Merasakan Perkembangan Si Kecil Dalam Kandungan di Bulan Ke Tujuh

Perkembangan janin usia 7 bulan akan Bunda rasakan semakin sering pergerakaanya. Bunda tidak perlu khawatir karena hal tersebut wajar dan menunjukan bahwa si kecil sehat dan aktif. Hal ini juga terkadang dipengaruhi oleh kondisi berat badan yang juga secara signifikan bertambah.

Hal ini tentu sangat normal dan dialami oleh setiap bunda. Perubahan bentuk tubuh juga akan Bunda rasakan. Namun, tak perlu khawatir ya, Bun. Tetap jaga pola makan, istirahat dan olahraga teratur agar tubuh Bunda tetap fit dan Bunda tetap bersemangat menanti kedatangan si kecil!

Baca Juga : Merasakan Perkembangan Buah Hati di Bulan Ke Enam

Masa Perkembangan Buah Hati Bulan ke Tujuh Masa Kehamilan

Pada perkembangan kehamilan Bunda di tahap ini, Bunda akan lebih sering merasakan pergerakan si kecil di dalam perut Bunda. Menyenangkan sekali ya, Bun! Si kecil mulai dapat membuka dan menutup matanya, ia juga terkadang menelan cairan plasenta yang menyebabkannya cegukan, juga senang menghisap jempolnya ketika ia tertidur. Bentuk tubuhnya pun semakin jelas dan kulitnya mulai mengencang dan tidak lagi keriput. Ketika sebagian si kecil rambutnya mulai tumbuh, mungkin ada si kecil lain yang belum mengalaminya, ini adalah hal yang wajar. 

Di sisi lain, otak dan sistem imun si kecil kini berkembang lebih cepat dari biasanya dan pada minggu ke-32, kepala si kecil mungkin sudah mengarah ke posisi bawah—situasi ini disebut cephalic presentation. Bila belum, si kecil masih memiliki waktu kok untuk mempersiapkan dirinya berubah posisi mengarah ke bawah rahim Bunda, jadi jangan khawatir ya, Bun.

Pada usia kehamilan ini juga, berat janin mencapai 900-1800 gram. Tubuh si Kecil sudah mulai kompleks dengan pembentukan otot dan sudah bisa menyimpan lemak sebagai cadangan energi. Sementara itu, panjang badannya juga mencapai 36 sentimeter yang artinya pertumbuhan tubuhnya semakin sempurna.

Selain tubuh, fungsi panca indera janin juga mulai bekerja aktif pada usia kandungan tujuh bulan. Ia mulai bisa mendengar jelas. Hal ini dibuktikan dengan adanya respons seperti tendangan saat Ayah dan Bunda menyapanya.

Baca Juga : Perkembangan Bayi 9 Bulan: Buah Hati Mulai Mengerti Dunia

Yang Bunda Rasakan Bulan ke Tujuh Masa Kehamilan

Bunda mungkin akan merasa kelelahan karena sulit tidur di malam hari pada fase kehamilan saat ini. ‘Bundelan’ perut Bunda yang semakin membesar seringkali membuat Bunda kesulitan mendapat posisi yang pas untuk beristirahat. Bunda juga mungkin merasa perlu ke kamar kecil beberapa kali karena posisi kepala si kecil yang beberapa kali menekan saluran kemih Bunda. Minumlah sedikit air agar istirahat Bunda tidak terganggu di malam hari. Selain itu juga, kali ini Bunda mungkin akan merasa kram di daerah paha sampai ke telapak kaki yang terjadi beberapa kali dalam seminggu. Ini semua tidak akan menjadi masalah besar mengingat si kecil yang akan segera lahir! Tetap semangat ya, Bun. Lihat disini untuk panduan kehamilan bulan kedelapan

Bunda Tahu, Tidak?

Pada minggu ke-32, Bunda akan merasakan tubuh Bunda jadi lebih kencang pada daerah saluran uterus Bunda. Apa yang sedang Bunda rasakan ini dinamakan “Kontraksi Palsu”. Bunda akan tahu bahwa ini bukanlah kontraksi yang sesungguhnya saat kontraksi tersebut mereda dan berhenti ketika Bunda mengubah posisi tidur Bunda.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ayah, yuk bantu pasangan untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman dengan membantu mengatur posisi bantal sebanyak yang Bunda inginkan, bahkan mengusap punggung Bunda bila itu dapat membantu.

Itulah penjelasan tentang bulan ke tujuh masa kehamilan yang perlu Bunda ketahui. Semoga bermanfaat

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!