Lebih Pilih Main! Yuk, Bikin si Kecil Mudah Disuruh Mandi - Cussons Baby Indonesia

Lebih Pilih Main! Yuk, Bikin si Kecil Mudah Disuruh Mandi

Bermain adalah proses eksplorasi dan belajar paling menyenangkan untuk si Kecil. Tidak jarang membuat mereka mengabaikan kebutuhannya, seperti makan dan mandi. Kalau sudah begini, Bunda harus putar otak agar mereka mau mandi!

Saat mendengar kata bermain, si kecil pasti excited. Bermain memang merupakan cara belajar paling menyenangkan. Para ahli anak setuju bahwa main adalah salah satu proses tumbuh kembang paling baik untuk anak. 

Saat bermain, si Kecil menerima berbagai stimulasi untuk tumbuh kembangnya. Mulai dari stimulasi otak melalui lima panca indera, hingga stimulasi emosi melalui interaksi yang terjadi saat bermain.

Hal ini membuat main sangatlah penting untuk si Kecil. Sejumlah penelitian mengatakan,. aAnak yang melakukan berbagai jenis permainan memiliki kualitas tumbuh kembang lebih baik. Bermain dapat melatih anak untuk menjadi pemimpin, mempelajari decision making, serta membangun empati terhadap sesamanya.

Tidak hanya itu, saat bermain anak juga akan menyentuh, melihat, mendengar, merasakan, hingga mencium berbagai bau dari banyak hal di sekitarnya. Stimulasi-stimulasi ini mengaktifkan neuron-neuron syaraf pada otak yang melatih kemampuan berpikir tanggap sekaligus memperkuat kemampuan kongnitif anak.

Di sisi lain, bermain merupakan distraksi yang baik untuk anak. Sifatnya yang seru dan tidak ada habisnya membuat si Kecil ketagihan. Karenanya, jika sudah bermain anak bisa fokus pada satu permainan dalam waktu lama. Kalau sudah begini, Bunda harus siap-siap menghadapi anak yang enggan memenuhi kebutuhannya.

 

Makan tidak mau. Diminta mandi, pun akan menolak.

 

Jangan paksa anak untuk mandi

Padahal, mandi bisa membuat tubuhnya segar, ya? Tapi, mengapa anak menolak mandi kalau sudah bermain?

Seperti penjelasan di atas, main merupakan distraksi kuat yang bisa membuat anak fokus pada jangka waktu panjang. Bermain sangatlah seru, anak cenderung tidak ingin kehilangan momen dan perasaan tersebut. Sehingga, mereka tidak ingin meninggalkan permainannya apapun kondisinya.

Tapi, Bunda tahu yang terbaik, ya. Si Kecil harus tetap melakukan kewajiban dan kebutuhannya tepat waktu, seperti mandi. Tujuannya tidak hanya alasan kesehatan, tapi juga membangun nilai disiplin pada diri mereka.

Meskipun begitu, Bunda tidak boleh memaksa anak, ya. Paksaan bisa diartikan sebagai bentuk ketidakpedulian yang bisa berpengaruh buruk untuk hubungan orang tua dan anak.

Artinya, Bunda harus menyiasati agar si Kecil bisa melepas fokusnya terhadap permainan yang sedang dimainkan. Bagaimana, ya caranya?

 

  • Pastikan suasana mandinya selalu menyenangkan

 

Suasana mandi menjadi hal penting untuk si Kecil. Agar menyenangkan, bentuklah suasana mandi yang ceria dan penuh interaksi. Suasana mandi bisa dibentuk dari kamar mandi yang terang, peralatan mandi yang membuat si Kecil nyaman, serta interaksi yang dibangun oleh Bunda saat memandikan anak.

 

  • Pancing dengan mainan lain untuk menemaninya mandi

 

Mainan bisa mendistraksi anak dari hal-hal wajib dan kebutuhannya, tapi juga bisa menjadi alat untuk memancing daya tarik mereka, lho. Misalnya untuk mengajaknya mandi. 

 

Ajaklah si Kecil mandi dengan menawarkan mainan yang akan menemaninya membersihkan badan. Hal baru seperti mainan bisa membuat fokusnya berpindah, apalagi jika anak menganggap mainan tersebut lebih menarik. So, Bunda harus terus kreatif untuk memilih mainan apa yang kira-kira bisa memancing perhatian si Kecil, ya!

 

  • Gunakan sabun mandi yang baik dan disukai anak

 

Selain suasana dan mainan, peralatan mandi juga bisa menjadi daya tarik agar si kecil mau mandi. Apalagi jika si Kecil sudah menaruh perhatian khusus terhadap sabun dan produk mandinya. 

Hal ini bisa dibangun dari membiasakan anak menggunakan satu produk yang membuatnya hepi saat mandi.

Cussons Baby MIlk Bath Fresh & Nourish dengan 3 Kebaikan membuat si Kecil nyaman dan segar saat mandi. Formula lembut dengan ekstrak blueberry yang kaya antioksidan, vVitamin A, dan C yang baik untuk kesehatan kulit. Ditambah dengan Yoghurt dan Vitamin E membuat sabun ini tidak hanya nyaman, tapi melembutkan dan memberikan nutrisi ekstra untuk kesehatan kulit bayi.

Wangi Berries dengan teknologi Moodscent™ yang dikembangkan oleh Cussons Baby membuat perasaan si Kecil segar dan cerita saat dan setelah mandi. Sehingga, mandinya menyenangkan. Membentuk memori baik saat mandi yang bikin si Kecil bebas rewel.

Ditambah dengan sentuhan lembut dari pijatan Bunda yang menstimulasi otaknya saat memandikan, pengalaman mandi si Kecil pun optimal. Sangat baik untuk tumbuh kembangnya.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: