Masalah Kulit Pada Ibu Hamil - Cussons Baby Indonesia

Masalah Kulit Pada Ibu Hamil

Ketika hamil terjadi beberapa perubahan pada kulit. Perubahan kulit fisiologis antara lain strech mark, selulit, linea nigra (garis berwarna gelap disekitar perut) hingga gatal-gatal dan beberapa perubahan kulit lainnya. Banyak bunda yang ingin tahu dan bertanya mengenai strech mark.

Strech mark adalah tanda parut atau gurat-gurat putih yang muncul pada permukaan kulit pada usia kehamilan 4 atau 5 bulan dimana warnanya bisa kemerahan ataupun keputihan. guratan yang berwarna keputihan ini tidak dapat disembuhkan, hanya dapat disamarkan dengan produkperawatan kulit khusus strech mark.

Faktor penyebabnya karena hormon kehamilan dan pertumbuhan janin dalam perut yang semakin membesar sehingga terjadi peregangan kulit yang cepat. Masalah kulit lainnya yang terjadi saat kehamilan adalah munculnya garis berwarna gelap disekitar perut yang diakibatkan hormon kehamilan yang meningkatkan produksi melanin. Tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena semakin lama pasti akan semakin memudar.  Jerawat juga bisa muncul pada kehamilan dikarenakan tingkat hormon estrogen yang berubah. Untuk pengobatannya dapat diberikan antibiotik topikal yang aman bagi ibu hamil. Ibu hamil juga masih bisa menggunakan cream-cream perawatan wajah, selama dipastikan tidak mengandung zat atau bahan yang berbahaya untuk ibu hamil yaitu yang tidak mengandung asam retinoid. Untuk lebih yakin bisa ditanyakanke dokter spesialis kulit terdekat.

Untuk bekas kehitaman yang terjadi akibat gigitan nyamuk bisa diberikan beberapa lightening cream untuk memudarkan atau menghilangkan bekas kehitaman tersebut.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: