Bikin Mandi Bayi Nyaman dan Aman, Yuk! Gini Caranya! - Cussons Baby Indonesia

Bikin Mandi Bayi Nyaman dan Aman, Yuk! Gini Caranya!

Mandi bayi sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya. Karenanya, mandi bayi baru lahir harus holistik. Mandinya pun harus nyaman dan aman agar manfaatnya optimal.

 

Sesaat setelah lahir, bayi akan dimandikan agar tubuhnya bersih. Mandi bayi baru lahir dilakukan sederhana dengan cara menyeka kulitnya. Selain itu, mandi juga penting untuk menstimulasi suhu tubuhnya agar beradaptasi dengan kondisi di luar rahim Bunda yang sangat berbeda saat ia masih di dalam kandungan.

Manfaat mandi tidak berhenti pada membersihkan tubuh bayi, lho. Mandi juga bisa menjadi cara Ayah dan Bunda berinteraksi secara intim dengan si Kecil. Sehingga, terbangun bonding atau ikatan yang kuat. Ikatan ini tercipta dari setiap sentuhan lembut yang diberikan dan berbagai interaksi yang terjadi saat memandikan bayi.

Sentuhan lembut yang diberikan saat mandi dapat menstimulasi otaknya untuk merasakan kasih sayang, menciptakan rasa aman, dan membangun kepercayaan bayi pada orang tuanya. Sementara, interaksi menstimulasi bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan berkomunikasi, indera pendengar, dan perasaan (mood). Kedua stimulasi ini sangat dibutuhkan untuk pengembangan kemampuan kognitif si Kecil agar tumbuh optimal.

Sejumlah ahli tumbuh kembang anak di dunia menyetujui bahwa mandi yang penuh stimulasi membuat anak tumbuh lebih pintar, lho! 

 

Wah, luar biasa, ya manfaat mandi untuk bayi!

 

Membuat mandi bayi baru lahir yang nyaman dan aman

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi agar manfaat mandi bayi baru lahir dirasakan secara optimal. Di antaranya, si Kecil harus merasa nyaman, aman, dan tenang. Perasaan baik membuat si Kecil tidak merasa terancam dan semua sensor yang ada di dalam tubuhnya akan bekerja secara positif ketika distimulasi. Tidak hanya itu, perasaan nyaman juga membuat kerja tubuhnya normal. Seperti aliran darah, detak jantung, dan pola napas yang normal, sehingga tubuhnya rileks saat dimandikan.

Saat tubuh si Kecil tidak rileks saat mandi, justru akan menimbulkan hal kurang baik, lho. Memandikan bayi saat tubuh dan perasaannya sedang tidak nyaman akan membuat mood atau perasaannya turun. Kalau dipaksa, si Kecil bisa rewel seharian. Hal ini tentu akan menghambat tumbuh kembang dan stimulasi sensor yang bisa didapatkannya saat dan setelah mandi.

 

So, yuk, pastikan mandi bayi baru lahir yang nyaman, aman, dan menenangkan!

 

  • Pastikan kondisi kamar mandi nyaman dengan peralatan mandi dan suasana yang menyenangkan

Mandi bayi baru lahir yang nyaman dimulai dari kamar mandi. Pastikan kamar mandi terang, sehingga Ayah dan Bunda pun merasa nyaman saat memandikan si Kecil. Ingat, bayi masih menggunakan instingnya untuk membaca situasi. Perasaan Ayah dan Bunda yang tidak nyaman bisa mempengaruhi perasaan si Kecil juga.

Selain itu, pastikan tempat mandinya bersih, nyaman, dan aman untuk si Kecil. Untuk bayi umur 0-1 bulan, cukup memandikan dengan menyeka tubuhnya menggunakan washlap. Sesekali juga boleh menggunakan bak mandi untuk bayi baru lahir dan memandikannya menggunakan air hangat.

Susana kamar mandi bisa dibuat semakin nyaman dengan tambahan dekorasi. JIka perlu, gunakan juga air diffuser untuk menjaga kelembaban kamar mandi bayi agar mandinya rileks.

 

  • Pastikan Ayah dan Bunda memandikan si Kecil dengan sentuhan lembut

Saat memandikan si Kecil, berikan sentuhan dan pijatan lembut di antara kegiatan menyeka dan memberikan sabun serta sampo. Sentuhan lembut yang diberikan pada kulit bayi akan menstimulasi sensor indera perabanya untuk dikirim ke otak dan diartikan sebagai perasaan nyaman dan aman, serta rasa percaya.

Perasaan tersebut diartikan sebagai ikatan baik antara si Kecil dan Ayah Bunda. Stimulasi positif ini menurut ahli juga dapat mengaktivasi kemampuan kognitif bayi. Mereka akan lebih tanggap dan mudah menyerap informasi baru yang membuat si Kecil lebih pintar.

 

  • Pastikan mandinya aman sehingga mata atau telinganya tidak kemasukan air.

Agar kenyamanan mandinya terjamin, tetap hati-hati saat memandikan si Kecil, ya. Terutama di bagian tubuh bayi yang sensitif seperti mata, mulut, dan telinga.

Pastikan air di bak mandinya hanya sampai kedalaman pinggang saat posisi si Kecil seperti menyender agar aman saat memandikan. Ayah dan Bunda juga harus terus men-support area leher dan punggungnya untuk menghindari si Kecil terjatuh. Menggunakan washlap untuk membersihkan area wajah sangat dianjurkan, lho!

 

  • Gunakan peralatan mandi yang aman

Peralatan mandi bayi baru lahir juga harus aman! Sangat dianjurkan menggunakan peralatan mandi khusus bayi baru lahir. Termasuk mainan untuk menemani si Kecil mandi, bak mandi, washlap, hingga handuknya.

 

  • Gunakan sabun mandi dengan kandungan lembut yang baik untuk kenyamanan tubuh serta kesehatan kulitnya.

Terakhir, sabun mandi bayi baru lahir juga penting dipertimbangkan agar manfaat mandinya semakin optimal. Gunakan sabun mandi yang diformulasi khusus untuk si Kecil yang baru lahir agar mandinya aman, nyaman, baik untuk kesehatan kulit, serta mendukung tumbuh kembangnya yang optimal.

Cussons Baby Newborn Hair and Body Wash didesain khusus untuk bayi baru lahir. Dengan formulasi khusus pure water, organic olive oil, natural chamomile yang baik untuk memberikan 10x  kelembaban kulit bayi baru lahir. 

Mengandung 0% alkohol dan zat pewarna membuat Cussons Baby Newborn Hair and Body Wash aman digunakan oleh si Kecil yang kulit dan tubuhnya masih beradaptasi dengan lingkungan baru. 0% alkohol dan zat pewarna juga mengurangi risiko iritasi pada kulit bayi. Memberikan pengalaman mandi yang lembut untuk bayi baru lahir.

Didukung dengan hypoallergenic tested, Cussons Baby Newborn Hair and Body Wash adalah sabun pilihan untuk mandi bayi yang aman, nyaman, dan menenangkan.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: