lotion bayi yang bagus

Seperti Apa Lotion Bayi yang Bagus untuk Merawat Kulit si Kecil?

Kulit bayi lebih sensitif dari kulit orang dewasa, itulah sebabnya kulit bayi butuh dirawat dengan menggunakan lotion bayi yang tepat. Lalu, Lotion Bayi yang bagus dan cocok untuk buah hati tercinta itu seperti apa, ya, Bunda? Yuk, simak penjelasanya berikut ini agar Bunda tak salah pilih. 

 

Benarkah si Kecil Membutuhkan Lotion Bayi?

Kulit bayi tak seperti kulit orang dewasa. Meski sekilas terlihat halus, sebenarnya kulit bayi sangat sensitif terhadap berbagai hal sehingga rentan kering. Ada banyak hal yang bisa membuat kulit si Kecil jadi kering, misalnya saja mandi dengan air hangat. Untuk menjaga kelembapan kulit si Kecil, penggunaan lotion untuk bayi menjadi salah satu andalan para Bunda.

 

Tentu saja penggunaan body lotion pada si Kecil bergantung pada kebutuhan si Kecil. Jadi Bunda tak perlu khawatir dan bisa bebas memilih akan menggunakan body lotion atau tidak. Penggunaan body lotion untuk bayi sendiri tidak boleh berlebihan dan sebaiknya memang dilakukan karena adanya kondisi tertentu. Beberapa kondisi yang membuat si Kecil memerlukan body lotion antara lain:

  • Air Mandinya terlalu Panas
    Kulit bayi sebenarnya memiliki perlindungan alami. Namun jika air mandinya terlalu panas, ditambah faktor eksternal lainnya, perlindungan alami ini bisa terkikis sehingga kulitnya jadi kering. Pastikan saat si Kecil mandi, airnya hangat dan setelah mandi Bunda bisa memberikan body lotion pilihan untuk menjaga kelembapan kulitnya.
  • Kondisi Cuaca yang Terlalu Panas atau Dingin
    Kulit bayi yang sensitif ini bisa jadi kering karena kondisi udara yang terlalu panas. Apalagi di Indonesia yang beriklim tropis dengan rata-rata suhu hariannya tinggi. Di kondisi cuaca yang seperti ini, tak heran kalau kulit si Kecil jadi kering.
  • Cuaca di luar ruangan
    Jika si Kecil sudah mulai aktif bergerak di luar ruangan atau Bunda sering mengajaknya beraktivitas di tempat terbuka, ia juga akan mudah berkeringat dan kulitnya pun akan semakin mudah kering. Nah, di saat seperti inilah body lotion untuk buah hati dapat melindungi kulit si Kecil dari sinar matahari sehingga tidak kering.

Kulit bayi juga cenderung mudah kering karena kelenjar keringatnya belum berfungsi dengan baik dan masih kesulitan beradaptasi dengan udara. Oleh karena itulah kulit si Kecil memerlukan perlindungan dan perawatan yang tepat agar ia bisa terus aktif bergerak dengan nyaman. Kehadiran lotion bayi yang cocok dan sesuai kebutuhan kulit si Kecil akan memberikan perlindungan yang optimal untuk menjaga kulit sensitifnya.

 

Apa Manfaat Menggunakan Lotion Bayi bagi Kulit si Kecil?

Lotion untuk bayi tak hanya bermanfaat untuk melindungi kulit si Kecil dari serangan cuaca panas, tapi juga melembapkan kulit si Kecil yang rentan kering karena faktor udara dan akibat terlalu sering atau terlalu lama mandi. Selain itu, body lotion yang bagus juga membantu bayi menjaga kelembapan alami kulitnya.

 

body lotion

Lotion Bayi Punya Banyak Manfaat Untuk Kulit si Kecil Yang Sensitif

 

Apa Bedanya Lotion Bayi dengan Perawatan Kulit Bayi Lainnya?

Tak hanya lotion, saat ini ada pula beberapa perawatan kulit bayi lainnya seperti baby cream atau baby oil yang sama-sama berfungsi melembapkan dan mencegah kekeringan pada kulit si Kecil. Dibandingkan kedua perawatan kulit bayi tadi, biasanya lotion bayi lebih encer karena mengandung jumlah air yang banyak. Dengan tekstur yang lebih encer ini, lotion untuk bayi dapat cepat menyerap ke dalam kulit bayi. Untuk melembutkan, dan melembabkan kulit si Kecil.

 

Bagaimana Memilih Lotion Bayi yang Tepat dan Cocok untuk si Kecil?

Memilih body lotion untuk bayi yang bagus tentu tidak boleh sembarangan lho, Bunda. Harus ekstra hati-hati karena kulit bayi cenderung kering dan sensitif sehingga membutuhkan perhatian lebih. Apalagi jika si Kecil memiliki masalah pada kulitnya seperti alergi. Jadi si Kecil memerlukan lotion yang dapat melindungi dan melembapkan kulitnya tanpa membuat kulitnya jadi bermasalah.

 

Seperti apa sih lotion yang bagus untuk melembapkan dan menjaga kulit si Kecil tetap halus? Supaya Bunda tidak bingung dalam memilih, berikut adalah cara memilih lotion yang bagus untuk merawat kulit si Kecil:

 

  • Pilih body lotion yang khusus dibuat untuk bayi.

Jangan gunakan lotion orang dewasa untuk si Kecil ya, Bunda. Struktur kulit bayi berbeda dengan orang dewasa, jadi pilihlah lotion khusus bayi yang memang bahan dan formulanya dirancang khusus untuk kulit bayi.

 

  • Pilih lotion bayi yang bagus dan sudah lolos uji klinis

Carilah lotion yang memang sudah lolos uji klinis. Dengan begitu, keamanan kandungan lotion terjamin.

 

  • Pilih lotion bayi yang kandungan pH-nya seimbang

Agar tak malah membuat kulit bayi semakin kering atau iritasi, pastikan lotion yang bunda pilih memiliki kandungan pH yang seimbang, mendekati pH kulit normal.

 

  • Pilih lotion yang mampu melembapkan dan mudah meresap di kulit

Ini adalah salah satu faktor terpenting karena lotion harus bisa membantu melembapkan serta melindungi kulit bayi agar tak mudah kering. Saat memilih lotion, perhatikan komposisi dan kandungan yang ada di dalamnya. Pastikan lotion untuk buah hati yang Bunda pilih memang memiliki kemampuan melembapkan kulit.

 

  • Hindari lotion bayi dengan bahan-bahan yang tidak cocok untuk kulitnya

Saat memerikan kandungan dan komposisi dalam body lotion, pastikan semua bahannya cocok untuk kulit si Kecil ya, Bunda. Beberapa kandungan atau bahan-bahan yang harus dihindari saat memilih lotion di antaranya: paraben, surfaktan sintetis, dan pewarna sintetis.

 

  • Tes Apakah Lotion Bayi Cocok di Kulit si Kecil

Untuk penggunaan pertama kali atau saat memilih lotion baru yang akan dipakai rutin, tak ada salahnya Bunda mengujinya terlebih dahulu di kulit si Kecil. Caranya, oleskan sedikit lotion tipis-tipis di kulit si Kecil. Diamkan selama kurang lebih 1 hari (24 jam). Jika tak ada reaksi seperti kemerahan atau alergi di kulit si Kecil, Bunda dapat meneruskan pemakaian lotion tersebut.

 

  • Konsultasikan ke Dokter

Jika body lotion untuk si kecil yang sedang dipakai ternyata menimbulkan reaksi alergi atau malah membuat kulit si Kecil bertambah kering, segera ganti lotion yang dipakai atau konsultasikan ke dokter.

 

Cussons Baby Happy Fresh Lotion merupakan salah satu lotion yang bisa Bunda pilih untuk menjaga kelembapan kulit si Kecil yang aktif bergerak. Selain sudah teruji klinis, mengandung pH yang seimbang, dan melembapkan kulit si Kecil hingga 24 jam, Cussons Baby Happy Fresh Lotion juga mengandung formulasi yang didukung Freshboost™ sehingga si Kecil akan tetap segar sepanjang hari.

 

Cara Menggunakan Lotion Bayi yang Tepat

baby lotion

Kenali Cara dan Panduan Dalam Menggunakan Baby Lotion Untuk si Kecil Yang Tepat

Setelah mendapatkan lotion yang cocok untuk si Kecil, tentunya harus dipadukan dengan pemakaian yang tepat dan rutin ya, Bunda, agar bisa melindungi dan melembapkan kulit si Kecil dengan optimal. Berikut beberapa tips cara menggunakan lotion:

  • Gunakan lotion bayi segera setelah ia mandi
    Mandi juga bisa menghilangkan kelembapan alami yang dimiliki kulit bayi, jadi sebaiknya segera oleskan lotion segera setelah bayi selesai mandi. Ada baiknya sebelum mandi Bunda sudah menyiapkan lotion yang akan dipakai sehingga segera setelah mengeringkan tubuh si Kecil, body lotion bisa langsung dioleskan. Jangan lupa bersihkan tangan sebelum mengoleskan lotion di tubuh si Kecil, ya, Bunda.
  • Lotion bayi sebaiknya digunakan rutin setiap hari
    Untuk mendapatkan manfaat optimal, gunakan lotion secara rutin tiap hari. Ini akan membantu kulit bayi mempertahankan kelembapan alami yang dimilikinya.
  • Berikan perhatian khusus pada bagian kulit yang agak tebal
    Bagian-bagian dengan kulit yang agak tebal seperti siku dan lutut bayi biasanya membutuhkan kelembapan ekstra karena lebih mudah kering dibanding bagian lainnya.
  • Hindari Bagian Tertentu
    Area sekitar mata, hidung, dan mulut tidak perlu dioleskan body lotion. Hal ini untuk menghindari iritasi terjadi pada kulit di area tersebut.
  • Pilihlah Satu Produk Body Lotion Saja
    Sebisa mungkin, hindari menggunakan lebih dari satu produk body lotion di waktu yang bersamaan.
  • Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa Lotion untuk Si Kecil
    Selalu cek tanggal kedaluwarsan produk perawatan untuk kulit si Kecil. Selain itu, hindari menyimpan lotion bayi dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung untuk menjaga isinya agar tidak rusak.

Jika kulit bayi alergi, iritasi, sangat kering, sebelum atau setelah memakai lotion bayi, sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini pada dokter spesialis anak yang Bunda percaya, ya.

 

 

 

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top