Cari Tahu Bayi 7 Bulan Sudah Bisa Apa Aja, Sih? - Cussons Baby Indonesia

Cari Tahu Bayi 7 Bulan Sudah Bisa Apa Aja, Sih?

Proses tumbuh kembang bayi adalah hal penuh keajaiban yang bisa dilihat langsung oleh Ayah dan Bunda. Ada banyak perubahan, munculnya kemampuan baru, dan kejutan yang diperlihatkan si Kecil di masa pertumbuhannya. Terutama di bulan ketujuhnya yang begitu istimewa.

 

Pada periode 1.000 hari pertamanya sejak dilahirkan, bayi akan mengalami proses pertumbuhan yang begitu cepat. Inilah mengapa Ayah dan Bunda menyaksikan begitu banyak perubahan dan kejutan yang diberikan oleh bayi.

 

Sejak hari pertama lahir, bayi akan tumbuh dalam tiga aspek. Di antaranya fisik, kecerdasan, dan emosi. Aspek-aspek ini tumbuh bersamaan sesuai dengan life stage bayi.

 

Ayah dan Bunda harus memahami proses tumbuh kembang bayi sesuai dengan life stage-nya agar tahu milestone pertumbuhan bayi. Dan tentunya juga lebih cepat menyadari jika si Kecil mengalami hambatan dan keterlambatan pertumbuhan.


Pertumbuhan Bayi 7 Bulan

 

Usia ke-7 bulan bayi adalah waktu yang istimewa. Pada usia ini, bayi akan mengalami growth booster yang didorong oleh organ tubuhnya yang sudah sepenuhnya berfungsi optimal. Apalagi, di umur ini bayi mulai belajar makan secara langsung. Sehingga, tubuhnya juga mulai menerima nutrisi dari makanan secara penuh.

 

Nah, kira-kira apa saja yang bisa terjadi pada tubuh bayi di umur 7 bulan?

 

Pertama, mari lihat pertumbuhan fisik bayi. Biasanya, bayi umur 7 bulan terus memperlihatkan pertumbuhan yang cepat. Pada umur ini, panjang tubuh bayi akan memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan. Begitu juga dengan berat badan bayi.

Pada umur ke-7 bulan, berat badan bayi umumnya naik setidaknya 0.5 kilogram dari berat badan bulan sebelumnya. Berat rata-rata bayi laki-laki 7 bulan adalah 6.7 kg sampai 9.2 kg dengan panjang badan 65 cm -73 cm.

 

Sementara itu, bayi perempuan rata-rata tercatat memiliki berat 6 kg – 8.2 kg dengan tinggi badan 63 cm – 71 cm.

 

Namun, angka ini tidak bisa dijadikan pedoman pasti, ya. Bunda juga harus mempertimbangkan kondisi si Kecil. Seperti faktor keturunan bentuk dan bobot tubuh. Agar lebih tepat, pantau terus berat badan dan panjang badan bayi secara berkala sejak lahir untuk memahami pola pertumbuhan tubuhnya.

 

Selain fisik, aspek motorik, kecerdasan, dan emosional bayi juga tumbuh pesat pada umur ke-7 bulan . Rata-rata bayi 7 bulan biasanya sudah memiliki kemampuan fisik sebagai berikut:

 

  1. Mulai bergerak merangkak
  2. Belajar duduk sendiri dengan tegap
  3. Kepalan tangan dan kemampuan memegang erat yang semakin baik
  4. Tumbuh gigi

 

Sementara itu, dari sisi kognitif atau kecerdasan, rata-rata bayi 7 bulan sudah mulai belajar berbicara dengan pelafalan yang lebih jelas. Mereka juga mulai menirukan cara berbicara, dan merespons kata-kata yang diucapkan Ayah dan Bunda.

Pertumbuhan ini terjadi pada aspek emosional si Kecil. Di umur 7 bulan, bayi sudah semakin pintar menunjukkan emosi mereka, terutama rasa sedih dan kecewa. Tidak heran, di umur ini bayi jadi lebih rewel. Mereka juga semakin pintar mengeluarkan reaksi untuk menunjukkan emosinya. Misalnya bertepuk tangan saat gembira, tertawa, dan tersenyum lebar.

 

Menghadapi bayi 7 bulan yang aktif-aktifnya bertumbuh

 

Seiring dengan tubuh dan emosinya yang bertumbuh, orang tua juga perlu beradaptasi agar bayi bisa tumbuh optimal.

 

Bayi belajar dengan cara meniru. Pada saat umurnya 7 bulan, bayi akan aktif mengeksplorasi kondisi sekitar mereka untuk ditiru. Karenanya, Ayah dan Bunda harus semakin berhati-hati dalam bertindak dan bersikap.

 

Nah, agar merawat bayi lebih optimal di umurnya yang ke-7 bulan, Ayah dan Bunda bisa melakukan langkah berikut.

 

  1. Melatih motorik halus bayi lewat bermain seperti bermain bentuk, soft blocks, dan mempelajari berbagai jenis permukaan
  2. Melatih kemampuan berbahasa dan bicara bayi lewat berinteraksi dan membacakan cerita
  3. Melatih motorik kasar lewat permainan fisik yang bisa dilakukan bayi seperti merangkak
  4. Menstimulasi panca inderanya lewat permainan warna dan bau dengan makanan yang aman untuk bayi
  5. Memastikan kondisi tubuh dan kulitnya selalu optimal agar proses belajarnya lancar setiap hari.

 

Gunakan produk perawatan kulit bayi setelah mandi agar kulit bayi senantiasa sehat dan mendukung tumbuh kembangnya. Setelah mandi, gunakan rangkaian Cussons Baby Hair Lotion dengan 3 Kebaikan. Formula lembut dari candle nut dan celery yang baik untuk rambut bayi yang lebih lebat. Telah teruji dermatologi, sehingga baik dan aman untuk kulit kepala bayi.

Untuk kulit, gunakan Cussons Mild and Gentle Baby Cream yang mengandung formula lembut susu dan chamomile yang dapat melembutkan, melembabkan, dan menenangkan kulit bayi. Formulanya yang teruji dermatologis dapat diserap lebih baik oleh kulit, sehingga kulit bayi lebih sehat.


Setelahnya, gunakan Cussons Baby Cologne untuk memberikan kesegaran pada tubuh bayi. Dengan enam pilihan aroma yang didukung oleh teknologi Moodscent™, dapat membuat perasaan bayi jadi lebih baik. Sehingga, bayi lebih nyaman, ceria, dan bersemangat saat menjalani harinya.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: