7 Cara Meredakan Kulit Gatal Bayi yang Wajib Diketahui - Cussons Baby Indonesia

7 Cara Meredakan Kulit Gatal Bayi yang Wajib Diketahui

Kulit bayi yang halus dan sensitif seringkali rentan terhadap berbagai masalah kulit, termasuk gatal dan iritasi. Kondisi ini, tentu saja, dapat mengganggu kenyamanan si kecil. Dalam menjaga kesehatan kulit bayi, penggunaan lotion khusus bayi, seperti lotion untuk gatal pada bayi, bisa menjadi solusi yang efektif. Kok bisa, ya Bun? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Kulit Bayi Gatal dan Iritasi

Gatal dan iritasi pada kulit bayi adalah hal yang cukup umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang tampak merah, bengkak, atau kering dan membuat bayi terlihat tidak nyaman atau rewel. Tidak jarang, gatal dan iritasi ini membuat bayi sering menggaruk bagian yang gatal dan ini bisa menimbulkan luka.

Masalah ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh bayi, seperti di wajah, lengan, punggung, atau bahkan di seluruh tubuh bayi. Penanganannya pun harus segera dilakukan untuk mencegah kondisi semakin parah dan membuat bayi semakin tidak nyaman.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Kulit Bayi Gatal

Terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat kulit bayi gatal dan iritasi, di antaranya adalah:

1. Kulit Kering

Kulit bayi sangat mudah kering dan ini bisa menyebabkan gatal. Cuaca yang terlalu dingin atau terlalu kering, penggunaan sabun yang terlalu keras, atau kondisi rumah yang kering bisa menjadi pemicu kulit bayi menjadi kering.

2. Iritasi

Kulit bayi yang sensitif bisa dengan mudah iritasi. Iritasi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti pakaian yang kasar, deterjen yang keras, sampai popok yang terlalu ketat atau jarang diganti.

3. Eksim

Eksim adalah kondisi kulit yang membuat kulit menjadi kering, merah, dan gatal. Eksim sangat umum terjadi pada bayi dan anak-anak. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari genetik, alergi, sampai lingkungan.

4. Infeksi Jamur atau Bakteri

Infeksi jamur atau bakteri juga bisa menyebabkan gatal pada kulit bayi. Infeksi jamur biasanya disebabkan oleh lingkungan yang lembap atau kebersihan yang kurang terjaga.

4. Alergi

Alergi makanan, serbuk sari, atau alergi lainnya bisa membuat kulit bayi gatal. Alergi ini biasanya akan muncul beberapa saat setelah bayi terpapar alergen.

Beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan bayi mengalami kulit gatal antara lain adalah:

  • Genetik: Jika orang tua atau keluarga dekat memiliki riwayat alergi, eksim, atau masalah kulit lainnya, risiko bayi untuk mengalami masalah kulit juga akan lebih tinggi.
  • Lingkungan: Lingkungan yang kotor, lembap, atau berdebu bisa meningkatkan risiko infeksi jamur atau bakteri yang bisa membuat kulit gatal.
  • Jenis Kelamin: Penelitian menunjukkan bahwa bayi laki-laki slightly lebih berisiko mengalami eksim dibandingkan bayi perempuan.
  • Faktor gaya hidup: Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, penggunaan deterjen yang keras, atau pakaian yang kasar dan tidak nyaman bisa menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit bayi.

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Gatal Ruam Merah

7 Cara Meredakan Kulit Gatal pada Bayi

Berikut adalah tujuh cara yang dapat Bunda coba untuk meredakan kulit gatal pada bayi:

1. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan gatal pada kulit bayi. Pastikan suhu air tidak terlalu panas dan gunakan sabun bayi yang lembut dan tidak mengiritasi.

2. Gunakan Pakaian Berbahan Katun

Pilihlah pakaian bayi yang terbuat dari katun karena bahan ini lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik.

3. Jaga Kelembapan Kulit

Kulit yang kering bisa memicu gatal. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit bayi.

4. Jangan Biarkan Bayi Menggaruk

Bunda, menggaruk daerah gatal hanya akan memperparah kondisi. Oleh karena itu, upayakan agar buah hati tidak menggaruk area yang iritasi.

5. Gunakan Lotion untuk Gatal pada Bayi

Penggunaan lotion untuk gatal pada bayi bisa membantu meredakan iritasi dan menjaga kelembapan kulit bayi.Perlu dicatat bahwa jenis gatal yang dimaksud di sini bukanlah gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk atau serangga, melainkan gatal akibat faktor-faktor seperti kulit kering, reaksi alergi ringan, atau iritasi ringan lainnya. Lotion dengan formula lembut bisa jadi solusi yang efektif untuk merawat kulit bayi dan mengurangi rasa gatal.

 

Rekomendasi Lotion untuk Bayi

Untuk bantu meredakan gatal dan menjaga kelembapan kulit bayi yang disebabkan oleh kulit kering, Cussons Baby Soft & Smooth Lotion dan Cussons Baby Mild & Gentle Lotion adalah pilihan tepat untuk si Kecil.

lotion bayi

Cussons Baby Soft & Smooth Lotion mengandung Almond Oil yang berfungsi untuk menutrisi dan melembabkan kulit bayi. Lotion ini mudah menyerap dan juga diperkaya dengan Rose Oil dengan keharuman yang memberi rasa nyaman bagi bayi. Kulit bayi tampak halus dan lembut setelah pemakaian.

lotion bayi mild and gentle

Sementara itu, Cussons Baby Mild & Gentle Lotion juga mudah diserap dan menjaga kulit sehat tetap terpelihara dengan wangi khas bayi yang lembut. Dengan kombinasi Milk untuk menyehatkan kulit bayi dan Chamomile untuk menjaga kenyamanan kulit bayi. Karena mudah diserap, kulit pun terasa lembab dan lentur.

Kedua produk ini telah teruji olehklinis ahli kulit, memiliki pH seimbang, dan dibuat dengan formula lembut yang cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, aroma khas bayi yang hadir pada kedua produk ini akan membuat si kecil merasa nyaman dan tenang.

Bagaimana? Sudah siap mencoba?

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: