Daftar Perlengkapan Bayi yang Bikin Bunda dan Ayah jadi Orangtua Keren! - Cussons Baby Indonesia

Daftar Perlengkapan Bayi yang Bikin Bunda dan Ayah jadi Orangtua Keren!

Ada banyak cara menjadi orang tua keren. Bahkan, sejak si Kecil baru lahir. Misalnya, dengan menyiapkan kebutuhannya sejak dini. Salah satunya kebutuhan perawatan kulit bayi. Karena kulit bayi yang sehat sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Apa saja, sih perlengkapan bayi yang harus Ayah dan Bunda penuhi sejak dini?

Setiap manusia yang hidup di dunia tentu memiliki kebutuhannya masing-masing, tidak terkecuali bayi. Sejak sebelum si Kecil lahir, Ayah dan Bunda pasti akan memikirkan apa saja kebutuhannya? Apa saja perlengkapan bayi yang harus ada agar tumbuh kembangnya optimal.

Memenuhi perlengkapan bayi juga salah satu bentuk cinta Ayah dan Bunda. Proses memikirkan, memilih, dan membeli perlengkapan bayi adalah usaha yang penuh cinta. Tujuannya, agar si Kecil selalu mendapatkan yang terbaik.

Hal ini terjadi karena menurut Ayah dan Bunda, si Kecil sangatlah istimewa. Perasaan ini juga berbalas, lho. Saat si Kecil merasa kebutuhannya terpenuhi, mereka akan membangun rasa cinta dari setiap perhatian yang diberikan Ayah dan Bunda.

Nah, apa saja, sih perlengkapan bayi yang harus Ayah dan Bunda penuhi sejak dini? Agar kebutuhan si Kecil selalu terpenuhi dan Ayah serta Bunda menjadi cool parents yang mendampingi pertumbuhannya sejak hari pertama.

Daftar Perlengkapan Bayi Yang Wajib dimiliki si Kecil!

1. Pakaian berbahan lembut dan cepat menyerap keringat

Kebutuhan bayi sejak lahir memang sangat banyak. Pakaian menjadi salah satu perlengkapan bayi yang harus ada sejak si Kecil menjalankan hari pertamanya di dunia.

Saat membeli pakaian bayi, Ayah dan Bunda kerap bimbang yang disebabkan oleh banyaknya pilihan. Mulai dari pakaian yang nyaman hingga pakaian lucu yang bisa membuat si Kecil semakin gemas. Nah, jika sudah begini, Ayah dan Bunda harus memprioritaskan pakaian bayi yang nyaman, ya.

Ketika baru lahir, kulit bayi lebih sensitif, lho. Karenanya Ia membutuhkan bahan pakaian yang lembut. Selain itu, bayi juga melepaskan cairan tubuhnya dalam bentuk keringat dalam frekuensi yang lebih tinggi dari orang dewasa, sehingga Ia mudah berkeringat. Inilah mengapa Ayah dan Bunda harus memberikan si Kecil pakaian yang mudah menyerap keringat. Selain lebih nyaman, juga agar kulit si Kecil tidak iritasi.

Untuk memastikan kenyamanan pakaian bayi, Ayah dan Bunda bisa melihat material bahannya. Pilihlah pakaian yang menggunakan 100% katun. Bahan katun pun banyak sekali jenisnya, ya. Nah, ada tiga jenis katun yang baby  skin friendly. Di antaranya Katun Viscose, Katun Bamboo, dan Katun Modal. Ketiga bahan ini sangat lembut sehingga aman untuk kulit bayi. Bahannya sejuk dan mudah menyerap keringat.

2. Perlengkapan tidur yang nyaman

Selain pakaian, yang harus dipastikan keamanannya adalah perlengkapan tidur bayi. Untuk sprei dan piyama, Ayah dan Bunda bisa memilih bahan nyaman seperti pakaian bayi. Sementara itu, Kasur atau crib bayi pun bisa menyesuaikan kebutuhan si Kecil. 

Pastikan crib-nya memiliki pengaman agar keamanan bayi saat tidur terjamin. Jangan lupakan juga kelambu untuk melindungi si Kecil dari kemungkinan digigit nyamuk saat tidur. Ayah dan Bunda bisa memilih crib yang datang satu paket beserta pengaman dan kelambu agar lebih efisien.

Selain nyaman, pastikan tempat tidur si Kecil familiar dan bersih. Ayah dan Bunda bisa memberikan beberapa mainan lembut seperti boneka atau selimut ekstra. Kehadiran mainan saat tidur bisa membuat si Kecil nyaman dan merasa aman.

3. Alat makan baby friendly

Meskipun saat baru lahir si Kecil tidak langsung membutuhkan alat makan, tidak ada salahnya untuk menyiapkan peralatan bayi ini sejak awal. 

Alat makan baby friendly bisa terdiri dari botol dot, mangkuk, piring, sendok, dan sippy cup. Pilihlah peralatan makan yang berbahan plastik foodgrade, kayu dan bambu, atau silikon foodgrade. Bahan-bahan tersebut tergolong aman untuk bayi karena cenderung tumpul dan ringan.

Hindari peralatan makan yang mengandung BPA/BPS (bisphenol), Polyvinyl chloride (PVC), dan phthalates, dan jenis timbal dan logam berat. Bahan-bahan kimia tersebut berbahaya untuk otak dan tubuh bayi saat masuk ke dalam mulut. So, saat membeli peralatan makan pastikan bebas dari empat kandungan kimia tersebut, ya!

4. Mainan untuk merangsang motorik sejak dini

Sejak kecil, bayi harus menerima rangsangan motorik. Memberikan stimulasi pada bayi sejak dini terbukti secara ilmiah mendukung tumbuh kembang yang pesat. Otak bayi yang sering distimulasi bekerja lebih cepat, adaptif, penuh inisiatif. Dengan membiasakan stimulasi pada otak juga membuat si Kecil tumbuh cerdas dan percaya diri.

Karenya, mainan sensorik sangat penting untuk hadir sejak dini. Mainan seperti balok lembut, grip play, hingga mempercayai si Kecil untuk makan sendiri dan mengenali berbagai struktur makanan bisa menjadi cara Ayah dan bunda menstimulasi otak si kecil sejak dini. Bermain motorik sejak dini juga sekaligus melatih kemampuan gerak bayi, sehingga Ia bisa belajar mengkoordinasikan gerak tubuhnya lebih baik dan cepat.

5. Set perawatan kulit bayi

Terakhir, perlengkapan bayi yang wajib dipenuhi adalah perawatan kulit bayi. Saat baru dilahirkan, bayi memiliki jenis kulit yang berbeda dengan orang dewasa. Kulit bayi lebih sensitif dan 30% lebih tipis. Saat itu juga kulit bayi harus beradaptasi karena kondisi yang berbeda antara dalam dan luar rahim.

Untuk itu, diperlukan perawatan kulit bayi yang baik untuk si Kecil. Dimulai dari sabun mandi, karena mandi adalah tahap pertama merawat kulit bayi.

Pilihlah sabun yang baik untuk kulit dan tumbuh kembang si Kecil. Cussons Baby Hair & Body Wash Mild and Gentle dengan Tiga Kebaikan memberikan perawatan kulit terbaik untuk bayi. Kombinasi Formula Lembut Pro Vit B5 dan Organic Oat, Teknologi Moodscent™ pada wangi vanilla , dan sentuhan lembut dari Ayah dan Bunda saat memandikan memberikan pengalaman mandi yang baik untuk kulit dan otak bayi.

Teruji hypoallergenic, tidak perih di mata, dan diuji oleh dokter anak sehingga terjamin aman untuk kulit bayi. Gunakan Cussons Baby Hair & Body Wash Mild and Gentle setiap mandi bayi untuk kulit bayi yang sehat dan stimulasi otak agar tumbuh kembangnya optimal.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: