Yuk, Mulai Apresiasi Tumbuh Kembang si Kecil yang Bisa Berarti Cinta untuk Bunda! - Cussons Baby Indonesia

Yuk, Mulai Apresiasi Tumbuh Kembang si Kecil yang Bisa Berarti Cinta untuk Bunda!

Setiap tahap pertumbuhan bayi adalah pencapaian yang berharga. Pada tahap ini, si Kecil butuh dukungan, lho. Memberikan apresiasi untuk tiap langkah tumbuh kembangnya penting dilakukan agar tumbuh kembangnya optimal.

Setiap tahap tumbuh kembang bayi adalah momen yang penting. Langkah pertamanya merupakan upaya si Kecil untuk melangkah lebih jauh di dunia yang luas. Begitu pun dengan kata pertamanya, adalah cara si Kecil untuk mengungkapkan rasa cinta untuk Ayah dan Bunda.

Milestone atau pencapaian si Kecil memiliki tahapan sesuai dengan usia dan perkembangan tubuhnya. Misalnya, bayi umur 0-3 bulan biasanya masih beradaptasi dengan kemampuan gerak tubuh yang terbatas. Otaknya yang masih berkembang pun membuat dirinya bersikap berdasarkan insting dan emosi. Pada tahap ini, bayi lebih banyak memperhatikan dan belajar mengungkapkan dua emosi dasar, yaitu senang dan kesal.

Bayi umur 3 – 6 bulan mulai memperlihatkan tumbuh kembang yang lebih kompleks. Pada tahap ini, bayi mulai belajar menggenggam, berbicara lewat blabbering, serta menggerakan tubuh lebih kompleks seperti telungkup dan duduk. 

Tahap pertumbuhan bayi akan terus terjadi hingga Ia bisa berjalan pada usia 9-12 bulan, bicaranya semakin jelas, semakin pintar mengelola dan mengungkapkan emosi, hingga mulai menyerap informasi, serta meniru orang-orang di sekitarnya. Menurut para ahli, tahap pertumbuhan anak akan berlangsung dengan cepat hingga Ia mencapai usia dua tahun. Pertumbuhan akan semakin konsisten pada umur tiga hingga Ia dewasa.

Apresiasi Bunda adalah Motivasi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Bayi

Dalam perjalanan tumbuh kembangnya, bayi tidak hanya meniru apa yang dilakukan orang sekitarnya. Ia juga membutuhkan motivasi untuk terus tumbuh dan bisa melakukan hal-hal yang diinginkan.

Dalam buku Smart Parenting for Smart Kids yang ditulis oleh Eileen Kennedy-Moore, Psikolog asal Amerika Serikat, secara naluriah, anak ingin selalu menyenangkan orang tuanya. Mereka akan melakukan sesuatu yang dapat membuat orang tuanya senang dan bangga.

Kennedy dalam laman Parents mengatakan, karenanya penting bagi Ayah dan Bunda untuk mengapresiasi pencapaian tumbuh kembang anak. Apresiasi ini akan menjadi motivasi si Kecil untuk terus belajar dan berusaha mencapai tumbuh kembangnya.

Disamping motivasi, apresiasi yang diterima si Kecil juga penting untuk pertumbuhan mental yang positif. Menurut ahli, pujian pada anak dapat meningkatkan kualitas interaksi antar anak dan orang tua. Pujian juga meningkatkan kepercayaan diri, membuat anak lebih fokus, dan meningkatkan kreativitas.

Anak yang tumbuh dengan pujian akan tumbuh menjadi orang yang berani, kompeten, kreatif,  serta memiliki empati yang tinggi. Selain itu, pujian juga bisa meningkatkan jiwa kepemimpinan si Kecil, lho.

Bagaimana cara mengapresiasi anak?

Ada banyak cara mengapresiasi pencapaian si Kecil di tahap tumbuh kembangnya. Di antaranya memuji si Kecil, memberikan pelukan, kecupan, hingga memberi hadiah. 

Mulailah mengapresiasi si Kecil dengan memberikan kata-kata positif. Seperti dijelaskan di atas, apresiasi dapat meningkatkan kualitas interaksi antara anak dan orang tua, salah satunya lewat ungkapan kata-kata positif.

Pujian berbentuk ungkapan kata juga berefek lebih besar untuk si Kecil. Setiap pujian yang diterimanya adalah validasi terhadap usaha yang telah dilakukan, serta menjadi motivasi baru untuk berbuat lebih baik.

Tambahlah apresiasi tersebut dengan afirmasi berupa kecupan dan pelukan. Aksi fisik tersebut membuat si Kecil lebih merasa dicintai. Dengan demikian, perasaan cinta si Kecil terhadap Ayah dan Bunda pun akan semakin besar.

Setiap tahap tumbuh kembang si Kecil adalah bukti cinta si Kecil terhadap Ayah dan Bunda. Selain pujian, Ayah dan Bunda juga bisa mengabadikan setiap pencapaian si Kecil di tiap tahap pertumbuhannya. 

Yuk, abadikan semua bentuk rasa cinta si Kecil saat Ia bertumbuh kembang. ikuti Cussons Bintang Kecil 2022! Tangkap momen spesial ungkapan rasa cinta si Kecil untuk Bunda dan dapatkan hadiah hingga Rp 1 Milyar. Ketahui info selengkapnya melalui laman berikut: https://cussonsbaby.supermomscommunity.com/cbk2022.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: