ARCHIVES VIDEO

Content Type :

Rekomendasi Model Rambut Pendek Anak Perempuan Korea Yang Lucu
Rekomendasi Model Rambut Pendek Anak Perempuan Korea Yang Lucu

Dalam masa pandemi ini, model rambut pendek seringkali menjadi pilihan buat para bunda dan si kecil karena lebih praktis merawatnya. Memiliki rambut pendek tentunya lebih terhindar dari kendala rambut yang kusut dan rontok.

Namun, bunda seringkali bingung gaya rambut pendek seperti apa yang cocok dan bagus untuk si kecil. Nah kali ini, yuk kita tengok trend gaya rambut wanita Korea yang cantik dan anggun ini yang sekarang ini sangat banyak digandrungi oleh wanita-wanita Indonesia.

Gaya rambut artis Korea ini tentunya sangat cocok dengan karakter wanita Indonesia baik untuk usia kecil maupun dewasa. Yuk kita simak beberapa inspirasi model rambut pendek anak perempuan Korea yang bisa bunda contoh untuk putri bunda.

Short Blunt Bob

Rambut Pendek Anak Perempuan Korea Yang Lucu - Short Blunt Bob

Model rambut pendek anak perempuan Korea ini merupakan sebuah guntingan bob pendek dibuat rata tanpa trap dan layer. Model ini banyak sekali dipakai oleh para artis Korea karena bentuknya yang feminin dan praktis.

Model ini juga sangat low maintenance karena semakin panjang, bentuknya akan tetap rapi dan tetap terlihat stylish. Sangat cocok untuk si kecil yang rambutnya tipis maupun tebal, lurus maupun ikal.

Untuk mempermanis, bunda dapat memadukan dengan aksesoris bando pita akan membuat total look si kecil menjadi fashionable dan tetap imut.

Untuk model rambut pendek anak perempuan Korea ini,  bunda jangan lupa menambahkan poni sebatas alis agar tampilannya lebih cantik lagi.

Short Pixie

Short Pixie - Model Rambut Pendek Anak Perempuan Korea

Guntingan pendek Pixie Cut sangat cocok untuk si kecil yang pertumbuhan rambutnya masih sedikit, terutama di usia 1-2 tahun. Bunda juga dapat dengan mudah mengguntingnya sendiri lho!

Bunda hanya tinggal merapikan ujung-ujungnya sedikit demi sedikit sehingga membentuk sesuai dengan pertumbuhan rambut.

Baca juga : Cara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Model rambut pendek anak perempuan Korea ini juga sangat praktis untuk membantu bunda memantau kesehatan kulit kepala si kecil, dan mempermudah pengolesan nutrisi rambut berupa hair lotion  agar lebih cepat meresap ke dalam kulit kepala si kecil.

Terinspirasi dari gaya Pixie ala Korea, jangan lupa untuk bagian poninya dipotong jangan terlalu pendek ya bunda. Bisa dibuat sebatas alis, sehingga masih memberikan kesan feminin dan imut.

Oval Bob

Oval Bob

Guntingan Bob berpola oval yang sangat menggemaskan ini juga sangat diminati oleh para anak perempuan Korea. Model rambut pendek anak perempuan Korea ini juga sangat flexible bisa cocok untuk si kecil yang rambutnya tipis maupun tebal, ikal maupun lurus.

Perbedaanya dengan guntingan Bob yang sebelumnya adalah kali ini pola sampingnya tidak dibuat lurus, melainkan dipotong agak memendek ke arah depan sehingga membentuk seperti pola oval.

Baca juga : Tips Cukur Rambut Bayi

Cocok sekali untuk si kecil yang bentuk mukanya agak memanjang, guntingan Oval Bob ini akan membuat wajahnya lebih bulat, chubby, dan menggemaskan.

Wavy Bob

Wavy Bob

Bunda bosan dengan gaya rambut bob yang itu-itu saja. Bunda wajib mencoba gaya wavy bob yang sangat super stylish dan populer di kalangan wanita Korea baik anak-anak maupun dewasa.

Model rambut pendek anak perempuan Korea ini sangat bagus untuk si kecil yang memiliki berambut ikal atau keriting alami. Cara mengguntingnya juga mudah, bunda tinggal memotong rata dan memberikan sedikit trap di ujung-ujungnya.

Baca juga : Cara Kuncir Rambut Anak Perempuan Yang Cantik dan Mudah

Apabila bunda bingung, bisa membawa si kecil ke salon anak ya. Jangan lupa untuk menambahkan poni rata agar si kecil makin cantik dan menggemaskan.

Agar tekstur wave atau ikalnya lebih cantik lagi, bunda bisa menggunakan Hair Lotion dari Cussons Baby yang mengandung Coconut Oil and Aloe Vera.

Selain untuk mempermudah mengatur rambut ikal yang suka membandel, juga dapat sekaligus menutrisi dan menjaga kelembaban batang rambut ikal si kecil yang cenderung lebih mudah kering.

Long Bob

long bob

Apabila bunda masih ragu memangkas rambut si kecil langsung pendek, atau si kecil masih belum berani terlalu pendek rambutnya, jangan paksakan si kecil ya bunda.

Karena dia pasti sedih apabila rambutnya dipotong terlalu pendek. Bunda bisa memilih model rambut pendek anak perempuan Korea gaya  Long Bob ini. Sangat cocok untuk si kecil yang rambut lurus maupun ikal.

Bunda tinggal memotong rata rambutnya sebatas leher bagian bawah atau atas bahu. Apabila rambut si kecil sangat tebal, bunda bisa memberikan sedikit trap di ujung-ujungnya.

Model rambut pendek anak perempuan Korea ini juga merupakan potongan yang low maintenance untuk memanjangkan rambut si kecil. Potongan ini juga sangat favorit karena ketika semakin bertumbuh rambut si kecil akan tetap rapi jatuhnya.

Model rambut pendek anak perempuan Korea ini sangat nyaman dan praktis dikenakan si kecil agar bebas beraktivitas. Selain mudah menatanya juga lebih mudah merawatnya.

Baca juga : Model Rambut Anak Perempuan Korea Usia 2-10 Tahun Terbaru

Namun jangan lupa ya bunda, tetap memberikan perawatan yang tepat dan aman agar rambut si kecil dapat tumbuh lebat dan sehat.

Bunda bisa menggunakan rangkaian Shampo dan Hair Lotion dari Cussons Baby secara rutin untuk menyehatkan, melembabkan, dan menambah kilau alaminya. Kini si kecil dapat tampil semakin cantik dan mempesona dengan rambut pendeknya.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

Model Potongan Skin Rambut Anak Laki-Laki
Model Potongan Skin Rambut Anak Laki-Laki

Skin Rambut Anak Laki-Laki – Dalam masa pandemi ini banyak bunda pastinya belum terlalu nyaman untuk terlalu sering membawa si kecil keluar untuk potong rambut di salon atau barber.

Potongan “Skin” bisa menjadi pilihan karena selain mudah merawatnya juga cocok untuk si kecil yang aktif bermain di rumah.

Model rambut skin ini juga paling “low-maintenance” dan akan semakin menonjolkan wajah tampan si kecil. Potongan ini juga lebih tahan lama tidak cepat membuat si kecil kegerahan. Dan yang terpenting, model rambut “skin” ini banyak variasinya lho bunda!

Sehingga walaupun praktis merawatnya tetap bisa membuat tampilan si kecil tetap trendy dan keren. Yuk kita cari tahu lebih lanjut tentang model skin rambut anak laki-laki.

 

Apa itu Potongan Skin?

Potongan Skin adalah jenis potongan yang cepak dan tipis di bagian samping dan belakang, dimana terdapat gradasi yang semakin menipis ke kulit kepala.

Biasanya dimulai dengan bagian lebih panjang atau tebal pada bagian atas kepala, dan secara gradasi semakin pendek ke arah samping dan belakang, menuju ke tengkuk atau leher.

Untuk mendapatkan model skin rambut anak laki-laki yang sempurna tidaklah mudah, bunda sebaiknya membawa si ke salon atau barber professional.

Karena yang menjadi perhatian lebih adalah gradasi yang halus pada bagian samping dan belakang yang biasanya dicukur menggunakan hair clipper, dimana biasanya membutuhkan keahlian dan pelatihan khusus untuk menguasainya.

Untuk mendapatkan gradasi skin yang rapi diperlukan keahlian seorang professional hairdresser atau barber.

 

Berbagai Jenis Skin Rambut

Dalam beberapa tahun belakangan ini, berbagai variasi potongan “skin” atau yang disebut juga dengan istilah populer “fade”  menjadi sangat favorit.

Macamnya juga banyak, ada yang disebut “High”, “Mid”, “Low” Skin Fade”. Tergantung dari batas ketinggian “skin” tersebut.

Dibanding membuat skin rambut anak laki-laki di seluruh kepala dengan kepanjangan yang sama, tren yang sekarang adalah  adanya gradasi kontras antara bagian atas rambut dengan bawahnya, sehingga terlihat lebih stylish dan “fashion statement”.

Dengan adanya perbedaan yang kontras antara bagian atas dan bawah akan menonjolkan atau meng “highlight” penataan bagian atasnya.

Berikut beberapa jenis “Skin” yang bunda perlu ketahui:

High Skin Fade

Model Potongan Skin Rambut Anak Laki-Laki - High Skin Fade

High Skin fade akan membuat kesan lebih maskulin dan tegas. Model “skin” ini adalah membuat bagian samping dan belakang semuanya dicukur tipis sampai dengan batas yang cukup tinggi (di sekitar pelipis).

Dengan model “skin” ini akan benar-benar menonjolkan model bagian atas. Model skin rambut anak laki-laki ini juga bagus untuk si kecil yang pertumbuhannya masih belum rata, atau masih mempunya beberapa bagian yang belum banyak pertumbuhannya.

Sehingga dengan model ini akan menyarukan pertumbuhan yang belum rata, karena seluruh bagian samping dan belakang dibuat tipis.

Bagian atas dibiarkan agak panjang atau bisa dibuat berbagai variasi. Yang terpenting adalah jenis “skin” akan membuat tampilannya trendy dan fashionable, si kecil akan terlihat tampan dan macho.

Low Skin Fade

gaya rambut anak laki-laki - Low Skin Fade

Model “Low Skin” ni membuat tampilan “fresh” dan flexible bisa dipadu padankan dengan berbagai gaya. Untuk Low skin ini bagian gradasi tipisnya hanya sampai ke batas bawah atau hanya sekitar telinga.

Jenis skin rambut anak laki-laki ini akan memberikan kesan yang bersih, rapi dan “classy”, cocok untuk berbagai acara formal dan casual.

Mid Skin Fade

rambut anak laki-laki Mid Skin Fade

Untuk “Mid Skin” ini gradasi tipis akan sampai pada batas pertengahan kepala sehingga akan terlihat paling seimbang dibanding model “skin” lainnya.

Looknya akan terlihat tidak terlalu “extreme” tapi juga tidak terlalu “biasa saja”, sangat bisa dipadukan dengan berbagai macam gaya dan karakter si kecil.

Yang disebut “skin” adalah pada bagian belakang, sampingnya, bagian atasnya. Potongan “skin” pada bagian samping dan belakangnya ini bisa bebas dikombinasikan dengan berbagai variasi pada bagian atasnya.

Ada yang dikombinasikan dengan “side part”, “comb over”, “pompadour”, “faux haux”, “Crop Top”, “Buzz Cut”, dll.

Baca juga : Cara Mengepang Rambut Anak Modern dan Keren

Berbagai Macam Model Potongan Skin Rambut Anak Laki-Laki

Pertama, bunda tinggal menentukan jenis skin mana yang diinginkan (High, Mid, atau Low). Bunda juga perlu menentukan seberapa tipis model skin yang bunda inginkan. Model skin tidak selalu harus dibuat super tipis.

Yang terpenting bisa ada gradasi yang halus pada bagian skin tersebut. Apabila bunda mendapat kesulitan untuk menjelaskan kepada barber atau hairstylist, bunda bisa juga menunjukan referensi gambar, supaya bisa sama-sama mengerti dan mendapatkan style yang bunda inginkan.

Setelah menentukan jenis Skin yang diinginkan, sekarang bunda tinggal memilih variasi bagian atasnya. Yuk simak inspirasi model skin rambut anak laki-laki berikut yang bisa bunda coba untuk bereksperimen dengan penampilan si kecil.

Skin with Side-Part

skin rambut anak laki-laki Skin with Side-Part

Untuk tampilan yang simpel, rapi dan klasik, gaya skin with side part ini bisa menjadi pilihan. Untuk mendapatkan gaya skin rambut anak laki-laki ini, bunda tinggal mencukur tipis gradasi bagian samping dan belakang rambut si kecil, lalu bagian atas dibiarkan agak panjang dan dibuat layer.

Untuk lebih menegaskan belahannya, bunda juga bisa meminta barber atau hairstylist untuk mencukur bersih bagian belahannya agar terlihat lebih tegas dan keren.

Yang bunda butuhkan untuk mendapatkan style ini adalah sisir dan Hair Lotion agar mudah menata dan semakin menonjolkan tekstur rambut.

Pertama-tama, basahkan sedikit rambut si kecil sampai agak lembab saja , lalu oleskan hair lotion. Kemudian cari belahan alami rambut kecil, lalu bagi rambut disisir ke kanan dan kiri sehingga menghasilkan belahan rambut yang cukup tegas.

Skin with Pompadour

model rambut anak Skin with Pompadour

Apabila bunda ingin memanjangkan bagian atas rambut si kecil, maka model skin with pompadour ini bisa menjadi pilihan tersebut. Gaya rambut ini cocok untuk rambut si kecil yang agak ikal dan mengembang.

Untuk mendapatkan model skin rambut anak laki-laki ini, bagian atas rambut dibiarkan agak panjang dan bervolume seperti model jambul yang akan membuat looknya lebih retro dan natural.

Untuk menatanya  bunda tinggal sedikit membasahkan rambut bagian atas lalu berikan Hair Lotion,  kemudian sisir dengan menggunakan jari-jemari ke arah belakang. Biarkan beberapa bagian yang terlihat tidak rapi secara natural agar tampilannya lebih modern dan effortless.

Buzz Cut

skin rambut Buzz Cut

Model skin rambut anak laki-laki ini adalah model skin yang paling praktis dan mudah merawatnya. Menjadi model yang banyak digunakan pada masa pandemi ini, dimana banyak bunda yang memotong sendiri rambut anaknya.

Ciri utamanya adalah kepanjangan rambut cepak yang kurang lebih rata di seluruh kepala. Terkadang bisa juga membiarkan bagian atasnya sedikit lebih panjang. Model ini sangat bagus untuk si kecil yang bentuk kepalanya bulat sempurna (tidak peyang).

Baca juga : Cara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Untuk mendapatkan model Buzz Cut ini bunda juga bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan clipper. Bunda tinggal memilih kepanjangan yang diinginkan pada ukuran clipper, kemudian mencukur seluruh bagian kepala.

Namun apabila bunda ingin memberikan variansi buzz cut yang atasnya terlihat agak lebih panjang, bunda bisa membawa si kecil ke barber atau salon professional.

Crew Cut

model rambut anak laki-laki Crew Cut

Model skin rambut anak laki-laki ini adalah mengkombinasikan rambut cepak tipis pada bagian samping dan belakang dengan bagian atas yang tidak terlalu pendek dan tidak panjang.

Model Crew Cut ini juga banyak digemari oleh aktor-aktor Hollywood , karena looknya yang terlihat maskulin dan tetap praktis merawatnya. Cocok untuk rambut si kecil yang lurus dan agak kaku.

Crop Top

Model Potongan Skin Rambut Anak Laki-Laki Crop Top

Model skin rambut anak laki-laki ini sangat Stylish dan banyak digemari oleh pria-pria Indonesia yang senang berpenampilan trendy.

Terinspirasi dari gaya macho tentara Amerika, kali ini model rambutnya diberi sentuhan tekstur sehingga terlihat lebih fashionable untuk dipakai pria dewasa maupun anak kecil.

Yang menjadi ciri khasnya adalah gaya High Skin Fade pada bagian samping dan belakangnya, kemudian bagian atasnya dipotong layer pendek bertekstur dengan sentuhan sedikit poni.

Gaya rambut ini cocok untuk si kecil yang rambutnya lurus maupun ikal. Bisa ditata dengan gaya rapih maupun agak acak, dan sangat mudah menatanya.

Faux Hawk

skin rambut Faux Hawk

Gaya skin rambut anak laki-laki ini dipadukan dengan bagian atas yang ditata sentuhan modern mohawk. Gaya ini didapatkan dengan cara menyisir bagian atas meruncing ke arah tengah.

Cocok untuk rambut si kecil yang lurus dan agak kaku. Bunda bisa menggunakan hair gel khusus anak untuk bisa lebih mudah membentuknya. Gaya ini juga cocok untuk si kecil yang aktif bergerak dan karakternya berani.

Skin with Long Hair On Top

Skin with Long Hair On Top

Model skin rambut anak laki-laki ini cocok untuk bunda yang ingin memanjangkan rambut si kecil. Model ini memadukan bagian bawah tipis dengan bagian jauh lebih panjang pada atasnya akan menghasilkan sebuah look yang sangat trendy.

Bunda bisa menatanya dengan menyisir ke belakang, membiarkan jatuh alami, atau kalau cukup panjang bisa juga dengan menguncirnya. Untuk lebih menonjolkan texturnya jangan lupa mengoleskan hair lotion agar walau rambut atasnya panjang si kecil tetap terlihat segar.

Skin with Tatoo

Skin with Tatoo

Untuk Model skin rambut anak laki-laki ini bunda sebaiknya jangan melakukan sendiri ya. Bunda memerlukan professional barber yang sudah mahir untuk ”mengukir” rambut si kecil membentuk berbagai macam bentuk gambar.

Selain itu untuk mendapatkan ukiran ini, perlu menggunakan clipper kecil khusus. Untuk kreasinya bisa variasi garis, tribal, gambar, dll.

Model skin ini sangat seru dan cocok untuk si kecil yang berjiwa petualang.  Biasanya aksen “tatoo” ini bisa diletakan di salah satu sisi bagian samping, belakang, maupun atas sesuai selera.

Baca juga : Tips Cukur Rambut Bayi

Bagaimana Cara Styling dan Merawat Rambut Skin?

Model rambut skin adalah salah satu model rambut yang paling keren dan trendy saat ini. Model skin rambut anak laki-laki ini juga akan bertahan lebih tahan lama karena bagian bawah dan sampingnya yang tipis.

Namun bunda tetap perlu merapihkan atau melakukan trimming  tiap 1 atau 2 bulan sekali agar menjaga bentuknya tetap bertahan bagus. Terlebih lagi apabila bunda tau cara menatanya akan membuat looknya lebih keren lagi.

Baca juga : Trend Model Rambut Anak Laki-Laki Korea Yang Lucu

Meskipun bagian bawah yang tipis tidak perlu di styling, namun bunda bisa bereksperimen dengan bagian atas yang dibiarkan agak panjang dengan berbagai pilihan variasi model.

Bunda bisa memilih berbagai variasi model sesuai dengan mood  atau karakter si kecil. Yang terpenting, jangan lupa untuk tetap merawat rambut si kecil dengan perawatan yang tepat, yaitu gunakan produk yang aman untuk rambut si kecil.

Hair Lotion candle nut celery

Untuk menjaga rambutnya, bunda bisa menggunakan rangkaian perawatan rambut yaitu shampo dan hair lotion dari Cussons Baby yang mengandung Candle Nut and Celery, agar rambut si kecil tetap hitam, sehat dan berkilau melengkapi berbagai gaya rambut si kecil pilihan bunda.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

Model Rambut Anak Perempuan Korea Usia 2-10 Tahun Terbaru
Model Rambut Anak Perempuan Korea Usia 2-10 Tahun Terbaru

Siapa yang sedang tergila-gila dengan Drakor (baca: drama korea)? Tak bisa dipungkiri, gaya trend fashion dan beauty Korea terus merambah di masyarakat Indoensia.

Apalagi di kalangan wanita-wanita di Indonesia, gaya fashion Korea yang sangat trendy namun tetap anggun dan cantik ini banyak digandrungi oleh wanita dewasa maupun anak-anak.

Gaya rambut wanita Korea pastinya sekarang ini seringkali menjadi inspirasi gaya rambut yang paling diminati oleh wanita-wanita Indonesia.

Nah, tak hanya untuk orang dewasa saja, gaya rambut wanita Korea yang cantik ini juga cocok untuk puteri bunda juga lho! Yuk bunda kita berikan tampilan model rambut anak perempuan trend terbaru ala Korea untuk si kecil, pastinya ia akan semakin lucu dan menggemaskan.

 

Inpirasi Model Rambut Anak Perempuan Korea

Short Blunt Bob

Short Blunt Bob

Model rambut bob rata tanpa layer dibuat sebatas dagu. Bisa juga dibuat lebih pendek dibawah telinga agar lebih stylish.

Apabila si kecil rambutnya tebal, bunda juga bisa menambahkan hanya sedikit trap atau layer di ujung-ujungnya agar bentuk bobnya lebih ideal dan modern.

Model rambut anak perempuan Korea ini juga sangat praktis dan bunda tak perlu khawatir rambut si kecil kusut saat berlari-larian. Dan sangat cocok sekali untuk rambut si kecil yang belum terlalu tebal pertumbuhannya.

Wavy Bob

Wavy Bob

Salah satu trend terfavorit rambut wanita Korea. Sebuah guntingan bob dengan finishing ikal besar yang alami pada batang ke ujung rambutnya.

Beruntunglah apabila si kecil terlahir dengan rambut ikal. Apabila si kecil rambutnya agak ikal, gaya ini bisa menjadi pilihan yang sangat cantik dan menggemaskan untuk inspirasi model rambut anak perempuan Korea.

Bunda hanya tinggal memotong rata sebatas dagu atau lebih pendek lagi. Jangan ditipiskan ya bunda, agar tekstur ikal si kecil lebih menonjol dan tidak buyar.

Untuk menonjolkan tekstur ikalnya, jangan menyisir rambut si kecil dengan sisir rapat ya bunda, sisirlah hanya dengan jari agar tektur ikalnnya tidak rusak.

Dan jangan lupa berikan Hair Lotion untuk menonjolkan tekstur cantiknya serta menjaga batang rambut agar tidak mudah kering.

Layer with Bangs

Layer with Bangs

Gaya rambut yang juga menjadi salah satu signature look di hampir semua drama korea. Apabila rambut si kecil sangat tebal, bunda bisa memberikan potongan layer, agar rambutnya tidak terlalu berat dan megar.

Dengan layer, rambutnya akan semakin membingkai wajah cantik si kecil . Jangan lupa untuk menambahkan poni yang tidak terlalu tebal untuk menambahkan kesan imut.

Model rambut anak perempuan Korea ini akan membuat si kecil akan tampil cantik sepanjang hari walaupun bebas beraktivitas.

Long Bob

Long Bob

Apabila si kecil aktif bergerak, tentunya memiliki rambut panjang seringkali membuat rambutnya sering kusut dan gerah dan sulit bagi bunda untuk merawatnya.

Terlebih lagi, si kecil juga tidak mau rambutnya terlalu pendek agar tetap dapat tampil feminin. Maka bunda bisa mencoba model rambut anak perempuan Korea gaya Long Bob ini.

Gaya ini sangat mudah ditatanya dan tampak sangat stylish dipadupadankan dengan berbagai gaya fashion untuk si kecil. Bunda tinggal memotong rata rambutnya sebatas leher bagian bawah atau atas bahu.

Potongan ini juga merupakan potongan yang long maintenance untuk memanjangkan rambut si kecil. Potogan ini juga sangat favorit karena ketika semakin bertumbuh rambut si kecil akan tetap rapih jatuhnya.

Low Layered

Model Rambut Anak Perempuan Korea Usia

Siapa yang tidak tergoda melihat artis-artis Korea yang mencuri perhatian dengan rambutnya yang panjang indah tergerai dan sangat mempesona.

Baik teksturnya lurus maupun ikal. Untuk model rambut anak perempuan Korea ini, bunda bisa memilih kepanjangannya sebatas bawah bahu ataupun lebih panjang.

Untuk model ini, layer hanya diberikan pada ujung-ujung rambutnya saja , rambut tidak ditipiskan berlebihan, sehingga masih berkesan tebal dan bervolume.

Model ini cocok untukuk segala bentuk wajah dan bagus untuk rambut si kecil yang lurus maupun ikal. Model rambut ini sangat mudah menatanya, maupun memanjangkannya.

 

Inpirasi Model Poni Rambut Anak Perempuan Korea

Gaya rambut Wanita Korea tidak lepas dari ciri khasnya yaitu poni yang membingkai wajah sehingga semakin menonjolkan wajah cantiknya menjadi lebih imut dan mempesona.

Selain itu memberikan poni untuk si kecil juga akan memastikan rambutnya tidak menganggu penglihatannya saat beraktivitas.

Setelah bunda memilih model potongan rambut anak perempuan Korea untuk si kecil, kini bunda hanya tinggal melengkapi tampilan si kecil dengan memilih model poni yang sesuai dengan selera dan cocok untuk si kecil.

Model- model poni ini bisa cocok untuk segala guntingan jadi bunda bisa mix and match dan menggantinya setiap beberapa bulan agar penampilan si kecil tidak membosankan. Seru ya! Yuk simak inspirasi poni cantik ala artis Korea.

Curtain Bangs

Inpirasi Model Poni Rambut Anak Perempuan Korea

Model poni ini disebut “curtain” karena membentuknya yang menyerupai tirai membingkai wajah. Sangat cocok untuk menutupi dahi yang lebar.

Untuk mendapatkan look ini, potong poni si kecil jangan terlalu pendek ya bunda. Bisa dibuat patokan kepanjangan sedikit dibawah alis agar kesannya lebih natural.

Baca juga : Cara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Model rambut anak perempuan Korea dengan Poni ini juga sangat flexible, apabila mulai bertumbuh panjang, bunda hanya tinggal menyisirnya ke arah samping dan jatuhnya juga masih natural.

See-Through Bangs

Model Rambut Anak Perempuan Korea See-Through Bangs

Disebut juga dengan poni tipis atau poni jarang. Merupakan salah satu trend rambut oara artis-artis Korea yang sering ditampilkan.

Poni ini memberikan kesan tampilan yang polos dan imut. Berbeda dengan poni rata yang tebal, poni seperti ini hanya mengambil sebagian kecil rambutnya lalu dipotong sebatas alis atau atas mata.

Baca juga : Model Rambut Anak Laki – Laki Ikal Modern

Makan jatuhnya tidak akan terkesan tebal. Poni ini juga sangat cocok untuk si kecil yang bentuk mukanya bulat.

Bold Bangs

Bold Bangs

Gaya poni ini dibuat tebal dan rata segaris dengan alis si kecil. Model poni ini juga sangat cocok untuk si kecil yang bentuk wajahnya oval atau panjang. Poni ini akan memberikan tampilan yang imut, apalagi ketika dipadukan dengan ponytail , kuncir dua, mapun kepang.

Namun untuk model poni ini, agar jatuhnya tetap rapih, bunda perlu merapihkannya secara rutin yaitu dengan melakukan trimming setiap 1-2 bulan ya, agar jatuh rambutnya tetap rapih dan tidak menusuk-nusuk mata si kecil.

Baca juga : Model Potongan Skin Rambut Anak Laki-Laki

Side Bangs

Side Bangs

Ingin memanjangkan poni si kecil? Model poni samping juga masih tetap populer untuk anak perempuan Korea yang tampilannya ingin lebih elegan.

Cocok sekali untuk si kecil yang bentuk wajahnya kotak atau bulat. Bunda bisa memotongnya memanjang ke arah kiri atau kanan bergantung pada jatuh belahan alami rambutnya dan wajah si kecil sebelah mana yang ingin bunda tonjolkan.

Baby Bangs

Baby Bangs

Untuk model rambut anak perempuan Korea ini, poni dipotong pendek jauh di atas alis. Model ini terbilang agak ekstrem namun akan memberikan tampilan super trendy untuk si kecil.

Cocok untuk si kecil yang wajahnya kecil dan tirus, maka poni ini akan semakin menonjolkan wajah imutnya. Poni ini juga sangat Low Maintenance karena pendek tidak cepat menutupi penglihatan si kecil.

Selain untuk tampil cantik , pastikan potongan rambut untuk anak-anak haruslah yang simple dan nyaman dikenakan untuk beraktivitas ya bunda. Model rambut anak perempuan Korea ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena selain cantik, menata dan merawatnya juga mudah.

Baca juga : Cara Kuncir Rambut Anak Perempuan Yang Cantik dan Mudah

Kalau bunda perhatikan, rambut wanita dewasa maupun anak perempuan Korea selalu tampak indah, sehat, dan berkilau alami.

Agar rambut si kecil selalu sehat dan indah, apapun model rambut yang dipilih bunda untuk si kecil, jangan lupa untuk tetap merawatnya ya.

Hair Lotion candle nut celery

Yaitu dengan menggunakan rangkaian produk perawatan rambut yang formulanya aman untuk si kecil. Bunda bisa menggunakan Shampo dan Hair Lotion dari Cussons Baby varian Candle Nut and Celery, yang kaya akan nutrisi yang baik untuk menyehatkan , menghitamkan, dan menambah kilau rambut. Si kecil pasti akan semakin percaya diri memamerkan rambut indahnya.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

Penyebab Bruntusan Di Kepala Bayi Baru Lahir
Penyebab Bruntusan Di Kepala Bayi Baru Lahir

Bruntusan di kepala bayi baru lahir seringkali membuat bunda menjadi cemas karena selain bayi menjadi gelisah karena merasa kurang nyaman, dikhawatirkan juga bruntusan tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi.

Sebenarnya apa penyebab bruntusan di kepala bayi baru lahir, dan bagaimana cara mengatasinya?

 

Penyebab bruntusan di kepala bayi baru lahir

Bruntusan di kepala bayi baru lahir dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon terjadi karena saat bayi berada dalam kandungan, bayi dipengaruhi oleh kadar hormon ibu. Saat bayi sudah lahir, pengaruh hormon ibu berkurang dan tidak ada lagi untuk kemudin digantikan oleh hormon bayi sendiri.

Bruntusan akibat perubahan hormone ini disebut juga Milia neonatal dan didapatkan pada 50% bayi baru lahir. Milia neonatal didapatkan juga di sekitar hidung dan pipi bayi selain di kulit kepala.

2. Dermatitis atopik atau alergi

Yang mempengaruhi dermatitis atopik dan alergi pada bayi adalah makanan yang dikonsumsi ibu dan keluar melalui ASI. Atau bisa juga bayi tidak cocok dengan susu yang diminum apabila bayi mengkonsumsi susu formula.

Dermatitis atopik atau alergi ditandai dengan bruntusan yang gatal dan kemerahan. Sehingga bayi tampak tidak nyaman dan berusaha menggaruk kepalanya.

3. Biang keringat

Biang keringat atau disebut juga Miliaria rubra sendiri merupakan penyumbatan kelenjar keringat akibat bayi berada dalam iklim panas dan lembab, dan saluran keluar kelenjar keringat tertutup.

Bisa karena bayi terlalu sering dipakaikan topi, atau udara yang terlalu lembab di sekitar bayi. Biang keringat ditandai dengan bruntusan kemerahan yang tidak gatal.

4. Pemakaian produk perawatan bayi yang bersifat menutup kelenjar keringat bayi

Kelenjar keringat bayi baru lahir masih belum berkembang sempurna sehingga pemakaian produk yang bersifat menyumbat kelenjar keringat bayi akan menyebabkan bruntusan di kepala bayi baru lahir

Baca juga : Apa Itu Lanugo Pada Bayi Baru Lahir?

Bagaimana mengatasi bruntusan di kepala bayi baru lahir?

Cara mengatasi bruntusan di kepala bayi baru lahir antara lain:

  1. Hindari memakaikan topi dalam jangka waktu lama kepada bayi, terutama apabila cuaca sedang panas dan kelembaban tinggi
  2. Amati makanan yang dikonsumsi bunda apabila bayi masih minum ASI. Apabila bayi sudah mpasi, amati apakah ada makanan tertentu yang memicu timbulnya bruntusan di kepala bayi baru lahir. Makanan makanan seperti telur, ikan, makanan laut atau bumbu penyedap merupakan penyebab terbanyak. Gunakan prinsip 3 hari pemberian makanan yang sama untuk melihat respon bayi terhadap makanan. Atau bunda dapat menggunakan prinsip eliminasi, yaitu menghilangkan satu jenis makanan yang dicurigai sebagai penyebab selama seminggu sambal mengamati apakah bruntusan di kepala bayi baru lahir mambaik atau tidak.
  3. Jangan mengoleskan produk perawatan yang tidak hypoallergenic di kulit kepala bayi. Produk hypoallergenic artinya produk tersebut sudah teruji klinik tidak menyebabkan iritasi ataupun alergi pada kulit kepala bayi baru lahir
  4. Hindari mengoleskan lotion atau minyak yang terlalu kental seperti minyak kelapa murni di kulit kepala bayi. Penggunaan produk yang terlalu kental berpotensi menimbulkan penyumbatan di kulit kepala bayi.
  5. Jangan menggunakan handuk untuk menggosok kulit kepala bayi dengan harapan dapat mengurangi bruntusan di kepala bayi baru lahir, sekalipun handuk dirasa lembut. Gesekan handuk pada kulit kepala bayi dapat mengakibatkan bruntusan menjadi iritasi dan terasa perih. Cukup tepuk tepuk lembut rambut dan kulit kepala bayi dengan menggunakan handuk untuk mengeringkannya.
  6. Hindari menyisir rambut bayi dengan sisir berbahan plastic. Gunakan sisir berbentuk sikat atau berujung karet yang lembut sehingga tidak menyebabkan bruntusan terkelupas
  7. Jaga kebersihan kulit kepala bayi. Keramas rambut bayi dengan shampoo bayi dengan bahan alami dan hypoallergenic secara rutin sesuai usia bayi dan menggunakan air hangat. Keringkan rambut dan kulit kepala bayi dengan lembut menggunakan handuk.
  8. Tempatkan bayi di ruangan bersuhu sejuk untuk menghindari bayi berkeringat terlalu banyak yang akan memicu timbulnya bruntusan di kepala bayi baru lahir

Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi Baru Lahir

Kapan harus ke dokter?

Pada dasarnya, bruntusan di kepala bayi baru lahir akan sembuh dengan perawatan di rumah. Namun bunda dapat membawa bayi bunda ke dokter untuk diperiksa apabila terdapat tanda tanda berikut ini:

  1. Bruntusan di kepala bayi baru lahir  tidak kunjung sembuh walau bunda telah mencoba car acara tersebut diatas dalam waktu seminggu atau lebih
  2. Terdapat tanda tanda infeksi pada area bruntusan di kepala bayi baru lahir seperti; tampak nanah, area bengkak kemerahan, atau bayi tampak gelisah atau demam
  3. Bruntusan di kepala bayi baru lahir tampak meluas hingga leher, wajah, dan punggung serta tangan bayi
  4. Bruntusan di kepala bayi baru lahir disertai dengan gejala lain seperti adanya area kebotakan meluas, rambut bayi mudah rontok dan rapuh, serta adanya kerak kekuningan yang menebal pada kulit kepala bayi

Bruntusan di kepala bayi baru lahir

Miliaria rubra pada kepala bayi 

Bruntusan di kepala bayi baru lahir yang tidak diatasi dapat menyebabkan bayi menjadi tidak nyaman dan gelisah. Oleh sebab itu sebaiknya bunda dapat memperhatikan tips tips dari kami di atas untuk dapat membantu mengatasi bruntusan di kepala bayi baru lahir.

Baca juga : Apa itu Tinea Capitis dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tidak perlu cemas berlebihan dan tetap lakukan perawatan sehari hari sesuai anjuran sambal memperhatikan apakah ada perbaikan pada bruntusan. Apabila tidak kunjung membaik, maka bunda dapat menghubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan terhadap bruntusan di kepala bayi baru lahir.

 

ditulis oleh: dr. Cindy Paulina, Dipl CIBTAC, Dipl CIDESCO

 

 

Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut Dan Dapatkan Manfaatnya
Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut Dan Dapatkan Manfaatnya

Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut – Minyak kemiri sudah dikenal banyak orang akan manfaatnya untuk memperindah, menyuburkan, hingga menyehatkan rambut. Bahkan orang tua zaman dahulu selalu menganjurkan perawatan rambut bayi dengan menggunakan minyak kemiri.

Nah, agar bisa mendapatkan manfaat minyak kemiri yang optimal, ketahui cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut berikut ini yuk, Bunda.

Kemiri (Aleurites moluccanus) banyak tumbuh di daerah-daerah tropis, salah satunya di Indonesia. Sebutan untuk kemiri di berbagai daerah di Indonesia juga berbeda-beda.

Di antaranya, kereh (Aceh), muncang (Sunda), kameri (Bali), buah koreh (Minangkabau), sakete (Ternate), engas (Ambon), dan lainnya.

Sementara di luar negeri, kemiri dikenal dengan beberapa nama, seperti Indian walnut, candlenut, candleberry, atau kukui nut.

Sebelumnya Bunda perlu tahu nih, kalau biji kemiri tak boleh dikonsumsi mentah-mentah. Sebabnya, di dalam biji kemiri terdapat zat-zat beracun.

Biji kemiri pun harus diolah terlebih dulu ya, Bun. Biji kemiri banyak dimanfaatkan dan diambil ekstraknya, salah satunya sebagai sumber minyak. Itu karena pada bagian daging biji kemiri terkandung minyak.

 

Mengolah Kemiri Menjadi Minyak

Pengolahan biji kemiri menjadi minyak ada beberapa cara. Bunda juga dapat mengolah sendiri biji kemiri menjadi minyak dan bisa dilakukan di rumah. Bahannya pun mudah.

Bunda cukup menyiapkan biji kemiri yang bisa dibeli di pasar atau toko terdekat di rumah. Semakin banyak kemiri yang disiapkan, semakin banyak pula minyak didapatkan.

Proses pengolahannya pun mudah, cepat, dan lebih hemat. Beberapa cara pengolahan biji kemiri di antaranya adalah disangrai, dibakar, dipanggang, dan diperas.

Cara membuatnya, Bunda bisa menyangrai, membakar, atau memanggang kemirinya terlebih dulu hingga kemiri berubah warnanya. Kemiri yang sudah disangrai atau dibakar, kemudian dihaluskan.

Bunda dapat menghaluskan kemiri dengan cobek, alat tumbuk, atau di blender. Haluskan kemiri hingga keluar minyaknya. Setelah itu, saring kemiri yang sudah dihaluskan tersebut untuk memisahkan ampas dan minyak dari kemiri itu.

Ada pula kemiri yang diolah dengan cara dioven atau dipanggang. Kemiri yang sudah dioven dan berubah warnanya, kemudian dihaluskan.

Kemiri yang sudah halus disimpan di toples kaca, kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Minyak kemiri pun akan keluar dengan sendirinya.

Bunda juga bisa langsung menghaluskan kemiri dengan cara diparut atau di blender. Saat dihaluskan dengan blender atau diparut, tuang air sedikit demi sedikit. Kemudian saring untuk memisahkan air dan ampas kemirinya.

Simpan air perasan kemiri tersebut di dalam toples kaca atau wadah tertutup lainnya dan diamkan selama 24 jam. Keesokannya, Bunda dapat merebus air kemiri tersebut dengan api sedang dengan mengaduk-aduknya secara perlahan.

Tunggu hingga mendidih dan mengeluarkan minyak. Minyak yang dihasilkan dari proses ini biasanya bening. Nah, mudah kan, Bunda!

minyak kemiri sebagai masker rambut, kondisioner, dan perawatan kulit kepala
minyak kemiri sebagai masker rambut, kondisioner, dan perawatan kulit kepala (Foto: Freepik)

Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut

Setelah kemiri diolah menjadi minyak, Bunda dapat menyimpan hasil minyak kemiri tersebut di dalam wadah tertutup. Nah, minyak kemiri buatan sendiri ini dapat digunakan untuk berbagai pengobatan dan perawatan tubuh. Salah satunya digunakan untuk perawatan rambut bayi.

Untuk perawatan rambut Si Kecil, Bunda dapat menggunakannya sebagai masker rambut dan perawatan kulit kepala.

Berikut ini cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut Si Kecil, Bunda. Ikuti langkah-langkahnya, yuk!

  1. Ambil minyak kemiri secukupnya dengan menuangkannya di mangkuk kecil.
  2. Kemudian, minyak kemiri dioleskan pada kulit kepala dan helaian rambut Si Kecil secara perlahan. Bunda dapat mengoleskan minyak kemiri ini saat kondisi rambutnya kering atau basah.
  3. Ratakan minyak kemiri ke seluruh kulit kepala dan rambut Si Kecil dengan sisir yang lembut atau sambil dipijat-pijat perlahan dengan jari Bunda agar nutrisi minyak kemiri dapat menyerap ke rambutnya.
  4. Tunggu sampai kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Bisa juga didiamkan selama semalaman. Gunakan penutup kepala agar minyak tak berceceran.
  5. Setelah didiamkan, Bunda bisa langsung membilas rambut Si Kecil dengan sampo dan air hangat untuk membersihkan minyak kemiri di rambut dan kulit kepalanya.
  6. Lakukan perawatan rambut Si Kecil dengan minyak kemiri secara teratur agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Selain itu, Bunda juga dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai kondisioner rambut yang alami. Sebagai kondisioner rambut alami, Bunda dapat menggunakannya setelah rambut Si Kecil dibasahi terlebih dulu.

Kemudian, oleskan minyak kemiri ke kulit kepala dan rambutnya saat kondisi basah sebagai kondisioner. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas rambut Si Kecil sampai benar-benar bersih dari minyak agar tidak menimbulkan masalah baru.

Baca juga : 8 Manfaat Minyak Untuk Rambut Sehat Dan Tebal

Sederet Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Apabila Bunda menggunakan minyak kemiri untuk rambut Si Kecil secara rutin, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Apalagi di dalam minyak kemiri terkandung nutrisi yang bisa membuat rambut dan kulit kepala jadi lebih sehat.

Di antaranya adalah vitamin C, B1, D, E, antioksidan, dan asam lemak esensial yang baik, seperti asam oleat (omega-9), asam linoleat (omega-6), dan asam linolenat (omega-3). Asam lemak ini mampu membawa nutrisi yang ada di dalam minyak kemiri ke dalam kulit.

Kandungan nutrisi lainnya adalah protein, mineral, gliserida, dan miristat. Selain itu, minyak kemiri juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Dengan segudang kandungan nutrisi di dalam minyak kemiri, berikut sederet manfaat yang didapat jika menggunakan minyak kemiri untuk rambut sejak dini.

1. Menguatkan rambut

Kandungan asam linoleat dan linolenat yang ada di dalam minyak kemiri mampu melapisi rambut, memberikan nutrisi, melembapkan, mencegah kerusakan, dan memperbaiki penampilan dan kilau rambut. Kandungan protein dan mineral di dalam minyak kemiri, dapat membantu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut.

2. Menumbuhkan rambut

Sudah sejak lama, minyak kemiri dipercaya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut dapat tumbuh panjang secara alami. Dengan akar rambut yang kuat, minyak kemiri dapat mencegah kebotakan.

3. Mencegah kerontokan

Minyak kemiri juga dapat menjaga folikel rambut tetap sehat dan bekerja dengan baik sehingga membantu mencegah kerontokan rambut sejak dini.

4. Mencegah ketombe

Minyak kemiri mampu melapisi kulit dan mengunci kelembapan sehingga dapat mencegah kulit kering dan timbulnya ketombe. Kandungan asam linoleat di dalam minyak kemiri berfungsi sebagai antiinflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe.

5. Menghitamkan rambut

Banyak orangtua yang menganjurkan perawatan rambut dengan minyak kemiri pada bayi agar Si Kecil mendapatkan rambut hitam yang berkilau.

Itu karena di dalam minyak kemiri juga terdapat kandungan asam gamma-linolenic yang fungsinya sebagai kondisioner alami bagi rambut. Dengan begitu, rambut akan lembap kembali. Kandungan omega-3 juga dapat membantu rambut tampak hitam berkilau.

 

Sederet manfaat minyak kemiri untuk rambut bayi
Sederet manfaat minyak kemiri untuk rambut bayi (Foto: Pixabay/Fujikama)

Hair Lotion dengan Kandungan Minyak Kemiri

Dalam mengolah minyak kemiri sendiri memang agak merepotkan bagi sebagian orang, apalagi jika Bunda memiliki kesibukan pekerjaan. Namun, Bunda dapat menggunakan minyak kemiri yang sudah dikemas di dalam botol, yang banyak dijual di pasaran.

Baca juga : Manfaat Seledri Untuk Rambut Bayi

Meski begitu, perhatikan keamanannya dan tetap waspada saat membelinya agar tidak salah membeli minyak kemiri palsu. Apalagi jika minyak kemiri ini akan digunakan untuk bayi Anda.

Hair Lotion candle nut celery

Salah satu produk yang mengandung minyak kemiri dan aman untuk digunakan sebagai perawatan rambut Si Kecil adalah Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery.

Baca juga : Manfaat Minyak Almond Untuk Rambut Sehat dan Lebat

Dengan manfaat minyak kemiri yang terkandung di dalamnya, hair lotion ini dapat memberi nutrisi sehingga merawat rambut dan kulit kepala bayi. Formulanya yang ringan dengan pH yang seimbang serta tidak pedih di mata, akan menjaga rambut Si Kecil tetap sehat, hitam, tebal, dan terasa segar.

 

REFERENSI
“Manfaat Kemiri untuk Rambut Serta Cara Membuat dan Menggunakannya”. Sehatq.com
“15 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bisa Bikin di Rumah!”. Allthingshair.com
“Kemiri (Aleurites Moluccana)”. Ccrc.farmasi.ugm.ac.id
“9 Amazing Benefits & Uses Of Kukui Nut Oil”. Organicfacts.net
“7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Jaga Kesehatannya Secara Alami”. Liputan6.com

 

Cara Merawat Rambut Anak Keriting Yang Tepat
Cara Merawat Rambut Anak Keriting Yang Tepat

Cara merawat rambut anak keriting  – Merawat rambut anak keriting memerlukan tips khusus. Hal ini dikarenakan struktur rambut keriting berbeda dengan rambut lurus.

Rambut keriting cenderung lebih mudah kering dan mengembang serta kusut. Dengan demikian tentunya bunda memiliki tantangan tersendiri dalam merawat rambut anak keriting agar dapat tumbuh dengan sehat.

 

Yang perlu bunda tahu mengenai rambut keriting

Rambut keriting memiliki beberapa karakteristik khusus seperti:

  1. Rambut keriting didapatkan dari keturunan. Walaupun dapat dilakukan pengeritingan pada rambut namun hasilnya tidaklah permanen. Apabila bunda dan suami memiliki Riwayat keluarga dengan rambut keriting, maka hal tersebut dapat diturunkan kepada anak bunda
  2. Batang rambut keriting menurut penelitian ternyata lebih pipih daripada rambut yang lurus. Inilah yang menyebabkan rambut keriting lebih rapuh dan mudah patah
  3. Rambut keriting cenderung lebih kering daripada rambut lurus
  4. Udara dan tingkat kelembaban yang rendah membuat rambut menjadi lebih keriting. Maka tak heran apabila anak berada dalam lingkungan bersuhu dingin dan kering, rambut anak menjadi lebih sulit disisir dan mengembang
  5. Rambut keriting cenderung lebih mudah kusut dan mengembang, sehingga perlu trik khusus dalam menata rambut keriting

 

Keuntungan memiliki anak dengan rambut keriting

cara merawat rambut anak keriting yang tepat (2)

Memiliki anak dengan rambut keriting memiliki beberapa keuntungan:

  1. Anak terlihat lucu dan unik. Walaupun pada dasarnya semua bayi dan anak anak terlahir lucu dan manis, namun tak jarang orang tua melihat anak dengan rambut keriting lebih unik. Hal ini dikarenakan anak yang dilahirkan dengan rambut keriting lebih jarang dibandingkan anak berambut lurus
  2. Bunda tak perlu repot menata rambut anak keriting. Anak berambut keriting sudah terlihat seperti ditata rambutnya walaupun bunda hanya meyisirnya dengan tangan

Baca juga : Serba-Serbi Rambut Bayi Baru Lahir Tidak Tumbuh Merata

Cara merawat rambut anak keriting yang tepat

Karena karakteristik rambut keriting yang berbeda seperti lebih kering, lebih rapuh dan cenderung mengembang dan kusut, maka perawatan rambut anak keriting juga berbeda dengan rambut anak yang lurus.

 

Berikut kami bahas cara merawat rambut anak keriting yang tepat:

  1. Jangan keramas terlalu sering. Dikarenakan minyak alami yang terdapat di rambut dapat berkurang dengan seringnya berkeramas sehingga membuat rambut semakin kering.
  2. Gunakan shampo anak berbahan alami untuk merawat rambut anak keriting. Bahan alami yang dimaksud adalah yang bersifat melembabkan rambut seperti minyak almond, avocado oil, minyak kelapa dan madu
  3. Oleskan minyak rambut atau baby hair lotion dengan kandungan bahan alami yang bersifat melembabkan rambut dan kulit kepala seperti minyak almond , avocado oil, minyak kelapa dan madu
  4. Hindari menyisir rambut anak keriting dengan sisir berbahan plastik. Gesekan antara rambut dengan sisir berbahan plastic akan menghasilkan listrik statis yang menyebabkan rambut keriting semakin kusut dan rapuh. Sebaiknya gunakan sisir berbahan kayu saat menyisir rambut keriting anak untuk menghindari terbentuknya listrik statis
  5. Gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut keriting anak. Sisir bergigi rapat akan membuat rambut keriting anak mudah tercabut dari akarnya serta rambut menjadi mudah kusut dan rapuh
  6. Hindari menyisir rambut keriting anak setelah rambut kering. Usahakan rambut disisir sesaat setelah keramas sehingga kondisi rambut masih lembab. Menyisir rambut saat sudah kering akan membuat rambut keriting anak mengembang dan kusut
  7. Jangan memaksa meluruskan rambut keriting anak saat menatanya dengan cara menyisirnya berkali kali dengan kuat dengan harapan rambut akan menjadi lebih mudah ditata. Tindakan tersebut justru akan menyebabkan rambut menjadi lebih mengembang dan membuat rambut menjadi tercabut dari akarnya
  8. Keramas rambut anak keriting dengan trik khusus ini. Hindari mencuci rambut anak keriting dengan menggosok gosok dan menggumpalkan rambut. Bagi rambut menjadi 4 bagian besar, usapkan shampo secukupnya pada kulit kepala lalu gosok dengan lembut. Setelah berbusa, usapkan busa shampo hingga ke ujung rambut hingga merata. Bilas rambut dan kulit kepala dengan air hingga bersih dan jangan menggosok gosok dengan keras dan menggumpalkan rambut karena hal tersebut akan membuat rambut anak keriting menjadi kusut dan sulit disisir.
  9. Hindari menggunakan alat pengering rambut walaupun dengan derajat kepanasan yang ringan. Alat pengering rambut akan membuat minyak alami rambut berkurang sehingga rambut keriting anak akan menjadi semakin kering dan kusut
  10. Gunakan handuk berbahan halus untuk mengeringkan rambut anak keriting. Handuk berbahan kasar akan menimbulkan gesekan yang besar terhadap rambut sehingga rambut keriting anak akan semakin mengembang dan sulit diatur
  11. Hindari menggosok gosok rambut anak dengan handuk saat mengeringkan rambut setelah keramas. Sebaiknya cukup mengeringkannya dengan menepuk nepuk rambut anak dengan lembut sampai air menyerap ke handuk
  12. Saat anak sedang bermain dan beraktivitas, rambut keriting yang mengembang cenderung membuat pergerakan anak menjadi tidak bebas. Ikatlah rambut anak dengan ikat rambut berbahan lembut yang lebar, namun hindari mengikat dengan terlalu kencang agar rambut tidak rapuh dan mudah patah
  13. Gunakan minyak alami seperti minyak zaitun untuk merawat rambut anak keriting. Oleskan minyak pada rambut bersih dari bagian tengah hingga ke ujung rambut. Hal ini dapat dilakukan sebelum menyisir rambut saat kering. Selain membantu mengurangi rambut menjadi mengembang dan kusut, minyak alami juga membantu melembabkan rambut keriting dan menutrisinya
  14. Apabila anak bunda sudah berusia di atas 2 tahun, bunda dapat mencuci rambut keriting anak dengan air dingin. Apabila anak bunda lebih suka mandi dengan air hangat, maka bunda dapat memandikan anak dengan air hangat dan berpindah ke air dingin untuk mencuci rambutnya. Air hangat merangsang kutikula rambut untuk membuka sehingga keramas dengan air hangat dapat menyebabkan kelembaban rambut berkurang.
  15. Potong rambut anak secara rutin. Rambut keriting cenderung mudah mengembang dan lebih rapuh. Memotong rambut anak secara rutin selain menghindari rambut menjadi mudah rontok, juga akan membuat anak dapat lebih leluasa saat beraktivitas
  16. Menurut American Academy of Dermatology, sinar matahari dapat membuat rambut keriting menjadi rusak dan lebih mudah patah. Pakaikan anak topi saat anak beraktivitas di luar rumah saat siang hari untuk membantu melindungi rambut anak dari paparan sinar matahari
  17. Segera bilas rambut anak dengan air dan shampoo sehabis anak berenang. Hal ini dilakukan karena kandungan klorin dalam air kolam renang dapat membuat rambut keriting anak menjadi semakin kering dan rapuh

Baca juga : Cara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Dengan merawat rambut anak keriting dengan tepat tentunya diharapkan rambut anak keriting dapat tumbuh dengan lebih sehat. Tidak perlu lagi bingung saat mendapati rambut anak bunda yang keriting ternyata lebih sulit dirawat dibanding rambut anak yang lurus.

Dengan mengetahui cara merawat rambut anak keriting dengan tepat, rambut anak keriting juga bisa kok mudah diatur dan lebih sehat.

 

ditulis oleh: dr. Cindy Paulina, Dipl CIBTAC, Dipl CIDESCO

 

 

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!