Gimana, Ya, Caranya Merawat Bayi Biar No Cranky Setelah Mandi? - Cussons Baby Indonesia

Gimana, Ya, Caranya Merawat Bayi Biar No Cranky Setelah Mandi?

Ayah dan Bunda tentu ingin si Kecil selalu ceria dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Namun, pasti ada saja waktu di mana si Kecil rewel. Baik saat bermain, ingin tidur, bahkan sebelum dan setelah mandi. Wah, normal kah? Bagaimana mengatasinya?

 

Tumbuh kembang bayi adalah proses penuh kejutan. Dalam waktu singkat, banyak hal yang berubah pada si Kecil. Baik pada tubuh atau perkembangan emosinya.

Aspek emosi pada bayi memegang peranan penting untuk tumbuh kembangnya. Pada umur 0-3 bulan, bayi hanya memiliki dua emosi dasar, yaitu kesal dan senang. Di tahap pertumbuhan ini juga Ia tengah belajar mengungkapkan kedua perasaan tersebut.

Karenanya, Ayah dan Bunda akan melihatnya tertawa saat merasa senang. Perasaan senang dipengaruhi oleh rasa nyaman dan aman yang ada pada tubuhnya. Contohnya saat tubuhnya terasa bersih, perutnya kenyang, juga saat Ayah, Bunda, dan orang-orang di sekitarnya memberikan perhatian yang cukup.

Si Kecil menunjukkan rasa kesal saat tubuhnya terasa tidak nyaman. Faktor seperti perasaan lapar, tubuh gerah dan gatal, serta sakit. Bahkan, terlalu banyak perhatian yang diterimanya seperti terus diajak bercanda saat sudah lelah bisa membuat kesal. Jika terus menerus terjadi, rasa kesalnya bisa berubah menjadi rewel.

Kalau sudah cranky atau rewel, biasanya bayi akan bete untuk menjalani sisa harinya. Bahkan saat sudah tenang, kegiatan yang harusnya membuat nyaman akan berubah menjadi sumber rewel baru. Contohnya adalah mandi. Jika sudah rewel, mandi pun bisa menjadi bencana yang bikin mood-nya makin berantakan.

 

Mandi untuk mengatasi bayi rewel

Ada banyak cara untuk mengatasi bayi yang rewel. Ayah dan Bunda bisa memeluknya, menggendong, menyanyikan lagu yang menenangkan, hingga memandikan si Kecil. Benar, mandi bisa menjadi salah satu solusi menenangkan bayi yang rewel, lho.

Hal ini disebabkan oleh faktor terbesar bayi rewel adalah rasa tidak nyaman pada tubuhnya. Namun, hal ini harus diperhatikan baik-baik, ya. Pastikan si Kecil benar-benar membutuhkan mandi untuk memberikan tubuh yang nyaman sehingga Ia tidak rewel lagi.

Nah, mandi untuk mengatasi bayi yang rewel pun ada taktiknya. Tujuannya, agar si Kecil tidak makin rewel setelah mandi. Wah, bagaimana, ya, caranya!

 

1. Ciptakan suasana mandi yang nyaman

Mandi yang nyaman sangat dibutuhkan agar mood si Kecil bisa kembali tenang. Ciptakan mandi yang nyaman lewat suasana kamar mandi yang tenang dan menyenangkan. Gunakan peralatan mandi bayi baru lahir yang aman.

Pastikan juga si Kecil sedang tidak menangis saat dimandikan. Usahakan untuk membuatnya merasa tenang sebelum mulai memandikan dengan menaruh tubuhnya ke bak mandi dengan perlahan. Menggunakan air hangat sangat dianjurkan untuk menenangkan bayi, lho.

 

Ayah dan Bunda juga bisa memberikan mainan mandi agar si Kecil senang saat dimandikan.

 

2. Berkomunikasi dengan baik bahwa mandinya telah selesai

Interaksi yang baik bisa menstimulasi sensor bayi agar otak dan perasaannya membaik. Ajak si Kecil mengobrol saat mandi untuk mendistraksi perasaannya, juga menstimulasi otak serta perasaan baru yang lebih menyenangkan hatinya.

Interaksi saat mandi juga merupakan cara bonding yang baik untuk anak dan orang tuanya, lho. Jadi, tidak hanya mood-nya yang membaik, ikatan Ayah Bunda dan si Kecil pun akan semakin erat.

 

3. Gunakan sabun mandi yang bisa membuat perasaan si Kecil ceria kembali

Sabun mandi bayi bisa menjadi hero untuk membuat si Kecil kembali ceria saat dan setelah mandi.

Cussons Baby Hair and Body Wash dengan 3 Kebaikan yang terdiri dari formula lembut, teknologi Moodscent™, dan didukung oleh sentuhan lembut Bunda dapat membuat mood atau perasaan si Kecil kembali tenang, ceria, dan merasa dicintai.

Teknologi Moodscent™ yang dikembangkan oleh Cussons Baby telah teruji ilmiah dapat mempengaruhi perasaan bayi saat dan setelah mandi. Wangi yang masuk ke organ Jacobson pada septum hidung dapat mendeteksi bau dan mencatatnya sebagai aroma yang berarti spesifik pada sistem limbik otak. Sistem ini mempengaruhi pengamatan dan suasana hati si Kecil. 

Terdiri dari tiga aroma, yaitu Vanilla yang menenangkan, Sakura yang penuh cinta, dan Berries yang ceria dapat meningkatkan mood bayi saat mencium baunya. 

Dengan memberikan mandi yang nyaman menggunakan Cussons Baby Hair and Body Wash, mandi si Kecil akan menenangkan dan menyenangkan. Sehingga, no cranky lagi.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: