5 Cara Mengatasi Ruam Kulit Karena Susu pada Anak - Cussons Baby Indonesia

5 Cara Mengatasi Ruam Kulit Karena Susu pada Anak

Bunda, ada banyak  jenis penyakit kulit pada anak yang bisa dialami oleh si buah hati. Mulai dari biang keringat, eksim, hingga ruam akibat susu. Langkah pertama untuk mengatasi hal ini adalah dengan memahami bahwa setiap penyakit kulit pada anak punya karakteristik dan penyebab masing-masing .

Di antara berbagai masalah kulit ini, ruam susu menjadi hal yang cukup sering dijumpai, terutama pada bayi yang sedang dalam periode menyusui.

Kenali dan pahami apa itu ruam susu, apa saja yang dapat memicunya, serta bagaimana cara mengatasinya termasuk menggunakan produk perawatan kulit bayi terpercaya seperti Cussons Baby Cream Soft & Smooth.

Dengan begini, Bunda dapat menjaga kenyamanan dan kesehatan kulit si kecil dengan lebih baik.

 

Baca juga: Ruam Popok Pada Bayi

 

Ruam: Penyakit Kulit pada Anak

Bunda, pernahkah melihat kulit si kecil tiba-tiba merah-merah dan tampak tidak nyaman? Keadaan seperti ini sering kali disebut sebagai ruam. Ruam pada si kecil merupakan reaksi yang dapat muncul dari kulit yang sensitif dan masih belajar beradaptasi dengan lingkungan di luar kandungan.

Ruam ini bisa kelihatan seperti titik-titik kecil, bercak merah, atau area yang sedikit bengkak. Kadang ruam bisa berair, atau kering dan bersisik. Ruam tidak hanya membuat kulit terlihat kemerahan, tetapi juga bisa menjadikan si kecil menjadi lebih rewel karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya.

Bunda tidak perlu terlalu khawatir, karena ruam, termasuk ruam karena susu adalah masalah kulit yang sangat umum terjadi pada bayi.

 

3 Penyebab Ruam Susu pada Anak

Secara spesifik, ruam karena susu pada anak disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

1. Kulit Sensitif Bayi


Bayi memiliki kulit yang sangat tipis dan sensitif dibandingkan dengan orang dewasa, Bunda. Karena itu, kulitnya sangat mudah bereaksi terhadap berbagai macam zat, termasuk sisa-sisa susu yang mungkin mengendap di sekitar mulut dan leher. Sisa susu yang tidak dibersihkan ini bisa mengiritasi kulit halus bayi dan membuat ruam muncul.

2. Kelembapan Berlebih

Area di sekitar mulut bayi sering lembap terutama setelah minum susu. Kelembapan ini, apabila tidak dibersihkan dengan baik, bisa menjadi lingkungan yang ramah bagi bakteri untuk bertumbuh, yang bisa menyebabkan ruam. Sigap membersihkan area ini setelah menyusui adalah kunci untuk menjaga kulit tetap kering dan bebas dari ruam.

3. Alergi atau Intoleransi

Terkadang, ruam juga bisa muncul karena alergi atau intoleransi terhadap komponen tertentu di dalam susu yang Bunda berikan. Ini bukan situasi yang umum, tetapi bisa saja terjadi. Kalau Bunda menyaksikan ruam yang tampak beda atau lebih parah disertai gejala lain, mungkin itu saatnya untuk berdiskusi dengan dokter.

 

Baca juga: Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

 

5 Cara Mengatasi Ruam Susu

Nah, untuk mengatasi ruam karena susu, berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan:

1. Bersihkan Wajah Bayi dengan Lembut

Ketika si Kecil selesai minum susu, gunakan lap atau tisu basah untuk membersihkan area mulut dan leher si kecil secara langsung. Usap dengan lembut agar tidak mengiritasi kulit bayi yang sensitif. Ingat ya, Bunda, jangan menggosok kulitnya secara kasar.

2. Keringkan Kulit Bayi dengan Baik

Setelah dibersihkan, pastikan untuk mengeringkan kulit dengan tap-tap menggunakan handuk lembut atau kain kasa. Hal ini untuk menghindari kelembapan yang bisa memicu tumbuhnya ruam lebih lanjut.

3. Pakai Pakaian yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Selain perawatan kulit, pakaian bayi juga perlu mendapat perhatian. Pilihlah bahan yang lembut dan dapat menyerap keringat agar kulit si kecil tidak terus-terusan lembap.

4. Jaga Kebersihan Kulit Bayi dengan Air dan Sabun Bayi yang Lembut

Agar ruam tidak berlanjut dan bertambah buruk, Bunda wajib membersihkan kulit bayi dengan air hangat dan sabun bayi yang lembut. Cara ini juga menjadi kunci dalam mencegah dan mengobati ruam susu.

5. Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Bunda, pemilihan produk perawatan untuk si kecil tentu tidak boleh sembarangan. Produk seperti Cussons Baby Cream Soft & Smooth bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Cream ini mengandung Almond Oil dan Rose Oil yang lembut dan memiliki daya serap baik di kulit si kecil. Dengan pH yang seimbang dan telah diuji oleh ahli kulit, cream ini membantu menjaga kelembapan kulit bayi tanpa menimbulkan iritasi.

 

Sekali lagi, dengan perawatan yang tepat dan pemilihan produk yang aman seperti Cussons Baby Cream Soft & Smooth, Bunda bisa membantu meredakan dan mencegah munculnya ruam susu pada si buah hati.

Menggunakan cream yang kaya akan bahan alami ini tidak hanya memperbaiki ruam yang ada tetapi juga menjaga kulit bayi agar tetap sehat dan lembut. Ditambah lagi dengan aroma bunga yang segar dari baby cream ini akan membuat si Kecil lebih nyaman.

Tags: ruam susu

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: