Serunya Menjadi Bunda, Ini yang Harus Diperhatikan Agar Tumbuh Kembang si Kecil Optimal! - Cussons Baby Indonesia

Serunya Menjadi Bunda, Ini yang Harus Diperhatikan Agar Tumbuh Kembang si Kecil Optimal!

Menjadi seorang Bunda adalah anugerah yang luar biasa. Apalagi menjadi Bunda dari si Kecil yang tumbuh sehat dan pintar. Tumbuh kembang si Kecil yang optimal adalah prestasi yang sangat berharga.

 

Perasaan bahagia meliputi Bunda saat pertama kali mengetahui sedang mengandung si kecil. Saat itu juga Bunda ingin memastikan tumbuh kembang si Kecil optimal. Demi masa depannya yang cemerlang.

 

Tumbuh kembang bayi yang optimal memang bisa dibentuk sejak masih di dalam kandungan. Hal ini dimulai dari asupan nutrisi, aktivitas, dan pola hidup Bunda saat hamil. Asupan nutrisi yang cukup akan membuat tumbuh kembang janin baik. Sementara itu aktivitas dan pola hidup yang sehat juga berpengaruh besar terhadap pertumbuhan janin. Bahkan, perasaan Bunda pun penting dijaga agar terus merasa bahagia agar si Kecil pertumbuhannya positif.

 

Ketika masih di dalam kandungan, pertumbuhan bayi bisa jadi tidak terasa karena tidak bisa dilihat secara langsung. Namun, hal tersebut akan berubah saat si Kecil terlahir ke dunia. Bunda bisa langsung melihat milestone pertumbuhannya setiap hari. Berbagai tingkah laku, perubahan bentuk tubuh, hingga berbagai macam pertanyaannya menjadi cerminan pertumbuhan yang sehat. Membuat Bunda merasa bangga dan penuh cinta terhadap si Kecil.

 

Ciri-ciri anak tumbuh sehat

Tumbuh kembang anak berbeda-beda pada setiap individu, fase umur, dan lingkungannya. Ada bayi yang bisa berbicara terlebih dahulu sebelum bisa berjalan. Ada pula yang cenderung lebih aktif dan bisa berjalan, bahkan sebelum dirinya bisa mengucapkan kata “Bunda” atau “Ayah”. 

 

Meskipun begitu, ada, lho, indikator yang bisa Bunda jadikan acuan dalam memperhatikan tumbuh kembang anak. Hal ini untuk membaca aspek apa pada anak yang bertumbuh optimal dan aspek apa yang memerlukan dukungan lebih agar pertumbuhannya maksimal.

 

Ciri umum anak yang tumbuh sehat, di antaranya:

  • Pertambahan tinggi badan

Pertumbuhan fisik menjadi aspek yang bisa terlihat jelas pada tahap tumbuh kembang anak, terutama tinggi badan. Ahli kesehatan anak mengatakan tinggi badan anak bertambah cepat hingga usianya mencapai empat tahun.


Pada satu tahun pertama, rata-rata tinggi anak bertambah hingga 25 cm. Pada tahun kedua, tinggi badannya bertambah 13 cm dan tahun ketiga rata-rata bertambah 9 cm. Penelitian juga mengatakan setelah empat tahun hingga pubertas, anak akan mengalami pertambahan tinggi rata-rata 5 cm per tahunnya.

  • Perkembangan menanggapi interaksi

Kemampuan berpikir, berbicara, dan menanggapi juga menjadi salah satu aspek tumbuh kembang yang bisa dilihat progresnya sejak si Kecil masih bayi. Hingga umur tiga bulan, bayi memang masih memiliki keterbatasan berbicara, namun mereka sudah bisa memahami dan menanggapi interaksi yang dibangun Bunda.

 

Kemampuan ini akan semakin meningkat seiring dengan semakin kompleks otaknya berkembang. Sedikit-sedikit, si Kecil mempelajari cara berinteraksi orang di sekitarnya dan berusaha meniru. Inilah mengapa bayi suka ikut tertawa atau ikut berbicara saat melihat orang dewasa di sekitarnya melakukan hal tersebut. 

  • Selalu penasaran

Rasa penasaran bisa menjadi tolak ukur perkembangan kemampuan kognitif si Kecil. Saat bertanya, artinya anak memiliki rasa ingin tahu dan ingin mempelajari benda yang belum pernah dilihat atau dipegang sebelumnya.

 

Rasa penasaran terbentuk dari perkembangan kemampuan menanggapi yang dimiliki si Kecil. Saat anak merasa penasaran, artinya otaknya terstimulasi untuk mempelajari hal baru, berusaha memahami fungsinya, dan berupaya untuk beradaptasi sehingga Ia bisa memanfaatkan benda tersebut untuk hidupnya.

  • Perkembangan organ tubuh seperti kulit dan rambut yang sehat.

Terakhir, ciri fisik seperti kulit dan rambut yang sehat pun bisa menjadi cerminan bahwa anak bertumbuh dan berkembang secara optimal.

 

Kulit yang lembab, sehat, dan cerah mencerminkan tubuh sehat. Begitu pun rambut yang tumbuh lebat, hitam, dan berkilau. Artinya, si Kecil mendapatkan nutrisi yang baik dari dalam dan luar tubuhnya sehingga pertumbuhan tubuhnya optimal.

 

Yang harus Bunda lakukan agar tumbuh kembang si Kecil optimal

Saat si Kecil tumbuh sehat luar dan dalam, tentu Bunda akan sangat bahagia. Bunda, agar tumbuh kembang si Kecil optimal, yuk, memperhatikan hal berikut!

  • Memastikan asupan gizi hariannya selalu terpenuhi

Berikan asupan gizi yang baik melalui makanan dan minumannya setiap hari. Pastikan kecukupan nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak baik setiap harinya agar tubuhnya mendapatkan energi utama untuk bertumbuh dan berkembang. 

 

Selain itu, pastikan pula nutrisi mikronya tercukupi dengan baik. Asupan vitamin A, B, C, D, E, Kalsium, Kalium, Zat Besi dan berbagai nutrisi mikro lain yang baik didapatkan oleh tubuhnya. Beragam nutrisi makro dan mikro ini bisa terpenuhi melalui menu makan yang sehat setiap hari. Jangan lupakan asupan susu yang teratur setiap harinya, ya. Sesuai dengan semboyan Empat Sehat, Lima Sempurna!

  • Mengajaknya berinteraksi untuk membangun bonding sambil menstimulasi syaraf dan otak

Interaksi yang baik antara anak dan Bunda dapat mendukung tumbuh kembang yang optimal. Kegiatan seperti mengobrol, saling bertanya, bermain, belajar bersama, bercanda, hingga tertawa bisa menjadi stimulus yang baik untuk syaraf dan otak si Kecil.

 

Interaksi yang dilakukan juga bisa membangun bonding erat antara Bunda dan si Kecil.

 

Penelitian membuktikan, anak yang berinteraksi dan memiliki bonding erat dengan orang tuanya dapat tumbuh menjadi anak yang pintar.

  • Memberikan perawatan terbaik untuk kulit dan rambut yang sehat

Kulit dan rambut yang sehat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya. Saat kulit dan rambutnya sehat, pertumbuhan si Kecil akan lebih optimal karena tubuhnya juga sehat dan terlindung dari berbagai penyakit.

 

Rangkaian perawatan kulit dan rambut Cussons Baby bisa menjadi pilihan Bunda dalam merawat si Kecil. Dengan tiga kebaikan yang terdiri dari Formula Lembut, Teknologi Moodscent™ yang dapat menstimulasi mood positifnya, dan sentuhan Bunda dapat mendukung tumbuh kembang kecil yang optimal melalui kulit dan rambut yang sehat..

  • Memberikan apresiasi atas semua milestone pertumbuhanya untuk mendukung tumbuh kembang psikologi yang positif

Setiap tahap pertumbuhan si Kecil adalah milestone bagi Bunda dan si Kecil. Untuk itu, apresiasilah setiap momen pertumbuhannya lewat pujian dan ungkapan cinta kasih. Karena, setiap langkah si Kecil merupakan ungkapan cintanya untuk Bunda yang telah merawatnya sejak masih di dalam kandungan hingga besar nanti.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: