7 Cara Mengurangi Gatal pada Anak yang Wajib Diketahui - Cussons Baby Indonesia

7 Cara Mengurangi Gatal pada Anak yang Wajib Diketahui

Bunda, gatal yang sering kali dialami si Kecil ternyata bisa menjadi sumber ketidaknyamanan bagi mereka. Anak yang terus merasa gatal pasti akan kesulitan untuk tidur atau bermain.

Rasa gatal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, dan salah satunya adalah kulit kering. Meski terbilang umum, kulit kering pada anak dapat berujung pada iritasi dan infeksi jika tidak segera diatasi dengan tepat.

Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui penyebab, cara mengatasi gatal, dan rekomendasi baby cream atau lotion untuk gatal pada anak yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kelembapan kulitnya. Penasaran dengan informasi ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Baca juga: Gatal Pada Kulit Kepala Anak, Tinea Capitis?

 

5 Penyebab Gatal pada Bayi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa gatal pada kulit bayi sering kali membuat mereka merasa tidak nyaman dan rewel dan kulit kering bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Berikut ini beberapa penyebab yang memicu kulit bayi menjadi kering dan gatal:

1. Perubahan Cuaca 

Cuaca dingin dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi kering. Ini karena kelembapan di udara berkurang dan kulit bayi yang masih sensitif memiliki kemampuan natural yang lebih rendah untuk menjaga kelembapannya.

2. Air Panas

Walaupun mandi air hangat rasanya nikmat, namun hal ini dapat mengurangi minyak alami pada kulit bayi yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembab alami, sehingga bisa memicu kulit menjadi kering.

3. Sabun dan Shampo

Bunda mungkin tidak menyadari bahwa sabun dan shampo yang digunakan untuk membersihkan bayi dapat mengurangi minyak alami di kulit bayi. Gunakan sabun dan shampo yang khusus dibuat untuk bayi yang memiliki formula lembut.

4. Kain Kasar

Pakaian yang kainnya kasar bisa mengiritasi kulit bayi dan bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal.

5. Kurang Cairan

Sama seperti dewasa, bayi juga bisa dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika bayi tidak mendapatkan cukup cairan, kulitnya bisa menjadi kering dan gatal.

 

7 Cara Mengurangi Gatal pada Bayi

Merawat kulit bayi yang kering dan gatal memang membutuhkan perhatian ekstra. Berikut 7 cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi masalah ini:

1. Gunakan Pelembab

Pelembab khusus bayi akan membantu melembabkan dan melindungi kulit bayi dari kekeringan.

2. Hindari Mandi Air Panas

Sebaiknya mandikan bayi dengan air hangat, bukan panas, karena air panas bisa mencabut minyak alami pada kulit.

3. Gunakan Sabun dan Shampo Bayi

Pilihlah sabun dan shampo yang dibuat khusus untuk bayi dengan kandungan yang lembut dan tidak merusak kelembapan kulit.

4. Pilihlah Pakaian Bayi yang Lembut

Pilihlah bahan pakaian yang lembut dan nyaman untuk kulit bayi seperti katun.

5. Jaga Kebersihan Kulit Bayi

Menjaga kebersihan kulit bayi adalah hal yang sangat penting untuk mencegah iritasi dan kekeringan kulit.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Bayi

Pastikan bayi mendapatkan cukup ASI atau susu formula serta cairan lainnya untuk mencegah dehidrasi.

7. Gunakan Humidifier

Jika Bunda tinggal di daerah dengan udara kering, menggunakan humidifier di rumah akan membantu menjaga kelembapan kulit bayi.

 

Rekomendasi Baby Cream Obat Gatal Bayi

Bunda, untuk merawat kulit bayi yang kering dan gatal, Bunda perlu memilih produk perawatan kulit yang tepat. Salah satu yang bisa Bunda coba adalah Cussons Baby Cream Soft & Smooth.

Cussons Baby Cream Soft & Smooth mengandung Almond Oil sebagai bahan alami untuk menjaga kelembapan kulit dan Rose Oil yang mampu menjaga kelembutan dan kehalusan kulit bayi. Cream ini telah diuji oleh para ahli kulit dan memiliki tingkat pH yang seimbang dengan formula lembut, sangat cocok untuk kulit bayi.

Selain itu, Cussons Baby Cream Soft & Smooth juga memberikan aroma bunga yang menyegarkan, sehingga bayi tidak hanya merasa nyaman, tapi juga wangi dan segar. Dengan menggunakan produk ini, Bunda tidak hanya bisa mengurangi gatal pada kulit bayi, tetapi juga menjaga kulit bayi tetap sehat dan terjaga kelembutannya.

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: