Nutrisi Makanan Yang Baik Dalam Mempersiapkan Kehamilan - Cussons Baby Indonesia

Nutrisi Makanan Yang Baik Dalam Mempersiapkan Kehamilan

Setujukah Bunda, bahwa kehamilan adalah suatu masa yang sangat dinantikan oleh seorang perempuan? Perlu persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, agar proses kehamilan berjalan lancar dan berakhir dengan persalinan normal disusul hadirnya seorang buah hati yang sehat dan yang dinanti-nantikan. Untuk itu artikel Nutrisi makanan yang baik untuk bunda akan kita bahas di sini.

Dua hal yang sangat perlu diperhatikan sebelum merencanakan kehamilan adalah faktor nutrisi dan kebugaran. Banyak orang menganggap bahwa pemenuhan nutrisi yang baik diawali sejak perempuan diketahui dalam kondisi hamil. Padahal, pemenuhan nutrisi sebaiknya dipersiapkan oleh seorang perempuan sebelum memasuki masa kehamilan, lho.

Beberapa hal yang umum ditanyakan mengenai pemenuhan nutrisi dalam persiapan kehamilan:

“Berapa kira-kira nutrisi yang harus saya konsumsi? dan apakah suplemen dibutuhkan juga?”

Solusi: Begitu mempersiapkan diri untuk hamil, maka sedapat mungkin, mulailah untuk  mencari Nutrisi makanan yang baik dan yang lebih sehat, serta dengan diet makanan yang seimbang. Untuk persiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum konsepsi (pembuahan terjadi) adalah saat yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat.

“Makanan apa saja yang perlu dimakan setiap hari untuk mempersiapkan kehamilan?”

Solusi: Tidak ada makanan khusus, yang pasti makanan seimbang karena dapat memberikan gizi yang baik bagi calon bayi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan zat gizi yang 3B (Bergizi, Beraneka ragam dan seimbang) dan hindari konsumsi alkohol dan rokok.

Saya senang minum kopi nih setiap sore, kira-kira boleh ngga kalau tetap minum kopi dalam keadaan hamil?”

Solusi: Penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran walaupun penelitian secara lanjut belum dipastikan, tetapi sangat beralasan untuk menghentikannya atau menguranginya. Kafein dapat didapatkan pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu  atau sakit kepala, jadi sebaiknya baca label sebelum menggunakannya.

“Saya sedang program hamil sama suami. Kira-kira makanan apa aja yang baik untuk di makan? Katanya kalo toge itu bisa mendukung juga?”

Solusi: Cukupi zat seng. Bagi calon Bunda, zat seng membantu produksi materi generatik ketika pembuahan terjadi. Bagi calon Ayah, melancarkan pembentukan sperma, makanlah kerang, daging telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

“Apa manfaat dari vitamin A dan Vitamin E pada saat hamil? Dan terdapat pada makanan apa saja ke 2 vitamin ini?”

Solusi: Jika kurang mengkonsumsi vitamin A dan E, hal ini dapat membuat pembentukan sperma ayah terhambat. Oleh karena itu di anjukan untuk mengkonsumsi hati, sayuran, buah warna merah (vitamin A), tauge (vitamin E).

“Temen saya ngidam es jeruk, sekarang lagi hamil nih. Kalau minum es jeruk terus-terusan ngaruh ke janin nggak ya?”

Solusi: Pilihan jenis karbohidrat paling baik adalah karbohidrat kompleks. Karena lebih banyak mengandung serat dan tidak menaikkan gula darah atau insulin dengan cepat pula.Wanita yang mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti roti putih, gula pasir berlebih (termasuk dalam minuman kemasan), 80 % nya memiliki masalah infertilitas. Jadi, bukan kuantitas, melainkan kualitas karbohidrat.

“Kakakku lagi hamil tapi memang dari kecil nggak suka makan buah. Nutrisi apa yg bisa menggantikan ya?”

Solusi: Konsumsi Sayur dan Buah lebih banyak. Sayur dan buah merupakan sumber antioksidan yang paling baik. Salah satu jenis antioksidan yang mempengaruhi kesuburan adalah lipoic acid. Zat ini banyak ditemukan di bayam, brokoli dan kentang. Zat ini terbukti melindungi organ wanita, bahkan bisa meningkatkan kualitas sperma dan pergerakan sperma.

Semoga tips nya berguna ya, Bunda.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: