Dari Mandi sampai Perawatan Kulit, Cara Bunda Menyentuh si Kecil dengan Cinta yang Penuh Manfaat - Cussons Baby Indonesia

Dari Mandi sampai Perawatan Kulit, Cara Bunda Menyentuh si Kecil dengan Cinta yang Penuh Manfaat

Dari Mandi sampai Perawatan Kulit, Cara Bunda Menyentuh si Kecil dengan Cinta yang Penuh Manfaat

 

Hubungan atau bonding Bunda dan anak adalah salah satu yang terindah dalam hidup. Hubungan ini tidak terbentuk secara ajaib dan alamiah, tapi membutuhkan proses. Salah satunya sentuhan saat merawat kulit bayi.

 

Dalam proses pertumbuhannya, bayi membutuhkan stimulasi. Seperti cahaya untuk melatih mata dalam melihat, aroma untuk melatih hidung dan ingatan bayi, tekstur untuk melatih kepekaan dan motorik, dan sentuhan yang menstimulasi kulit serta perasaan baik si Kecil.

Dr. Alice Arianto Psy.D., CGP, Ahli Neuroscience Indonesia mengatakan bahwa sentuhan bisa menjadi bentuk rasa cinta orang tua pada bayi. Setiap sentuhan Ayah dan Bunda pada kulit bayi bisa mempererat hubungan atau bonding dengan anaknya. 

 

Perawatan bayi yang dilakukan dengan teliti mulai dari rambut hingga kaki akan memberikan sentuhan pada kulit bayi. Sentuhan di kulitnya akan menstimulasi hal positif yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak bayi. Stimulasi ini juga akan diproses sebagai rasa cinta yang membangun kepercayaan bayi terhadap orang tua. Sementara itu, sentuhan pada rambut akan berubah menjadi memori baik.

 

Pentingnya Sentuhan Orang Tua Pada Anak

 

Efek sentuhan orang tua-anak untuk tumbuh kembang anak sudah diungkap oleh banyak penelitian. Efek ini dimulai saat Ayah dan Bunda mengelus janin dari luar tubuh. Sejak embrio yang memecah diri menjadi 50 kali lipat, ratusan, hingga triliunan sel yang membentuk tubuh bayi, efek sentuhan ini sudah terasa. Saat bayi lahir, setiap sel dalam tubuhnya akan melakukan sinkronisasi dan menciptakan koneksi antara orang tua dan anak.

 

Koneksi ini kemudian diartikan sebagai kasih sayang, kepercayaan, dan bentuk perlindungan tulus dari orang tua untuk bayi. Hal ini secara ilmiah juga mempengaruhi masa depan bayi. Penelitian membuktikan bahwa bayi yang mendapatkan kasih sayang dari orang tua memiliki kualitas imun yang lebih kuat dan otak yang lebih cerdas.

 

Dalam studinya, Dr. Alice mengungkapkan bahwa sentuhan bagaikan ‘lem’ yang mengikat orang tua dan anak. Setiap terjadi sentuhan, level oksitosin akan meningkat dan memberi manfaat untuk keduanya. Misal, meningkatkan imun dan melawan infeksi. Melalui regulasi hormon oksitosin dan kortisol, sentuhan dan pelukan mempengaruhi imunitas tubuh. 

Inilah mengapa sentuhan sangatlah penting untuk bayi. Sentuhan termasuk sebagai bagian merawat bayi. Setiap Bunda memegang tangan, memeluk, dan memijat, terjadi reaksi hormon tubuh dan stimulasi otak yang baik untuk masa depan si Kecil. Sentuhan lembut yang dilakukan sejak lahir dapat melipatgandakan kebaikan untuk kesehatan bayi, pertumbuhan koneksi sel otak, dan menenangkan denyut jantung bayi.

 

Jenis Sentuhan

 

Dalam memberikan afeksi melalui sentuhan, ada dua jenis sentuhan yang mempengaruhi sistem syaraf bayi. 

 

1. Sentuhan Cepat

Sentuhan ini cepat dideteksi oleh kulit bayi saat terjadi kontak. Contohnya saat memegang sesuatu yang panas dan dingin.

 

2. Sentuhan Perlahan

Sentuhan jenis ini adalah sentuhan yang lembut dan tidak langsung dirasakan, namun perlu diproses. Sentuhan perlahan mengaktifkan sekumpulan syaraf c-taktil aferen. Sentuhan ini akan memproses pemahaman emosi dan disebut cuddle nerves

 

Sentuhan lembut dari orang tua akan menstimulasi cuddle nerves, kemudian memberikan hal positif. Di antaranya perasaan cinta, kasih sayang, dan menumbuhkan rasa percaya.

 

Menyayangi Bayi Lewat Perawatan Kulit yang Holistik

 

Merawat kulit si Kecil merupakan cara terbaik untuk merawat kulitnya. Seperti saat memandikan hingga perawatan setelah mandi.

 

Ketika memandikan, Ayah dan Bunda akan mengusap kulitnya secara perlahan dan menyeluruh. Setiap sentuhan yang terjadi akan mengaktifkan koneksi dan hormon kortisol pada tubuh bayi. Sentuhan lembut ini akan diproses sebagai rasa cinta orang tua untuk bayi.

Agar perawatan kulitnya semakin holistik, pastikan menggunakan sabun mandi yang baik untuk kulit bayi. Cussons Baby Mild and Gentle Hair & Body Wash dengan 3 Kebaikan membuat manfaat sentuhan Bunda saat memandikan bayi semakin optimal.

 

Formula Lembut dengan Natural Organic Oat dan Pro-Vitamin B5 baik untuk melembabkan kulit bayi. Wangi Vanilla dengan teknologi Moodscent™ yang memberikan ketenangan untuk bayi saat dan setelah mandi.

 

Pastikan merawat kulit bayi secara menyeluruh lewat sentuhan lembut di setiap perawatannya. Karena, cinta lembut untuk si Kecil sangat berarti untuk masa depannya.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: