. Apabila rambut si kecil lurus, bunda bisa lebih banyak bereksperimen dengan berbagai model guntingan. Apabila rambut si kecil keriting, jangan memotongnya terlalu pendek ya bunda karena akan membuat jatuh rambutnya sulit untuk ditata.
  2. Sesuaikan dengan bentuk wajah
    Apabila si kecil punya pipi yang bulat dan menggemaskan, si kecil akan semakin lucu dengan tampilan layer dan berponi agar semakin membingkai wajah imutnya. Apabila wajahnya lonjong, bunda bisa memberikan potongan rambut long bob yang akan membuanya lebih berisi. Apabila wajahnya agak kotak, potongan layer yang soft pada bagian sampingnya menjadi pilihan yang tepat.
  3. Sesuaikan dengan kepribadian
    Jangan lupa untuk mengajak ngoborol si kecil untuk tahu kepribadian dan gaya apa yang ia gemari. Apabila si kecil menyenangi tokoh-tokoh princess yang cantik, jangan memotong terlalu pendek rambutnya ya bunda. Karena akan membuatnya sedih kehilangan rambut indah terurainya.
  4. Sesuaikan dengan aktivitasnya
    Apabila si kecil adalah anak yang aktif bergerak dan senang beraktivitas di luar ruangan, bunda bisa menguncir atau mengepangnya agar rambutnya tidak mudah kotor dan kusut, dan tidak mengganggu penglihatannya. Bunda juga bisa memberinya poni di atas alis agar tidak mengganggu penglihatannya saat beraktivitas.

 

Baca Juga: Model Rambut Bayi Perempuan Yang Menggemaskan dan Mudah Dibuatnya

 

Berbagai Styling Model Rambut Anak Perempuan Sebahu

Memiliki rambut sebahu bukan berarti bunda tidak bisa bermain dan menatanya dengan berbagai gaya yang menggemaskan. Bunda tetap bisa bereksperimen dengan berbagai aksesoris lucu untuk melengkapi penampilan si kecil. Melakukan styling rambut pada puteri kecil bunda akan jadi momen yang  pas untuk menghabiskan waktu dan mengobrol dari hati ke hati, mendekatkan diri sebelum ia tumbuh dewasa. Berikut beberapa gaya styling yang bisa menjadi inspirasi model rambut anak perempuan sebahu

  1. Kuncir dua
    Gaya rambut ini selalu menjadi favorit para bunda karena selain mudah membuatnya, akan membuat si kecil sangat imut dan menggemaskan. Tak perlu rambut yang terlalu panjang untuk membuatnya, rambut sebahu juga sangat mudah untuk dibuat gaya kuncir kuda ini.

    model rambut kuncir dua

    Styling Rambut Anak Kuncir Dua Membuat si Kecil Lebih Menggemaskan

    Kendala yang mungkin terjadi adalah bagian rambut bawahnya yang seingkali terjatuh karena tidak terlalu panjang dan sulit terikat. Jangan khawatir bunda, biarkan saja bagian yang terjatuh karena akan terlihat natural dan menggemaskan. Atau bunda bisa menggunakan jepit bobby pin untuk membantu bagian bawahnya agar lebih. Jangan lupa untuk menggunakan jepit bobby pin yang ujungnya ada bulatan pentulnya ya bunda agar tindak menyakiti kulit kepala si kecil.

  2. Half and Double Buns
    Rambut Sebahu juga bisa dibuat cepol lho bunda. Bunda hanya tinggal menyisir keatas setengah rambut bagian atas si kecil, lalu menyimpulnya agar menjadi bola kecil.

    model rambut anak half double buns

    Styling Rambut Anak Perempuan Sebahu: Half and Double Buns

    Bunda juga bisa memberikan variasi double buns dengan cara membagi dua bagian atas rambut si kecil kanan dan kiri, lalu membuat dua buah simpul. Biarkan bagian pendek yang terjatuh karena akan membuat gaya bunsnya lebih natural dan lucu. Untuk mempermudah saat menatanya bunda bisa menggunakan Hair Lotion agar lebih mudah untuk menyisir dan mengikatnya.

  3. Side Ponytail
    Bunda bisa memberikan variasi ponytail si kecil pada bagian samping. Tampilannya akan semakin cantik saat rambut berkibas di sisi bahu. Jangan lupa untuk berikan aksesoris pita agar tampilannya semakin cantik.

    rambut anak perempuan side ponytail

    Model Rambut Anak Perempuan: Side Ponytail

    Bagi bunda yang menggemari drama korea, buat si kecil tampil ala artis Korea yang cantik dengan membuat ponytail , lalu keluarkan sebagian rambut bagian samping kanan dan kirinya agar jatuh menjuntai membingkai wajahnya. Untuk mendapatkan gaya ini jangan lupa memotong poni dan layer pada bagian samping si kecil, supaya menatanya lebih mudah dan maksimal.

  4. Kepang
    Tidak perlu rambut yang terlalu panjang untuk bisa mengepangnya. Bentuk kepang bisa disesuaikan degan kepanjagan rambut si kecil. Untuk rambut sebahu , bunda bisa menatanya dengan kepang mohawk atau kepang dua.Bunda juga bisa mengepang bagian poninya agar menyerupai jalinan bando. Apabila bunda senang mengepang rambut si kecil, pilihlah potongan rambut sebahu yang tidak terlalu banyak layernya dan poni yang tidak terlalu pendek agar mempermudah membuat kepang yang lebih rapih.

 

 

Bagaimana Cara Merawat rambut anak agar tetap sehat dan indah

Selain senang melihat si kecil tampil fresh dan trendy dengan potongan rambut yang cocok, bunda juga perlu merawat rambut si kecil agar tetap sehat dan indah.  Berikut yang perlu dilakukan ya bunda:

  • Merawat dengan shampo, hair oil, hair lotion yang formulalnya aman dan khusus untuk rambut anak-anak
  • Rajin melakukan trimming (memotong ujung-ujungnya) setiap 2-3 bulan sekali untuk membuang ujung-ujung yang kering dan mempertahankan bentuk guntingannya agar tetap rapih dan cantik
  • Menjaga asupan nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhannnya. Banyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, telur, buah-buahan dan sayur akan membantu pertumbuhan rambut anak lebih lebat dan sehat.
  • Jangan terlalu sering mengikat atau mengepangnya terlalu kencang karena dapat menyakiti dan merusak rambut si kecil yang masih lembut dan rentan.
  • Jangan terlalu sering mengikatnya, melainkan biarkan rambut bebas terurai dan bernafas.
  • Ajarkan si kecil untuk merawat rambutnya sejak dini, dengan memberikan contoh kepada si kecil atau bisa juga dengan mengajaknya bermain salon bersama sambil merawat rambutnya.

 

Bunda kini sudah mengenal berbagai jenis model rambut anak perempuan sebahu yang cantik dan menggemaskan. Model rambut ini sangat praktis dan tidak susah untuk merawatnya. Yang terpenting, puteri kecil bunda masih bisa tampil girly dan tetap leluasa dalam beraktivitas tanpa khawatir rambutnya kusut dan berantakan. Dengan rambut yang terawat dan tumbuh indah, si kecil akan tetap segar dan cantik meski bebas bermain sepanjang hari. Sudahkah memilih model rambut yang bunda suka untuk si kecil?

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

 

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!