Infografik Cussons Baby : Motherhood Tips

Yuk, Perhatikan Do and Don’t Saat Hamil agar Bunda dan si Kecil Selalu Sehat

Kehamilan menjadi waktu yang sangat berharga bagi Ayah dan Bunda. Momentum penantian si Kecil selalu ditunggu setiap hari. Bunda dan Ayah juga terus memperhatikan perkembangan si Kecil dan berusaha memberikan yang terbaik untuknya.

Proses kehamilan sendiri merupakan proses yang luar biasa. Di masa ini, terjadi perubahan sel pada calon Bunda. Tidak heran jika Bunda akan merasakan efeknya. Mulai dari perubahan bentuk tubuh hingga mood Bunda.

Menurut dr. Achmad Mediana, SpOG, Obstetricians & Gynecologist Expert, perubahan ini sangat lumrah terjadi. Hal ini diakibatkan adaptasi tubuh Bunda dengan hadirnya jabang bayi di dalam tubuh.

Untuk itu, diperlukan juga adaptasi dari diri Bunda. Yuk, simak do and don’t yang perlu Bunda perhatikan di masa kehamilan agar Bunda dan si Kecil selalu sehat dan bahagia.


Apa yang harus Bunda lakukan di masa kehamilan?

Pertama, Bunda harus menciptakan niat hati yang baik ketika hamil. Hal ini bertujuan agar Bunda selalu dalam kondisi mental positif yang tidak hanya bermanfaat untuk Bunda, tapi juga si Kecil di dalam perut.

Kedua, Bunda juga harus menyiapkan jasmani dan rohani yang baik. Kehamilan adalah proses yang luar biasa untuk tubuh Bunda. Sehingga, dibutuhkan tubuh dan jiwa yang sehat.

Ketiga, mulailah berolahraga teratur. Olahraga terbukti dapat meningkatkan hormon-hormon yang baik untuk jiwa dan raga Bunda. Di antaranya endorfin, dopamin, triptofan, dan serotonin. Selain membuat bahagia, olahraga juga bisa meningkatkan kualitas imun Bunda. Sehingga, masa kehamilan dijalani lebih sehat dan bahagia.

Keempat, tentu saja Bunda harus cukup istirahat. Ketika beristirahat, tubuh akan lebih mudah menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Tidak hanya itu, tubuh juga akan melakukan rangkaian perbaikan. Istirahat yang cukup tentu membuat kondisi tubuh Bunda akan menjadi lebih baik di masa kehamilan.

Kelima, tidak hanya dari dalam diri Bunda, kondisi kehamilan juga sangat dipengaruhi oleh kondisi sekitar. Seperti lingkungan keluarga. Ibu hamil sangat membutuhkan dukungan yang sehat dari orang-orang terdekatnya.

Keenam, Bunda harus tetap happy apapun kegiatannya! Benar! Kebahagiaan saat masa kehamilan adalah hal yang penting untuk memastikan kondisi terbaik pada bunda dan bayi yang dikandungnya. Untuk itu, Bunda harus memastikan agar dirinya selalu happy.

 

Lalu, apa yang tidak boleh dilakukan saat hamil?

 

Ada do, tentu juga ada don’t atau hal-hal yang tidak boleh Bunda lakukan selama kehamilan.

Tujuannya adalah agar Bunda dan si Kecil di dalam kandungan tetap dalam kondisi baik dan sehat. Jadi, yuk disimak tips di infografik ini, ya, Bunda!
Hindari rokok, minum kopi, dan alkohol
Hal ini tentu berhubungan dengan zat-zat di dalam rokok, kopi, dan alkohol yang bisa membahayakan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

 

1. Bunda juga sebaiknya tidak menjadi perokok pasif ketika sedang mengandung.

Usahakan untuk menyingkir jika ada asap rokok. Hal ini juga harus diperhatikan oleh orang-orang di sekitar Bunda, termasuk Ayah dan anggota keluarga lain agar menciptakan lingkungan yang sehat untuk perkembangan si Kecil.


2. Tidak mengonsumsi makanan mentah, setengah matang, atau hangus.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan yang tidak dimasak sempurna atau matang masih mengandung bakteri. Terutama untuk kategori daging seperti ayam, daging merah, dan ikan.

Sementara itu, makanan hangus pun tidak disarankan untuk dikonsumsi. Hal ini karena sudah terjadi perubahan zat di dalam makanan yang menyebabkan gizi menghilang sehingga tubuh Bunda tidak akan mendapatkan nutrisi yang diharapkan, begitupun dengan si Kecil di kandungan.


3. Mengurangi makanan instan, pengawet, penyedap, pewarna, soda, dan rasa yang ekstrim.

Masih seputar makanan dan minuman, Bunda benar-benar harus menjaga asupan konsumsi ketika hamil.

Makanan instan, misalnya, sebaiknya dihindari karena zat pengawet yang dikandungnya. Begitupun dengan penyedap dan pewarna yang memiliki zat kimia asing yang kurang baik untuk pertumbuhan si Kecil.

Selain itu, soda dan makanan dengan rasa yang ekstrim mengandung zat yang bisa membuat lambung atau organ pencernaan lain terkontraksi. Kandungan gula tinggi di dalam soda juga bisa membahayakan kesehatan si Kecil ketika lahir.

Jadi Bunda, mohon dijaga, ya asupan konsumsinya.

 

4. Tidak naik pesawat sebelum 14 minggu atau setelah 3 minggu.

Pesawat memiliki tekanan yang tinggi untuk tubuh manusia. Untuk Ibu Hamil, tekanan pada angka tertentu bisa membahayakan janin yang dikandungnya.

Itulah mengapa Ibu Hamil tidak disarankan untuk menaiki moda transportasi ini.

Jika Bunda dalam keadaan terdesak, Bunda bisa memilih moda transportasi lain. Bunda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum memilih pesawat sebagai moda transportasi.

Itulah do and don’t yang harus Bunda perhatikan di masa kehamilan. Tidak repot, kok. Yang terpenting adalah kesehatan Bunda dan si Kecil, bukan?

Dengan memahami apa yang dibutuhkan oleh Bunda dan si Kecil di masa kehamilan, diharapkan Bunda dan si Kecil bisa terus sehat hingga waktu melahirkan datang.

Ingat, Bunda yang sehat dan menjalankan masa kehamilannya dengan sehat sangat berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil saat sudah lahir nanti.

Konten Terkait Lainnya

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!