Cek 3 Manfaat Bawang Merah untuk Bayi Pilek dan Cara Menggunakannya di Sini! - Cussons Baby Indonesia

Cek 3 Manfaat Bawang Merah untuk Bayi Pilek dan Cara Menggunakannya di Sini!

Pilek merupakan salah satu gangguan kesehatan umum yang sering dialami oleh bayi. Bawang merah dapat menjadi solusi alami dalam meredakan gejala pilek pada bayi, seperti hidung tersumbat dan batuk.

 

Kandungan Bawang Merah

Bawang merah merupakan bahan alami yang telah lama digunakan dalam berbagai obat rumahan karena kandungan yang dimilikinya. Dilansir dari Halodoc, bawang merah kaya akan senyawa alami seperti quercetin, minyak atsiri, dan senyawa belerang yang memiliki khasiat antimikroba dan antibakteri.

Quercetin sendiri dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan. Aroma kuat dari minyak atsiri juga dapat membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat, sehingga bayi lebih mudah bernapas.

 

Baca juga: Cara Atasi Hidung Bayi Tersumbat Karena Pilek

 

3 Manfaat Bawang Merah untuk Bayi Pilek

Bunda, tahukah Anda bahwa bawang merah memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengatasi pilek pada bayi? Berikut ini beberapa manfaat bawang merah untuk bayi pilek:

1. Meredakan Hidung Tersumbat

Bawang merah mengandung senyawa alami yang dapat membantu meredakan hidung tersumbat pada bayi. Aroma kuat dari bawang merah membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat, sehingga bayi lebih mudah bernapas.

2. Meredakan Batuk

Selain itu, bawang merah juga efektif dalam meredakan batuk pada bayi. Kandungan senyawa antimikroba dalam bawang merah dapat membantu mengurangi peradangan dan infeksi pada tenggorokan, sehingga meredakan batuk.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang merah kaya akan antioksidan, yang sangat diperlukan tubuh bayi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, bayi akan lebih mudah melawan infeksi dan penyakit.

 

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Bayi

 

5 Tips Menggunakan Bawang Merah untuk Bayi Pilek

Untuk mendapatkan manfaat bawang merah dalam mengatasi pilek pada bayi, berikut ini beberapa tips yang dapat Bunda coba seperti yang dilansir dari WebMD:

1. Bawang Merah di Ruangan

Meletakkan beberapa irisan bawang merah di ruangan di mana bayi berada dipercaya dapat membantu melegakan saluran pernapasan. Menurut dr. Lauren Feder, penulis “Natural Baby and Childcare”, senyawa belerang yang terkandung dalam bawang merah dapat mengencerkan lendir dan cairan yang menumpuk dalam tubuh. Namun, baik dr. Lauren Feder maupun National Onion Association juga mencatat bahwa belum ada bukti ilmiah yang menguatkan klaim bahwa potongan bawang merah dapat menghilangkan bakteri dan virus yang beredar di udara.

2. Bawang Merah Hangat

Potong bawang merah menjadi beberapa bagian, lalu panaskan sebentar di atas api. Setelah itu, letakkan bawang merah hangat di sekitar tempat tidur bayi. Aroma kuat bawang merah akan membantu meredakan hidung tersumbat dan batuk.

3. Bawang Merah dalam Bantal

Bunda juga bisa meletakkan irisan bawang merah dalam sarung bantal bayi. Aroma bawang merah akan membantu membuka saluran pernapasan bayi, sehingga bayi bisa tidur nyenyak tanpa terganggu pilek.

4. Bawang Merah di Telapak Kaki Bayi

Tips ini salah satu metode pengobatan tradisional refleksi kaki yang berasal dari Tiongkok. Dengan menempelkan potongan bawang merah ke telapak kaki bayi, diyakini bahwa dapat membantu membunuh bakteri dan virus. Namun, perlu dicatat bahwa belum ada penelitian yang dilakukan secara khusus untuk membuktikan manfaat bawang yang ditempelkan di telapak kaki untuk mengatasi gejala flu.

5. Bawang Merah dalam Toples

Bunda bisa menaruh bawang merah yang sudah dipotong-potong dalam toples. Tutup rapat dan letakkan di sekitar tempat tidur bayi. Aroma bawang merah akan membantu mengurangi gejala pilek pada bayi.

 

Rekomendasi Minyak Telon untuk Bayi

Selain menggunakan bawang merah, Bunda juga bisa memanfaatkan Cussons Baby Minyak Telon Plus untuk membantu meredakan gejala pilek pada bayi. Produk ini memiliki keunggulan seperti formulanya yang lembut dan teksturnya yang cocok untuk pijat tanpa menyisakan rasa lengket pada kulit bayi. Minyak telon ini memberikan sensasi hangat yang pas untuk membantu meredakan batuk pilek pada bayi.

Aroma khas telon pada Cussons Baby Minyak Telon Plus juga memberikan kenyamanan dan keharuman khas bayi. Lebih dari itu, minyak ini juga dapat melindungi bayi dari gigitan nyamuk selama 8 jam, sehingga bayi bisa merasa nyaman dan tidak rewel.

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: