Rekomendasi Model Rambut Anak Laki-Laki Umur 1 Tahun dan Langkah Sukses Memotongnya

Mencari model rambut untuk anak laki-laki umur 1 tahun seringkali menjadi tantangan. Selain jumlah rambut yang masih belum banyak, teksturnya juga yang masih halus dan rentan. Terlebih lagi apabila pertumbuhan rambut si kecil kurang merata.

Bunda seringkali bingung mencari model rambuat yang terbaik agar penampilan si kecil semakin lucu dan menggemaskan. Jangan khawatir bunda, walau pertumbuhan rambut belum sempurna, si kecil tetap bisa berpenampilan keren dan menggemaskan lho! Yuk simak ulasan berikut.

 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Memotong Rambut Pertama Bayi?

Perlu diketahui, beberapa bayi lahir dengan rambut tipis tapi ada pula sebaliknya. Tidak ada patokan waktu yang tepat untuk memotong rambut bayi baru lahir. Namun disarankan menunggu 1 hingga 2 bulan untuk mulai memotongnya, disaat bayi sudah mulai berusaha menangkap kepalanya ketika menginjak usia 3 bulan. Bunda juga bisa memotong rambutnya ketika berusia 5 hingga 6 bulan, yaitu saat si kecil sudah bisa berusaha duduk sendiri.

Dianjurkan untuk melakukannya saat si kecil sudah kenyang atau sedang tertidur lelap, sehingga ia tidak mudah rewel dan menangis. Jadi bunda harus mengetahui kapan jadwal bayi tertidur , agar si kecil tidak rewel saat dicukur.  Bunda juga dapat melakukannya saat ia bermain, dengan mengalihkan perhatian si kecill dengan menyalakan video atau bermain dengan mainan favoritnya. Apabila si kecil menangis dan gelisah jangan paksakan untuk tetap memotongnya ya bunda. Lebih baik bunda mencari waktu lain atau lakukan  saat ia tertidur.

 

Bagaimana Cara Memotongnya?

Untuk bayi dibawah 3 bulan bisa dipotong dalam kondisi sedang tidur lelap, supaya tidak banyak pergerakan. Bunda bisa memotongnya dalam kondisi digendong dengan posisi berdiri dengan kepala menempel pada bahu yang menggendong.

Untuk bayi diatas 6 bulan yang sudah bisa duduk, bunda dapat menempatkannya pada kursi khusus (High Chair) agar si Kecil tak banyak bergerak saat memotongnya.  Bunda bisa minta bantuan orang di rumah untuk memangku, memeluk atau mengalihkan perhatian si kecil

 

Langkah-Langkah Memotong/Mencukur Rambut Bayi

  • Persiapkan peralatan yang diperlukan
    Sebelum melakukan pemotongan, siapkan alat berikut: sisir, gunting rambut, clipper khusus bayi, air hangat hangat, handuk kecil. Pastikan  peralatan dalam kondisi bersih dan higienis ya bunda. Jangan gunakan gunting kertas ya bunda, namun gunakan gunting rambut khusus rambut bayi yang biasanya ujungnya tumpul, agar hasil guntingan rapih dan tidak merusak ujung rambut si kecil. Apabila bunda ingin mencukurnya, gunakan clipper khusus bayi dimana getarannnya tidak terlalu kencang sehingga tidak menagetkan si kecil.
  •  

  • Posisikan bayi dalam kondisi nyaman agar merasa tenang
    Letakan bayi dengan nyaman dengan kepala diletakan pada siku . Jika leher bayi sudah bisa tegak, peluk dan gendong dalam posisi tegap. Bunda bisa meminta bantuan orang di rumah  untuk menggendongnya. Pastikan suasana sekitarnya dalam kondisi tenang, tidak terlalu panas agar bayi tidak kegerahan.
  •  

  • Gunting dalam kondisi agak basah
    Basahi rambut bayi dengan menggunakan tangan atau dengan water spray. Kondisi agak basah akan mempermudah saat menyisir dan memootong. Bunda bisa menggunakan air hangat agar lebih nyaman untuk si kecil. Terkecuali apabila rambut si kecil masih sangat sedikit, bunda tidak perlu membasahi rambutnya sebelum memotong karena rambut bayi baru lahir masih sangat tipis dan halus
  •  

  • Mulai memotong.
    Sebelum dipotong, rambut  disisir dahulu kemudian jepit menggunakan jari telunjuk dan jari tengah , lalu mulai memotong dengan pola lurus. Bunda Bisa memulai dari bagian puncak kepala lalu ke arah samping dan bawah.

    memcukur rambut bayi
    Ketika mulai memotong rambut bayi, gunakan clipper yang aman dan kondisi rambut si Kecil dalam keadaan kering

    Apabila ingin mencukurnya bunda bisa mulai menggunakan clipper khusus baby. Gerakan clipper secara merata pada seluruh permukaan kepala baby. Apabila ingin mencukur menggunakna clipper, biarkan rambut dalam konsisi kering, karena apabila basah, rambut bayi yang masih sangat halus akan menempel dan lengket di kulit kepala sehingga dapat mempersulit bunda mencukurnya. Perhatikan kemiringan arah clipper dan jangan terlalu menekan ya bunda, karena kondisi tengkorak bayi yang masih agak lunak dan sensitif.

  •  

  • Lakukanlah dengan perlahan dan selalu siaga terhadap pergerakan tiba-tiba
    Bunda harus ekstra  hati-hati ya. Lakukan dengan perlahan jangan sampai bayi terkejut. Bunda harus siaga untuk pergerakan tiba-tiba si kecil ya. Ketika si kecil bergerak tiba-tiba segara tarik gunting dan sisir bunda menjauh dari kepala si kecil
  •  

  • Membersihkan sisa-sisa potongan/cukuran rambut
    Setelah selesai menggunting atau mencukur, bersihkan kepala si kecil dari sisa rambut dengan menggunakan air hangat lalu usapkan pada kepala bayi. Hal ini juga akan membuat bayi lebih rileks, sekaligus melancarkan aliran darah untuk memicu pertumbuhan rambut lebih sehat .
  •  

  • Mengeringkan Kepala Bayi dengan handuk
    Langkah terakhir adalah mengeringkan kepala si kecil sehabis dipotong/dicukur menggunakan handuk yang lembut dan kering. Apabila masih ada sisa rambut kecil-kecil,taburi kepala si kecil dengan sedikit bedak untuk mendinginkan dan meredam iritasi.
  •  

  • Jangan panik apabila ada goresan atau luka,
    Segera obati dengan antiseptik menggunakan cotton buds. Lakukanlah dengan tenang dan ekstra hati-hati.

 

Baca Juga: Tips Cukur Rambut Bayi

 

Rekomendasi Model Rambut Anak Laki-Laki Umur 1 tahun

  1. Side part

Untuk model rambut anak laki-laki bunda hanya perlu melakukan trim secara teratur pada ujung-ujungnya agar bentuknya tetap terjaga. Cocok untuk bunda yang tidak ingin rambut bayi terlalu pendek.

model rambut anak laki laki side part
Model rambut anak laki-laki umur 1 tahun: side part

Model rambut ini sangat mudah untuk bunda buat dan si kecil akan tampil rapih dan menggemaskan. Jangan lupa gunakan hair lotion untuk mempermudah saat menyisir dan membuat belahan yang rapih serta menjadikan rambutnya berkilau.

  1. Natural
model rambut natural
Model rambut anak laki-laki umur 1 tahun: Natural

Rambut anak laki-laki ini sangat sederhana dan mudah ditata. Rambut si kecil dibiarkan jatuh alami tanpa harus sering nyisirnya. Cocok untuk si kecil yang rambutnya lurus maupun ikal. Bunda hanya tinggal membiarkan rambutnya bertumbuh panjang dan menggunting  ujung-ujungnya secara berkala untuk mempertahankan bentuknya.

  1. Spike
rambut spike anak laki 1 tahun
Model rambut anak laki-laki umur 1 tahun: spike

Gaya jigrak – jigrak yang sangat lucu dan menggemaskan. Model rambut ini sangat cocok untuk si kecil yang rambutnya lurus dan kaku. Bunda bisa mengguankan hair lotion untuk menegaskan tekstur dan mempertahankan bentuk penataanya.

  1. Cute Curly

Mencari model rambut untuk si kecil yang berambut keriting seringkali menjadi tantangan buat para bunda. Rambut keriting akan terlihat indah ketika dibiarkan jatuh alami.

anak laki laki keriting
Gaya Rambut Anak Laki – Laki Keriting atau Curly

Agar telihat indah rambut keriting perlu ditrim  teratur pada ujung-ujungynya agar tidak mudah kering dan kusut. Texture keriting cenderung mudah kering, bunda sebaiknya rajin  menggunaakan hair lotion yang  mengandung minyak alami speerti almond oil agar dapat mempertahankan kelembapan rambut sehingga rambut keriting si kecil akan selalu terlihat indah.

  1. Cepak / Barber Style

Gaya rambut anak laki-laki umur 1 tahun ini hanya dengan mencukur pendek rambutnya. Mencukur juga sekaligus membersihkan kotoran-kotoran rambut yang menempel berasal dari lemak dan kotoran dari  rahim ibu, agar kulit kepalanya menjadi bersih. Cuaca yang panas juga  dapat membuat si kecil banyak berkeringat. Jika dibiarkan bisa timbul biang keringat atau merah-merah di kepala si kecil.

rambut cepak
Style Rambut Cepak atau Ala Barber Style Untuk Anak 1 Tahun

Dengan mencukur rambutnya, si kecil akan merasa adem dan lebih nyaman, karena hembusan angin akan langsung mengenai kepalanya dan terhindar dari rasa gerah. Yang bunda perlu ketahu, bayi mengatur suhu tubuhnya melalui kepala. Oleh karennya, bunda perlu berhati2 supaya tidak memotongnya sampai terlalu pelontos ya. Bunda harus melindungi kepalanya agar tidak terkena dingin setelah dipotong, karena akan mempengaruhi suhu tubuhnya

 

Bagaimana Cara Merawat Rambut Bayi Usia 1 Tahun

      • Memberikan asupan nutrisi yang baik kepada si kecil. Banyak mengkonsumsi kandungan protein, kacang-kacangan, sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin B, C, dan E agar rambut si kecil tumbuh sehat. Tak lupa Zat Besi yang dapat menjaga rambut dari kerontokan.
      • Selalu gunakan produk perawatan rambut si Kecil yang diformulasikan lembut dan mengandung bahan-bahan alami. Agara rambut tumbuh lebat dan lembut , bunda bisa menggunakan shampo dan rangkaian perawatan yang mengandung minyak kelapa, lidah buaya, minyak almond, dan madu.
      • Gunakan sisir khusus yang menyerupai sikat lembut agar ketika menyisir tidak melukai kulit kepala bayi yang masih lunak dan rentan.
      • Ketika rambut sudah mulai tumbuh, bunda bisa merawatnya menggunakan Hair Lotion untuk menutrisi, menjaga rambut agar tetap lembut dan halus. Jangan lupa untuk sambil memijat ringan untuk melancarkan perederan darah dan merangsang pertumbuhan.
      • Bunda sebaiknya rajin membersihkan kulit kepala menggunakan Hair Oil sambil memijat ringan. Kulit kepala yang bersih menunjang peresapan nutrisi yang baik pada akar dan batang rambut, sehingga rambut si kecil akan tumbuh subur dan indah berkilau.

 

Sekarang bunda bunda tak perlu bingung lagi mencari inspirasi model rambut anak laki-laki umur 1 tahun untuk si kecil. Memotong rambut bayi harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhatian, karena rambut masih sangat halus dan kulit kepala masih tergolong agak tipis sehingga agak lunak sensitif.

Memotong rambut bayi harus rileks dan tak perlu terburu-buru ya bunda Apabila hasilnya sesuai harapan, pangeran kecil bunda akan terlihat  tampan dan menggemaskan. Namun jangan lupa untuk rajin merawatnya ya bunda, agar rambut si kecil tumbuh lembat dan indah.

Selamat mencoba memotong rambut si kecil di rumah!

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

 

Related Artikels