Mengenal Psoriasis, Kondisi Kulit Bayi yang Bisa Dicegah dengan Skincare - Cussons Baby Indonesia

Mengenal Psoriasis, Kondisi Kulit Bayi yang Bisa Dicegah dengan Skincare

Kulit bayi yang masih sangat sensitif lebih rentan terhadap alergi dan penyakit kulit. Salah satunya psoriasis. Bunda harus ekstra atentif dalam merawat kulit bayi sejak baru dilahirkan karena skin care bayi sejak dini terbukti mengurangi risiko kambuhnya psoriasis pada bayi.

 

Bayi lahir dengan kondisi kulit yang beragam, sebagian besar terlihat sehat. Padahal bisa jadi bayi memiliki potensi alergi atau penyakit kulit bawaan. Bunda harus ekstra atentif dalam merawat kulit bayi agar gejala alergi dan penyakit kulit bisa dicegah.


Seperti psoriasis. Wah, apa, itu?

 

Kalau Bunda melihat adanya sisik putih pada kulit bayi, penebalan kulit, lapisan teratas kulit bayi mudah mengelupas, dan adanya indikasi gatal pada kulit bayi, bisa jadi si Kecil mengalami psoriasis. Kondisi di atas merupakan gejala umum psoriasis.

Psoriasis adalah kondisi abnormal pada kulit yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Terjadinya peradangan pada kulit menyebabkan kulit menebal, menimbulkan sisik, dan menyebabkan gatal. Beberapa jurnal kesehatan kulit menyebutkan psoriasis sebagai reaksi imun terhadap penyakit, bakteri, atau virus yang bisa menyerang tubuh. Meskipun begitu, psoriasis tetap harus ditangani, bahkan dicegah agar tidak menimbulkan penyakit kulit yang lebih parah.

 

Pada kulit yang normal, proses pergantian kulit akan berlangsung dalam jangka waktu lama, hingga satu bulan. Pada kulit psoriasis, proses pergantian kulit ini bisa terjadi lebih cepat, hanya beberapa hari saja yang menyebabkan kulit menebal. Biasanya, psoriasis terjadi di area-area kulit lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala. Area ini memang jauh lebih sensitif dibandingkan dengan kulit di area tubuh lain. 

 

Psoriasis disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling utama adalah genetik. Psoriasis pada bayi biasanya dipicu oleh kontak langsung dengan bunda yang menyusui ketika putingnya mengalami peradangan. Pemicu lain seperti gesekan popok bayi juga menjadi penyebab terbesar.

Karenanya, psoriasis pada bayi kerap disalahpahami sebagai ruam karena gejalanya hampir mirip. Yang membedakan adalah psoriasis berbentuk seperti bercak putih di atas kulit yang memerah. Jika melihat gejala ini Bunda harus menanganinya dengan segera.

 

Mencegah Psoriasis Pada Bayi dengan Skincare Intensif

 

Secara medis, ahli kulit dunia melalui berbagai penelitian mengatakan bahwa psoriasis tidak bisa disembuhkan, namun tentu bisa diobati saat kambuh dan dicegah agar tidak kembali kambuh. Cara mencegahnya pun mudah, yaitu dimulai dari perawatan kulit yang baik di rumah sejak kecil.

 

1. Menggunakan sabun mandi yang lembut

 

Kulit bayi membutuhkan perawatan yang lembut, sehingga tidak membuat kulitnya kering dan meminimalisir gesekan yang membuat iritasi kulit. Kulit psoriasis membutuhkan perawatan yang bisa menenangkan kondisi kulitnya. Salah satunya lewat mandi yang melembutkan kulit.

Menggunakan sabun mandi yang lembut bisa menenangkan kulit bayi. Cussons Baby Mild & Gentle Hair and Body Wash bisa menjadi pilihan. Sabun dengan 3 Kebaikan melalui formula lembut dari Natural Organic Oat dan Vitamin B5 yang menutrisi sekaligus melembutkan kulit. Diperkaya dengan madu dan chamomile bisa menenangkan kulit bayi saat ruam, salah satunya akibat psoriasis. Formulanya yang lembut juga mencegah kulit bayi iritasi yang mencegah psoriasis kambuh.

 

2. Memberikan perawatan kulit habis mandi yang melembabkan

Psoriasis juga dapat dicegah dengan menjaga kelembaban kulit bayi. Gunakan rangkaian kulit bayi habis mandi yang melembabkan dan menutrisi kulit. Mulai dari baby cream dan baby lotion. Cussons Baby Cream dan Cussons Baby Lotion dengan formula susu dan chamomile yang memberikan kelembaban maksimal pada kulit bayi dan membuat kulit lebih tenang..

 

3. Menutrisi kulit bayi dengan baik

 

Agar kulit bayi senantiasa sehat, pastikan juga asupan makanan  yang mengandung gizi, vitamin dan mineral. Makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau sangat baik untuk kulit bayi. Air kelapa dan buah seperti jeruk, bengkoang, dan tomat juga sangat baik untuk kulit bayi. Penuhi kebutuhan Vitamin B dan E untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Kulit bayi yang sehat mencegah kambuhnya psoriasis.

 

4. Memeriksakan kulit bayi ke dokter ahli

 

Selain memastikan perawatan dan nutrisi, pastikan juga kesehatan kulit bayi dengan memeriksakannya secara rutin ke dokter. Terutama, ketika mulai terlihat gejala awal pada kulit bayi. Seperti ruam atau kulit yang kering bersisik.

Bunda, psoriasis memang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dicegah kambuhnya juga ditenangkan dengan perawatan kulit yang baik. Pastikan si Kecil mendapatkan perawatan kulit yang lembut agar senantiasa sehat.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: