perkembangan bayi 7 bulan

Mendampingi Aktifnya Perkembangan Bayi di Usia 7 Bulan

Bayi kesayangan Bunda kini umurnya bertambah lagi satu bulan! Semakin banyak saja, ya, perkembangan kemampuan yang bisa Bunda lihat pada si Kecil. Pada perkembangan bayi 7 bulan, si Kecil yang mulai aktif bergerak perlu didampingi sebaik-baiknya oleh Bunda agar sang buah hati siap menjalani pengalaman baru! Yuk, cari tau apa saja tahap pertumbuhan yang akan dialami bayi di usia 7 bulan ini.

 

perkembangan bayi 7 bulan

Si Kecil Usia 7 Bulan Sedang Berkembang Dengan aktif - aktifnya

 

Apa Saja Kemampuan Si Kecil pada Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan?

Akan ada banyak perkembangan yang bisa Bunda temukan pada bayi 7 bulan. Beberapa di antaranya:

 

  • Perkembangan Motorik

Bayi akan semakin aktif bergerak dan merangkak. Ia akan semakin mantap merangkak dan memegang atau meraih berbagai barang. Di usia ini, ada juga bayi yang langsung berjalan dan tidak melewati fase merangkak. Apa pun yang terjadi pada si Kecil, Bunda tak perlu khawatir selama koordinasi tangan dan kakinya berjalan dengan baik.

 

Meski sudah bisa bergerak, namun kemampuan motorik bayi 7 bulan sesungguhnya belum cukup baik sehingga meski bersemangat untuk bergerak, ia tidak bisa merangkak atau memegang barang sesuai keinginan hatinya.

 

Di usia ini, perkembangan motorik si Kecil membuatnya tak hanya aktif bergerak tapi juga memegang barang dan mainan. Ia bahkan sudah bisa diajari untuk memegang sendiri sendok dan botol minumnya meski belum bisa mengontrol pegangannya tersebut.

 

  • Perkembangan Fisik: Tumbuh Gigi

Selain pergerakannya yang semakin aktif, di usia ini pula gigi bayi akan terus tumbuh dan kadang bayi mengeluarkan banyak air liur. Pertumbuhan gigi bayi yang dimulai di usia ini menyebabkan adanya rasa gatal dan tak nyaman di gusinya. Bayi pun akan lebih mudah rewel karena gigi yang tumbuh menyebabkan gusinya terasa gatal dan nyeri.

 

Namun semua hal ini normal terjadi pada bayi 7 bulan. Bunda dapat memberikan si Kecil mainan yang memang dirancang khusus untuk digigit-gigit agar rasa gatal di gusinya bisa sedikit berkurang.

 

  • Perkembangan Kemampuan Sosial

Pada usia ini, bayi juga mulai terlihat takut ketika bertemu orang baru atau tak mau jauh-jauh dari sisi Bunda. Ini juga hal yang wajar karena bayi mulai bisa merasakan cemas dan merasa lebih aman di sekitar orang-orang atau benda yang ia kenal dengan baik. Bukan berarti si Kecil adalah anak yang manja atau cengeng, namun saat Bunda tak ada di dekatnya atau ia bertemu muka-muka asing yang tidak dikenal, bayi akan merasa tidak nyaman dan menangis.  Biasanya bayi 7 bulan memang cenderung menjauh dari orang asing yang tidak dikenalnya.

 

  • Perkembangan Otak

Bayi akan mengalami perkembangan otak dan kemampuan mengingat yang cukup signifikan. Itulah sebabnya di usia ini, ia akan senang sekali diajak bermain cilukba, karena ia mulai memahami konsep keberadaan sebuah objek. Saat bermain cilukba, bayi di usia ini tidak menangis karena ia paham, barang atau orang tersebut hanya “hilang” sementara karena tidak terlihat.

 

Bayi 7 bulan yang otaknya semakin berkembang menyukai hal yang diulang-ulang. Jadi pantas saja jika si Kecil senang mendengar lagu kesukaannya diputar terus-menerus atau melakukan satu permainan berulang-ulang tanpa merasa bosan. Ia pun semakin mahir mengingat dan bisa membedakan antara orang yang dia kenal dan orang-orang yang tidak dia kenal.

 

Jika si Kecil senang atau tertarik melihat dirinya sendiri di cermin, ini juga disebabkan oleh kemampuan otaknya yang semakin berkembang. Bayi 7 bulan bisa dibilang mulai mengenal dirinya sendiri.

 

  • Perkembangan Komunikasi

Kemampuan komunikasi bayi juga makin aktif, nih, Bunda! Ia mulai bisa mengoceh meski kata-katanya tentu belum jelas. Selain mulai aktif berbicara dengan kata-kata yang lebih sulit dibandingkan bayi 6 bulan, bayi 7 bulan juga mulai bisa memahami nada suara serta ekspresi yang Bunda keluarkan.  Jadi, di usia ini bayi kadang bisa memahami saat Bunda meninggikan suara atau melarang dengan nada suara yang berbeda dari biasanya.

 

Bayi 7 Bulan Bisa Apa?

Nah Bunda, di bulan ke tujuh ini, perasaan Bunda biasanya menjadi tak menentu menghadapi si kecil yang belum bisa begitu bebas bergerak dengan lancar namun begitu bersemangat menemukan hal-hal baru disekitarnya. Di bulan ini, si kecil akan mulai mengetahui apa yang ia inginkan namun belum memiliki kemampuan motorik yang cukup baik---ketangkasan dan mobilitas—untuk meraihnya. Hal ini pastinya membuat si kecil kesal dan ia akan dengan jelas memperlihatkannya ke Bunda.

 

Di sisi lain, walaupun si kecil masih belum begitu lancar merangkak, namun ia akan mulai dapat mengatur posisi duduknya dengan baik. Sebagian bayi punya tangan lebih kuat dibandingkan dengan kakinya, mereka akan lebih mudah bergerak mundur dibandingkan maju, Bun.

 

Bayi yang lain biasanya akan merangkak dengan mencoba menggerakkan perut dibandingkan dengan kaki mereka. Selebihnya, bayi yang lainnya akan lebih memilih menikmati bagaimana dunia berjalan sambil bercakap-cakap dengan Bunda. Si kecil juga mulai dapat duduk tanpa banyak bantuan, namun sebaiknya Bunda tetap berhati-hati untuk tetap mengawasi si kecil karena keseimbangannya belum sepenuhnya sempurna.

 

Di bulan ketujuhnya, si kecil mulai mengerti tentang keberadaan benda seperti ketika Bunda menyembunyikan mainannya dari hadapannya, ia akan tahu bahwa mainan itu ada pada Bunda! Si kecil juga mulai bisa melambaikan tanganya untuk mengucapkan salam perpisahan. Baginya, dunia merupakan sebuah objek yang begitu menyenangkan!

 

Ia akan sering merasa kesal ketika Bunda meletakkannya di tempat tidurnya, jadi sebaiknya Bunda menenangkan si kecil dengan suara halus agar ia mulai mandiri untuk bisa beristirahat sendiri. Para bayi yang tidak tidur siang akan beristirahat lebih lama di malam hari, apalagi kalau mereka sudah mulai dapat mencerna makanan padat.

 

Si kecil akan mulai belajar mencerna beberapa jenis makanan padat dan menikmati berbagai citarasa dan tekstur makanan di dalam mulutnya. Sebaiknya tawarkan satu atau dua jenis makanan beberapa kali untuk membuat si kecil terbiasa dengan rasa makanan tersebut ya, dan bersabarlah. Si kecil juga kemungkinan mulai dapat mengangkat gelas bergagangnya sendiri loh, Bun!

 

perkembangan bayi pada usia 7 bulan

Bayi 7 Bulan Aktif Bergerak dan Melakukan Berbagai Hal

Mendampingi Bayi Usia 7 Bulan yang Aktif Bergerak

Bayi akan belajar merangkak dan senang meraih berbagai macam barang. Dengan semakin aktifnya si kecil, pastikan kondisi lingkungannya semakin mendukung perkembangan bayi 7 bulan. Beberapa hal yang bisa Bunda lakukan antara lain:

 

  • Bantu Redakan Rasa Gatal di Gusinya

Tumbuhnya gigi tentu membuat gusinya terasa gatal. Inilah yang menyebabkan munculnya “hobi” baru si Kecil memasukkan benda atau tangan ke dalam mulut. Untuk mengatasi hal ini, selain memberikan mainan teether yang memang fungsinya untuk digigit bayi 7 bulan. Bunda juga bisa memberikan buah-buahan dingin yang sudah diblender untuk mengurangi rasa gatal di gusi ini.

 

  • Lakukan Rutinitas yang Konsisten

Karena si Kecil pada tahap perkembangan bayi 7 bulan biasanya menyukai hal yang diulang-ulang, Bunda bisa melakukan berbagai rutinitas yang konsisten untuk membuatnya merasa nyaman dan juga melatih pendengarannya. Misalnya menyanyikan lagu favoritnya sambil melakukan gerakan yang diulang-ulang atau membacakan cerita yang sama tiap malam sebelum ia tidur.

 

Bayi di usia ini juga pintar meniru, jadi manfaatkan hal ini untuk mengajarkan si Kecil merespons sesuatu dengan baik. Misalnya ajarkan ia melakukan gerakan melambaikan tangan saat berpisah dengan orang yang ia kenal.

 

  • Pastikan lantai tempat si Kecil merangkak dan bermain bersih

Dengan semakin aktifnya bayi, ia tentu akan semakin bersemangat merangkak atau pun bergerak ke sana kemari. Pastikan area lantai dan tempat bermainnya bersih agar ia tetap dapat bergerak dengan bebas tanpa ancaman kotor.

 

  • Jauhkan benda-benda yang berbahaya dari jangkauan si Kecil

Untuk menghindari kemungkinan si Kecil menabrak sudut-sudut perabotan yang tajam, tak sengaja menelan benda berukuran kecil atau memegang benda yang tajam saat ia aktif bergerak, sebaiknya letakkan benda-benda yang berbahaya di tempat yang memang tak terjangkau oleh bayi.

 

  • Berikan Permainan yang Merangsang Motorik & Ingatannya

Bayi 7 bulan memiliki kemampuan otak dan ingatan yang berkembang pesat, untuk itu tak ada salahnya Bunda memberikan permainan yang memang dapat merangsang perkembangan otak serta kemampuan motoriknya. Misalnya seperti permainan menyortir benda sederhana.

 

Agar si Kecil semakin bebas dan nyaman bergerak sesuka hati, Bunda juga dapat melindungi dan merawat kulit si Kecil dengan rangkaian produk Cussons Baby Newborn Range agar kulitnya tetap lembap. Selain formulanya yang lebih lembut untuk kulit bayi dan melembapkan, wanginya yang lembut di Cussons Baby Newborn Range juga disenangi oleh bayi, lho.

 

stimulasi bayi 7 bulan

Dampingi Perkembangan Bayi 7 Bulan Agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Itu tadi beberapa perkembangan bayi 7 bulan serta tips untuk mendukung tumbuh kembangnya. Jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan si Kecil agar bisa memberikan perlindungan serta perawatan yang terbaik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi tercinta ya, Bunda.

 

Setiap bayi punya perkembangan yang mungkin tak sama, jadi jika di ini si Kecil tersayang belum dapat melakukan hal-hal tadi, tak perlu panik karena bayi biasanya melakukan berbagai hal dengan kecepatan mereka sendiri. Namun bila Bunda khawatir, Bunda dapat konsultasikan dengan dokter spesialis anak jika perlu.

 

Tips Bulan Ini

Bunda mungkin akan cemas melihat si kecil yang mulai rewel ketika hendak ditinggal pergi ke ruangan lain, atau bisa jadi semakin senang karena sebagian bunda merasa begitu berarti bagi si kecil. Apapun yang Bunda rasakan, tetap didik si kecil untuk tidak terlalu rewel menghadapi situasi seperti ini ya.

 

Salah satu tips bulan ini untuk para Bunda untuk membantu mengontrol kerewelan si kecil adalah dengan memberikan mainan favoritnya dan mengajak si kecil berbicara dengan nada yang lembut! Yuk Bun, dicoba.

 

Fakta Seputar Si Kecil

Di bulan ini, gigi pertama si kecil mulai tumbuh, lho Bun! Gigi seri si kecil biasanya akan muncul terlebih dulu, namun jangan kuatir ya bila berjarak, karena hal ini akan menghilang dengan sendirinya seiring pertumbuhan gigi si kecil.

 

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Lagu-lagu penuh semangat dan irama nina bobo bisa membantu mengembangkan memori si kecil lho,

 

Yah. Yuk, nyanyikan lagu-lagu ini sesering mungkin bersama si kecil.

 

 

Selanjutnya: Perkembangan Bayi 8 Bulan

 

Sebelumnya: Perkembangan Bayi 6 Bulan

 

 

 

 

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top