perlengkapan mandi bayi

Perlengkapan Mandi Bayi yang Tepat Dukung Si Kecil Tetap Segar Beraktivitas di Luar Ruangan

Bunda tak perlu khawatir si kecil bau keringat ketika bermain di luar ruangan. Cukup siapkan perlengkapan mandi bayi yang akan membuatnya tetap wangi dan segar.

 

Di dunia serba digital seperti sekarang, membawa anak bermain di luar ruangan seolah menjadi sebuah kemewahan. Padahal ada banyak manfaat membawa bayi bermain di luar ruangan, misalnya saja main di luar ruangan dapat membantu pertumbuhan tulang si kecil karena ia terpapar cahaya matahari. Tak hanya itu, main di luar ruangan juga membuat si kecil memiliki penglihatan yang lebih baik, lho.

 

Nah, menjadi tugas Bunda sebagai orangtua untuk memberi si kecil kesempatan untuk bermain di luar ruangan.  Seperti Cio (1,5), ia selalu resah ketika selesai sarapan pagi. Seperti sudah ada alarm sendiri, ia selalu meminta untuk bermain di taman dekat rumah. Ya, duduk di stroller sambil didorong dan bertemu teman sebaya atau sekadar berlari-lari di rerumputan sudah berhasil membuatnya kembali ceria.

 

Apakah si kecil Bunda juga senang bermain di luar ruangan seperti Cio? Jika ya, maka jangan lupa menyediakan perlengkapan mandi bayi yang akan membuatnya tetap segar setelah bermain di luar ruangan, ya.

 

Dan agar Bunda semakin semangat membawa si kecil ke alam terbuka, sebaiknya Bunda ketahui dulu apa saja manfaat bermain dan beraktivitas di luar ruangan bagi tumbuh kembang si kecil.

 

Manfaat bermain di luar ruangan untuk si kecil

memandikan bayi

Ajak si Kecil Bermain di Luar Untuk Eksplorasi Lingkungannya

Tidak ada istilah terlalu kecil untuk membawa si kecil Bunda menikmati alam terbuka. Berikut manfaat bermain di luar rumah untuk si kecil:

 

  1. Melatih kemampuan berbahasa

Saat mengajak bayi bermain di luar rumah, Bunda bisa sambil mengajaknya berbicara tentang apa yang dilihat atau dirasakannya. Contoh: “Wah, asyik ya rambut jadi berkibar-kibar kena angin” atau “Bunganya harum, Nak, coba kamu endus”.

 

Informasi sensori yang didapatkan ketika bermain di luar rumah akan melatih perkembangan bahasanya lebih cepat ketimbang ia berada di lingkungan di dalam rumah yang rutinitasnya serba teratur dan cenderung aman.

 

Si kecil juga akan lebih mudah menghafal kosakata baru ketika ia melihat langsung di alam terbuka ketimbang hanya dari menonton di layar TV atau gadget.

 

  1. Meningkatkan kemampuan motorik kasar

Si kecil memperoleh sebagian besar kemampuan motorik dasar sebelum ia berusia lima tahun. Bermain di luar ruangan akan membantu memfasilitasi si kecil untuk meningkatkan kemampuan motorik kasarnya. Bahkan untuk bayi, ia dapat mempelajari sesuatu dari mengamati bagaimana anak-anak lain berlarian.

 

Di luar ruangan yang lebih luas, pergerakan si kecil juga akan lebih bebas. Jika di dalam ruangan Bunda cenderung lebih banyak melarangnya bergerak karena takut terbentur atau tersandung benda lain, di luar ruangan si kecil akan lebih bebas bergerak karena minimnya hambatan. Hal ini tentu saja merupakan latihan yang bagus untuk motorik kasarnya.

 

  1. Mendukung si kecil memiliki rasa ingin tahu

Bermain di luar ruangan akan memupuk rasa ingin tahu si kecil sehingga ia selalu bersemangat mempelajari hal-hal baru. Si kecil akan belajar dengan membandingkan benda-benda yang dilihatnya. Lingkungan luar rumah yang berbeda dengan suasana di rumah akan membantu membentuk sinapsis otak.

 

Rasa ingin tahu yang tinggi membuat si kecil memiliki rentang fokus yang lebih lama. Kelak ketika ia masuk sekolah, si kecil cenderung akan bertahan menyelesaikan tugas hingga keingintahuannya terpuaskan. Sementara pada anak-anak yang hampir selalu menghabiskan waktu di dalam rumah biasanya kurang memiliki inisiatif untuk memulai sebuah aktivitas atau berpartisipasi dalam kegiatan baru.

 

  1. Membantu anak memiliki pola tidur teratur

Paparan sinar matahari akan membantu pembentukan pola tidur yang sehat untuk si kecil. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2004 yang dimuat dalam Journal Sleep Research menemukan bahwa bayi yang berusia kurang dari 13 minggu yang tidur nyenyak di malam hari biasanya menghabiskan waktu dua kali lebih banyak di bawah sinar matahari dibanding bayi lain seusianya yang tidurnya belum teratur. Hal ini disebabkan karena paparan sinar matahari membantu membentuk jam biologis yang lebih teratur.

 

  1. Mencegah penyakit

Sering bermain di luar ternyata membuat si kecil menjadi jarang sakit. Hal ini mungkin karena udara di luar yang tidak steril justru membantu membentuk sistem imun yang baik untuk si kecil. Terpapar mikroba sejak dini justru penting untuk menjaga agar si kecil tetap sehat di masa yang akan datang karena tubuhnya telah membentuk sistem perlindungan sendiri.

 

Selain itu, bermain di luar ruangan akan membantu si kecil memiliki tulang yang kuat dan tubuh yang bugar sekaligus membakar energi. Bunda tahu, kan, bermain di luar memungkinkannya terpapar sinar matahari yang baik untuk pertumbuhan tulangnya?

 

  1. Melatih kemampuan sensori

Sebuah studi ilmu optometri dan penglihatan menunjukkan bahwa anak-anak yang sering bermain di luar ruangan memiliki jarak pandang yang lebih baik ketimbang anak-anak yang selalu berada di dalam ruangan. Dengan panca indranya, si kecil dapat belajar mengenai hal-hal baru. Misalnya saat melihat genangan air (indra penglihatan), berhenti di depan serumpun bunga (indra penciuman dan peraba/sentuhan), berlari dengan telanjang kaki di atas rerumputan (indra peraba), dan mendengar kicauan burung (indra pendengaran).

 

Bandingkan dengan si kecil yang hanya berada di dalam rumah, sibuk dengan gadget atau menonton TV. Mereka hanya mengandalkan dua indra saja, yaitu pendengaran dan penglihatan. Hal ini tentunya membuat perkembangan sensori si kecil tidak optimal hingga ia tumbuh dewasa nantinya.

 

  1. Meningkatkan Kebahagiaan

Sinar matahari merangsang kelenjar pineal, bagian otak yang terkait kebahagiaan dan sistem kekebalan tubuh. Menghabiskan waktu di luar ruangan, khususnya di alam terbuka, memang sering dikaitkan dengan mood yang baik dan kebahagiaan. Sebagai bonus, si kecil yang sering berada di luar ruangan akan tumbuh menjadi anak yang menghargai alam dan mencintai bumi.

 

Dukung si kecil agar tetap ceria saat bermain di luar ruangan dengan perlengkapan mandi bayi yang tepat

perlengkapan mandi

Memilih Perlengkapan Mandi Untuk Bayi Yang Tepat Dengan Cussons Baby

Bunda mungkin khawatir ketika si kecil bermain di luar. Takut kotor, takut sakit, dan takut bau keringat adalah beberapa alasan yang kadang membuat Bunda ragu membawa si kecil bermain ke luar rumah.

 

Singkirkan segala kekhawatiran tersebut, Bun! Anda dapat memberikan dukungan agar si kecil tetap bisa bahagia dan memperoleh manfaat saat bermain di luar. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh si kecil menggunakan perlengkapan mandi bayi dari Cussons Baby Happy Fresh.

 

Dengan wangi fruity citrus yang segar, si kecil tetap wangi meski telah seharian bermain di luar ruangan. Formula perlengkapan mandi bayi Cussons Baby Happy Fresh sangat lembut dan telah teruji klinis aman untuk bayi. Mandikan si kecil menggunakan perlengkapan mandi bayi Hair & Body Wash, lalu oleskan lotion yang akan melembutkan kulitnya, kemudian tambahkan cologne yang akan membuatnya tetap wangi dan segar. Kini si kecil pun siap untuk bermain di luar rumah dan mendapatkan banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya!

 

 

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top