Pentingnya Mencatat Perkembangan Bayi Baru Lahir Sejak Hari Pertama, Yuk, Jadi Ayah dan Bunda Super! - Cussons Baby Indonesia

Pentingnya Mencatat Perkembangan Bayi Baru Lahir Sejak Hari Pertama, Yuk, Jadi Ayah dan Bunda Super!

Tumbuh kembang bayi adalah keajaiban. Setiap harinya, ada saja kemampuan baru yang dikuasai. Agar pertumbuhannya semakin optimal, yuk, mulai mencatat milestone si Kecil!

 

Mengamati pertumbuhan bayi sejak baru lahir adalah menyaksikan keajaiban bagaimana Ia bertumbuh. Saat baru lahir, Bunda menyaksikan si Kecil yang lebih banyak tertidur. Bayi juga cenderung pasif saat diajak berinteraksi. Namun, Bunda tahu bahwa tatapan matanya yang fokus pada wajah Bunda saat berbicara adalah bentuk perhatian dan belajarnya di awal kehidupan.

Seiring berjalannya waktu, tubuh bayi akan berkembang. Caranya memahami kondisi sekitar pun semakin kompleks. Hal ini didukung dengan semakin aktifnya lima aspek pertumbuhan dalam menerima stimulus. Kelima aspek pertumbuhan tersebut adalah:

  1. Kemampuan sosial dan emosional
  2. Kemampuan motorik
  3. Kemampuan sensorik
  4. Kemampuan bicara dan bahasa, dan
  5. Kemampuan kognitif.

 

Kelima aspek pertumbuhan ini berkembang dengan waktu yang berbeda-beda. Berbeda juga pertumbuhan anak dalam menguasai kemampuan aspek tertentu. Karenanya, perlu perhatian khusus agar Bunda memahami pola tumbuh kembang anak supaya Bunda mengetahui apa saja aspek yang menonjol pada anak, sehingga bisa mendukung masa depannya. Selain itu, Bunda juga akan mengetahui lebih cepat jika si Kecil membutuhkan bantuan untuk mengembangkan aspek tertentu dalam proses tumbuh kembangnya.

Ada banyak cara, lho, dalam memperhatikan tumbuh kembang si Kecil. Beberapa ahli menyarankan untuk membuat catatan jurnal harian mengenai milestone si Kecil setiap hari. Misalnya, hari ini tanggal 1 November 2022, Si Kecil berumur 60 hari dan sudah bisa menanggapi pembicaraan Bunda dengan gumaman. Selanjutnya, hari ini tanggal 2 November 2022, si Kecil berusia 61 hari sudah bisa menggenggam mainannya dengan erat.

Di Indonesia, jurnal tumbuh kembang anak disediakan oleh Kementerian Kesehatan melalui buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Dalam buku ini, Posyandu secara berkala mencatat proses tumbuh kembang si Kecil berdasarkan pengamatan Bunda. Selain tumbuh kembang, monitoring kesehatan bayi juga ada di dalam buku ini, sehingga Bunda bisa mengetahui secara penuh tumbuh kembang bayi pada periode emasnya.

 

Manfaat Mencatat Tumbuh Kembang Bayi

Mencatat tumbuh kembang bayi tidak hanya membicarakan kemampuan apa yang sudah bisa dilakukan oleh si Kecil. Tapi, juga bisa memonitor tumbuh kembang yang sehat. Sejumlah ahli menyebutkan bahwa mencatat tumbuh kembang bayi bermanfaat untuk:

  1. Mengetahui pertumbuhan bayi sesuai life stage-nya,
  2. Memudahkan Ayah dan Bunda mengetahui kebutuhan si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal,
  3. Ayah dan Bunda akan lebih cepat tanggap jika ada masalah pertumbuhan yang dihadapi si Kecil,
  4. Mengapresiasi Bunda dalam merawat si Kecil.


Selain itu, mencatat pertumbuhan si Kecil juga bermanfaat baik untuk psikologi Ayah dan Bunda. Memperhatikan dan mencatat milestone si Kecil bisa membangun bonding yang erat antara Bunda, Ayah, dan Si Kecil. Rasa sayang dan peduli akan kebaikan tumbuh kembang si Kecil bisa menumbuhkan rasa cinta yang semakin erat antara orang tua dan bayi. Rasa cinta kepada si Kecil menumbuhkan perasaan agar Ayah dan Bunda bisa terus memberikan perawatan terbaik untuknya.

 

Memastikan tumbuh kembang optimal yang optimal

Agar tumbuh kembangnya semakin optimal, mencatat milestone pertumbuhannya saja tidak cukup. Ayah dan Bunda juga perlu mendukung dengan memberikan perawatan terbaik untuk si Kecil.

Hal ini bisa dimulai dari perawatan kulitnya agar selalu sehat. Ingat, kulit merupakan barrier pertama dalam menentukan kesehatan si Kecil, lho.

Berikan perawatan kulit bersama Cussons Baby Newborn Series. Mulai dari Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash , Cussons Baby Newborn Lotion, dan Cussons Baby Newborn Cream. Formula pure water, organic olive oil, dan natural chamomile yang sudah teruji hypoallergenic. Sangat baik untuk kulit bayi baru lahir, sehingga membuat kulit bayi lebih sehat dan lembab. Jaminan teruji dermatologi dan pH Balance menjadikan rangkaian perawatan kulit bayi ini yang terbaik untuk si Kecil yang siap bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: