Hubungan Seksual Selama Hamil dan Nifas

Hamil adalah suatu proses normal yang sangat di nanti kan oleh pasangan yang ingin memiliki keturunan. Akan terjadi perubahan pada seluruh sistem tubuh wanita hamil, dengan dasar terjadinya pembesaran seluruh sel wanita hamil. Akibatnya akan terjadi pembengkakkan,termasuk pada organ genital.

Kondisi Hubungan Seksual Selama Nifas

Pada keadaan wanita hamil yang sehat semua kegiatan dapat dilakukan seperti biasanya. tentu yang tidak membahayakan.

Dalam berhubungan seksual,bila terjadi ejakulasi maka akan keluar zat prostaglandin yang dapat mengakibatkan kontraksi rahim. Namun faktanya tidak semua wanita hamil yang berhubungan akan mengalami kontraksi rahim.

Seringkali kita dengar wanita hamil harus sering berhubungan pada hamil tua agar segera kontraksi dan lahir. Hal ini tidak dianjurkan. Jadi tetaplah berhubungan seperti biasa, bukan dengan tujuanuntuk mempercepat persalinan .

Gaya dalam berhubungan yang dianjurkan adalah Gaya normal. Pada trimester ketiga Lebih dianjurkan gaya depan-belakang ( doggy style ). Demikian pula dengan frekwensi berhubungan yang wajar saja.

Tips melakukan hubungan seksual selama hamil

1. Upayakan badan dalam keadaan segar dan bersih

Sebaiknya Bunda dan Ayah memastikan kebersihan diri sebelum berhubungan badan. Hal ini tentunya untuk menciptakan kenyamanan, serta agar terlindungi dari kotoran dan penyakit tertentu yang bisa menyebar.

2. Mengetahui resiko kehamilan

Saat berhubungansex tentunya ada resiko bagi ibu hamil. hal ini perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi ibu hamil yang tetap aman.

3. Melakukan hubungan dengan gaya dan frekuensi yang wajar

Melakukan hubungan sex tentunya haruslah dibarengi dengan kedewasaan dan saling memahami. Saat Bunda hamil, tentunya harus mengurangi intensitas berhubungan sex karena akan mempengaruhi kondisi janin. Perhatikan juga penggunaan gaya agar bayi dan Bunda tidak mengalami resiko cedera.

4. Pantau kontraksi dan gerak janin

Tetap memantau keadaan Bunda dan gerak janin penting untuk melindungi Ibu hamil. Jika ada kontraksi sebaiknya melakukan antisipasi demi keamanan.

Lakukan dengan santai dan tidak buru-buru. Semoga Bermanfaat

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!