Fakta dan Mitos Perawatan Rambut Bayi

Di masyarakat banyak beredar berbagai mitos mengenai perawatan rambut bayi. Namun apakah semua mitos tersebut terbukti? Manakah yang boleh diikuti dan memberikan manfaat bagi pertumbuhan rambut bayi bunda?

Mari Kita Bahas Satu Persatu Mitos yang Beredar:

  1. Rambut bayi akan tumbuh lebih lebat apabila dicukur. Mitos ini paling banyak dijumpai di masyarakat dan dipercaya terbukti berhasil. Sehingga banyak orang tua memutuskan untuk mencukur rambut bayinya dengan harapan akan tumbuh lebih lebat. Namun apakah benar demikian? Jawabannya: tidak benar.
     
    Baca Juga: Tips dan Cara Mencukur Rambut Bayi
     
    Mencukur rambut tidak mempunyai efek membuat rambut bayi tumbuh lebih lebat. Mencukur hanya membuat rambut si Kecil tumbuh pada satu fase yang sama secara bersamaan sehingga rambut tampak lebih lebat dan terasa lebih tebal.
  2.  

  3. Minyak kemiri memiliki manfaat untuk membuat rambut bayi tumbuh lebih lebat dan hitam. Mitos tersebut benar dan terbukti. Tanaman kemiri (Aleurites moluccana L. willd) atau candlenut biasanya ditemukan pada lereng gunung di Asia Tenggara atau Asia Pasifik.
     
    Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Merawat Rambut
     
    Biji dari buah kemiri mengandung minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh yaitu asam linoleat dan asam linolenat sebesar 66,2% dari total asam lemak minyak kemiri. Asam linoleat mengandung asam lemak omega 3 dan asam linolenat mengandung asam lemak omega 6. Ekstrak minyak kemiri terbukti mampu membantu menguatkan dan mengembalikan kesehatan rambut serta melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut.
  4.  

  5. Ekstrak seledri berkhasiat untuk membuat rambut bayi lebat. Mitos ini benar dan terbukti. Hal ini karena seledri mengandung magnesium, kalium, zinc, vitamin A,B,C dan K. Seledri juga memiliki kandungan protein, dan tinggi phytonutrient yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan sehingga selain bermanfaat untuk menutrisi akar rambut, seledri ternyata bermanfaat juga untuk melindungi kulit kepala dan akar rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan meredakan kulit kepala yang sensitif. Berikut adalah langlahnya:
    • Ambil satu ikat seledri dan hancurkan hingga mengeluarkan air
    • Boleh campur dengan sedikit air
    • Oleskan ke kulit kepala bayi
    • Diamkan beberapa saat (10 hingga 15 menit)
    • Bilas hingga bersih dengan menggunakan shampoo dan air hangat
  1. Madu bermanfaat untuk membuat rambut bayi. Mitos ini benar dan terbukti. Madu terbukti mampu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan. Madu mengandung vitamin dan mineral yang membantu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu madu bermanfaat juga untuk menjaga kelembaban dan memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga selain bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan, madu juga dapat membuat rambut lebih lembut dan terjaga kelambaban alaminya. Bagaimana caranya apabila bunda ingin memakai madu untuk perawatan rambut bayi bunda?
    • Bunda dapat memakainya bersamaan dengan alpukat sebagai pasta madu dan alpukat
    • Atau bunda dapat memakai madu saja dan dioleskan ke kulit kepala bayi dan diamkan selama 15 menit untuk kemudian dibilas
  1. Alpukat bermanfaat untuk membuat rambut bayi lebih sehat. Mitos ini benar dan terbukti. Alpukat mengandung nutrisi antara lain: protein, lemak baik, karotenoid, lutein, vitamin dan mineral, serta asam folat. Kandungan protein alpukat terdiri dari 18 jenis asam amino esensial yang sangat bermanfaat untuk menutrisi dan menguatkan akar rambut.
     
    Kandungan karotenoid dan lutein dalam alpukat merupakan anti oksidan alami yang dapat melindungi kulit kepala dan akar rambut dari kerusakan. Bukan hanya itu, alpukat ternyata mengandung vitamin C, E, selenium, zinc, dan omega 3 yang merupakan nutrisi penting untuk akar rambut bayi bunda. Alpukat dapat digunakan Bersama madu untuk dijadikan pasta. Caranya :

    • Ambil alpukat segar, kupas dan ambil dagingnya. Haluskan daging alpukat. Tidak perlu menambahkan air.
    • Tambahkan satu sendok makan madu murni kemudian aduk hingga terbentuk pasta halus
    • Oleskan campuran alpukat madu tersebut ke kulit kepala dan rambut bayi
    • Diamkan selama 10 menit
    • Bilas dengan menggunakan air hangat dan shampoo hingga bersih
    • Dapat dilakukan seminggu sekali secara berkala
  1. Minyak zaitun memiliki manfaat untuk membuat rambut bayi tumbuh lebih subur. Mitos ini benar dan terbukti. Minyak zaitun atau olive oil memiliki manfaat antara lain:
    • Membuat rambut bayi lebih lebat
    • Merawat kesehatan rambut si Kecil
    • Memperbaiki tekstur rambut
    • Mengobati cradle cap atau kerak ketombe pada kulit kepala bayi

Apabila bunda ingin menggunakan minyak zaitun untuk perawatan bagi rambut si Kecil, bunda dapat mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala bayi sesaat sebelum keramas. Pijat dengan lembut kemudian diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan shampoo hingga bersih.

  1. Lidah buaya membuat rambut bayi menjadi lebih tebal. Mitos ini benar dan terbukti. kandungan vitamin A, B, C, dan E, serta kalsium, zinc, asam folat, magnesium dan zat besi pada lidah buaya memang terbukti berguna untuk menutrisi akar rambut dan membantu mencegah rambut bayi rontok. apabila bunda ingin memakai lidah buaya untuk merawat rambut bayi bunda, caranya ialah:
    • kupas bagian luar lidah buaya dan sisakan bagian daging yang berwarna putih
    • Oleskan bagian daging lidah buaya ke kulit kepala bayi bunda
    • Pijat lembut selama 10 menit
    • Bilas dengan air hangat dan shampoo
    • Atau bunda dapat memotong bagian daging lidah buaya hingga kecil kecil dan menghancurkannya dengan menambahkan sedikit air dan gunakan sebagai kondisioner sesaat setelah keramas dengan shampoo untuk kemudian dibilas hingga bersih
    • Lakukan seminggu satu hingga dua kali secara berkala untuk hasil maksimal.
  1. Sering keramas membuat rambut lebih cepat tumbuh. Mitos ini tidak benar. Terlalu sering keramas justru akan membuat rambut menjadi kering dan mudah rontok. Hal ini dikarenakan rambut bayi memiliki kelembaban alami yang berbeda dengan rambut orang dewasa. Terlalu sering keramas akan merusak kelembaban alami rambut si Kecil dan jusrru akan membuat rambut si Kecil menjadi kering sehingga rambut justru akan rontok dan mudah patah.
  2.  

  3. Shampoo berbusa banyak mencuci rambut lebih bersih dan lebih bagus untuk pertumbuhan rambut. Hal ini adalah mitos yang tidak benar. Banyak atau sedikitnya busa pada shampoo tidak menjadi jaminan nahwa shampoo tersebut lebih efektif atau kurang efektif untuk mencuci. Rambut bayi tumbuh lebih baik dan sehat apabila bunda melakukan perawatan yang sesuai. Seperti mencuci rambut seminggu satu sampai dua kali untuk bayi baru lahir, dan setiap dua hari sekali untuk bayi lebih besar. Rambut dicuci menggunakan shampoo yang sesuai untuk jenis rambut bayi, dan dibilas hingga bersih.
  4.  

  5. Memakai topi membuat rambut bayi tidak tumbuh. Mitos ini benar dan terbukti. hal ini dikarenakan tekanan bagian tepi topi pada area kulit kepala sehingga pada area tekanan tersebut rambut terhambat pertumbuhannya. Selain itu topi yang terlalu ketat dapat menghalangi suhu panas keluar. Akibatnya dapat menimbulkan kerontokan pada rambut.
     
    Apabila bunda ingin memakaikan topi untuk si kecil, sebaiknya pilih yang berbahan lembut dan adem. Dan jangan terlalu ketat. Sehingga tidak menyebabkan aliran darah dan udara panas terganggu. Dan hindari memakaiakn topi terus menerus untuk si kecil. Bunda dapat memakaikan topi untuk si kecil saat hendak bepergian ke tempat berangin banyak atau bersuhu dingin, dan hindari memakaikan topi saat udara panas dan lembab.
  6.  

  7. Ibu banyak makan kacang hijau saat hamil akan melahirkan bayi dengan rambut lebat. Mitos ini tidak benar. Saat hamil ibu memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Kacang hijau mengandung protein dan vitamin yang bermanfaat bagi Kesehatan. Namun tebalnya rambut lebih banyak dipengaruhi oleh factor genetik. Sehingga tidak murni oleh konsumsi kacang hijau saat kehamilan.
  8.  

  9. Mengikat rambut bayi perempuan terlalu kencang dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh. Mitos ini benar dan terbukti. hal ini dikarenakan mengikat rambut terlalu kencang dapat mengakibatkan akar rambut menjadi lemah sehingga rambut menjadi mudah rontok dan merusak folikel rambut. Sebaiknya apabila bunda ingin mengikat rambut si kecil, gunakan ikat rambut yang berbahan lembut dan hindari mengikat terlalu kencang.
  10.  

  11. Minyak kelapa dapat membuat rambut lebih sehat. Mitos ini benar dan terbukti. minyak kelapa mengandung asam lemak yang terdiri dari diantaranya: asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat. Kandungan tersebut membuat minyak kelapa memiliki sifat anti jamur, anti mikroba, dan anti virus. Minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk mengkal radikal bebas dan melembabkan kulit kepala. Sehingga minyak kelapa dapat pula digunakan untuk mengobati cradle cap atau kerak ketombe. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala sesaat sebelum keramas dan diamkan selama 10 hingga 15 menit untuk kemudian dibilas dengan menggunakan shampoo dan air hangat hingga bersih.
  12.  

  13. Minyak argan dapat membuat rambut si Kecil menjadi lebih sehat. Mitos ini benar dan terbukti. minyak argan berasal dari biji pohon argan (Argania spinosa) yang banyak ditemukan di Maroko. Minyak argan mengandung berbagai jenis minyak nabati dan asam lemak, diantaranya: asam oleat, asam linoleat, asam stearate, dan asam palmitat.
    minyak argan untuk rambut
    Minyak Argan Merupakan bahan alami yang faktanya dapat menyehatkan rambut karena mengandung vitamin E, Omega 3, dan Beta Karoten

    Minyak argan juga mengandung vitamin E, omega 3, beta karoten, polifenol sebagai anti oksidan, serta xantofil. Kandungan minyak arga tersebut terbukti dapat melembabkan, menutrisi, serta menjadikan rambut lebih sehat serta lembut. Cara penggunaan minyak argan pada rambut:

    • Gunakan beberapa tetes minyak argan pada ujung rambut untuk menjadikan rambut lebih lembab, lembut, serta mudah disisir
    • Gunakan minyak argan pada kulit kepala. Hangatkan satu sendok makan minyak argan untuk kemudian dioleskan pada kulit kepala. Pijat lembut dan diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat dan shampoo hingga bersih
    • Gunakan minyak argan sebagai campuran pada produk perawatan rambut si kecil. Campurkan satu hingga dua tetes minyak argan pada hair lotion bayi bunda untuk kemudian dioleskan pada kulit kepala bayi bunda

Nah, setelah bunda mengetahui berbagai fakta dan mitos mengenai perawatan rambut bayi bunda, tentunya bunda dapat memilih mana mitos yang terbukti dan dapat diikuti; dan mana mitos yang salah dan belum terbukti kebenarannya.

 

ditulis oleh: dr. Cindy Paulina, Dipl CIBTAC, Dipl CIDESCO

 
 
 

Related Artikels