Rahasia Tumbuh Kembang si Kecil: Keajaiban Cinta Ayah dan Bunda - Cussons Baby Indonesia

Rahasia Tumbuh Kembang si Kecil: Keajaiban Cinta Ayah dan Bunda

Anak selalu memiliki cara yang unik saat mengungkapkan perasaannya. Salah satunya rasa cinta. Tiap ungkapan cinta si Kecil untuk Bunda juga merupakan bagian dari milestone tumbuh kembangnya, lho.

 

Cinta adalah perasaan yang luar biasa. Perasaan cinta bisa membuat diri merasa percaya, aman, dan nyaman. Sehingga hati tidak memiliki kekhawatiran terhadap hal-hal yang ada di sekitar.

Hal ini juga yang dirasakan si Kecil terhadap Bunda. Rasa cinta yang Bunda berikan memberikan rasa percaya, aman, dan nyaman terhadap mereka. Sehingga, si Kecil tidak merasakan kekhawatiran dan berbagai hal buruk saat bertumbuh dan berkembang.

Tahukah Bunda, perasaan positif yang dirasakan si Kecil sangat penting untuk tumbuh kembangnya, lho. Anak yang tumbuh dengan perasaan positif cenderung lebih aktif, cerdas, dan tidak takut bereksplorasi untuk proses belajarnya.

 

Tumbuhkan Rasa Cinta Lewat Bonding yang Kuat

Perasaan cinta antara Bunda dan Si Kecil terbangun sejak anak berbentuk janin. Saat Bunda mengetahui kehadiran si Kecil, koneksi akan muncul untuk pertama kali. Koneksi atau hubungan ini semakin erat seiring tumbuh kembang janin. Apalagi, si Kecil juga dapat merasakan semua yang Bunda rasakan; rasa sedih, senang, bahagia, bahkan khawatir.

Koneksi ini bisa juga disebut bonding. Yaitu, saling merasa terikat dan bisa merasakan perasaan satu sama lain. Termasuk rasa cinta. Rasa cinta yang kuat antara Bunda dan si Kecil sangat dipengaruhi oleh eratnya bonding antara keduanya. Saat ikatan atau bonding itu kuat, maka rasa cinta akan semakin besar.

Bonding, antara Bunda dan si Kecil memang terbentuk secara alami karena proses mengandung selama kurang lebih sembilan bulan yang Bunda lewati. Namun, bonding ini juga bisa berubah saat si Kecil dilahirkan. Karena, bonding pun bertumbuh dan berkembang seiring dengan cara Bunda merawat si Kecil.

Untuk itu, perlu diperhatikan agar Bunda terus membangun Bonding yang kuat dengan si Kecil agar rasa cinta yang tumbuh akan semakin besar setiap harinya. Ada banyak cara, di antaranya:

 

  1. Mendampingi tumbuh kembang si Kecil secara intensif lewat interaksi lisan dan pelukan
  2. Bermain dengan si Kecil dan menjadi bagian dari proses belajarnya setiap hari
  3. Selalu mengajak si Kecil mengobrol dan mengetahui apa yang dirasakannya
  4. Mengungkapkan rasa cinta Bunda secara jelas di setiap kesempatan.

 

Cara Anak Mengungkapkan Rasa Cintanya

Anak selalu memiliki cara yang unik untuk mengungkapkan perasaanya. Apalagi jika mereka masih di bawah satu tahun. Keterbatasan gerak motorik dan berbicara membuat mereka lebih sering mengungkapkan perasaanya lewat aksi.

Sebut saja saat anak tertawa, artinya mereka bahagia. Pun saat mereka menangis, artinya sedang sedih atau merasa tidak nyaman.

Sama halnya saat mereka mengungkapkan cinta. Mereka akan melakukan berbagai hal agar perasaanya tersampaikan dan Bunda bisa merasakan kasih sayang juga dari si Kecil.

Cara anak mengungkapkan rasa cintanya juga bagian dari milestone tumbuh kembangnya, lho. Saat mereka masih bayi, anak biasanya mengungkapkan cinta lewat memberikan pelukan dan ciuman. Beberapa bayi bahkan secara sengaja mengelus pipi orang tuanya dengan lembut sebagai ungkapan rasa cinta dan terima kasih telah merawat mereka.

Seiring dengan pertumbuhannya, cara mereka mengungkapkan akan semakin kompleks. Saat sudah mulai bisa berbicara, si Kecil tidak akan ragu mengatakan, “aku sayaaang sekali dengan Bunda” saat mengobrol atau bermain. Tidak jarang juga mereka akan mengungkapkan perasaan sayang tersebut lewat orang lain seperti Ayah atau kerabat dekatnya.

Cara lain yang bisa mereka lakukan adalah memberikan sesuatu. Misalnya, menyuapi makanan, memberikan mainan yang sedang dimainkan, hingga berusaha mendapatkan benda untuk diberikan seperti memetik bunga. Oh iya, saat anak sedang bermanja-manja dengan Bunda bisa juga merupakan cara mereka untuk mengungkap cintanya, lho.

Berbagai hal yang si Kecil lakukan untuk mengungkapkan cintanya memang sederhana, sesuai dengan kemampuan dan kebisaan mereka. Karenanya, Bunda kerap menemukan tingkah lucu dan manisnya saat mendampingi mereka dan merasakan langsung ungkapan cinta si Kecil untuk Bunda.

Yuk, abadikan cinta si Kecil untuk Bunda lewat Cussons Bintang Kecil 2022! Upload foto berupa momen paling membahagiakan saat si Kecil mengungkapkan cinta dan kasihnya untuk Bunda dan dapatkan hadiah hingga Rp 1 Milyar. Cek lebih lanjut di laman Cussons Bintang Kecil 2022, ya! https://cussonsbaby.supermomscommunity.com/cbk2022.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: