perkembangan bayi 5 bulan

Optimalkan Perkembangan Bayi 5 Bulan dengan Pola Tidur yang Teratur

Memasuki usia 5 bulan, aktivitas bayi tak hanya diisi dengan tidur saja. Agar perkembangan bayi 5 bulan semakin maksimal, Ibu perlu membiasakan pola tidur teratur.

 

Selamat, Bun! Kini bayi Anda memasuki usia 5 bulan. Ini adalah masa transisi bagi bayi. Perkembangan bayi 5 bulan adalah ia akan sering mengoceh dan sudah mulai dapat duduk lebih lama (meski harus ditopang dengan bantal guling).

 

Beberapa bayi mungkin sudah dapat berguling sendiri, dari posisi terlentang menuju posisi tengkurap. Ini adalah permulaan yang baik sebelum ia akan mulai merangkak di bulan-bulan berikutnya.

 

Namun tetap perhatikan keamanan bayi ya, Bun. Ketika ia sudah bisa tengkurap sendiri, Anda tak boleh membiarkannya sendirian tanpa pengawasan, terutama ketika ia sedang tidur. Hal ini untuk mencegah bayi terjatuh dari tempat tidur atau bahkan tercekik tak bisa napas.

 

Perkembangan Bayi 5 Bulan Yang Harus Bunda Ketahui

 

Perkembangan bayi 5 bulan yang juga akan membuat Bunda bangga adalah kemampuannya memegang benda dan memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya. Ia akan lebih sering menarik benda-benda yang terlihat menarik yang ada di dekatnya. Bila bayi Anda minum dengan botol, ia mungkin sudah dapat memegang botolnya sendiri tanpa dibantu.

 

Bagaimana dengan pancaindra bayi 5 bulan? Kabar baiknya, penglihatan bayi akan semakin membaik di usia ini. Meski belum sempurna, namun bayi Anda sudah mulai bisa melihat berbagai benda dari jarak berbeda. Ia sudah mulai bisa membedakan warna, pola, maupun bentuk, tetapi tetap saja warna-warna primer seperti merah, biru, dan kuning yang paling menarik perhatiannya.

 

Anda mungkin akan gemas saat mendengar bayi Anda mulai mengoceh. Ia mulai bisa bersuara dan seperti mengucapkan mama atau papa. Namun jangan senang dulu, Bun! Pasalnya ia hanya senang mengeluarkan bunyi-bunyian dari mulutnya, bukan berarti ia sudah mengerti bagaimana memanggil orangtuanya. Tunggu beberapa bulan lagi sampai ia mulai dengan jelas mengucapkan mama atau papa untuk memanggil Anda.

 

Di usia 5 bulan, bayi akan mulai mengenali suara-suara di dekatnya. Ia mungkin akan tertarik mendengar gonggongan anjing tetangga atau ketika suara mesin mobil dinyalakan. Bayi Anda mungkin belum paham tetapi ia mulai akan menolehkan kepalanya ketika mendengar namanya dipanggil. Jadi, cobalah untuk mengucapkan namanya dengan jelas.

 

Coba putar lagu anak-anak yang nadanya menarik. Bayi Anda mungkin akan tepuk tangan, tersenyum, tertawa atau bahkan mengoceh seolah-olah ingin ikut bernyanyi. Atau tunjukkan mainan beraneka warna di hadapannya. Lihat bagaimana ia mulai tertarik untuk meraihnya dari tangan Anda. Anda juga bisa menyebutkan warna maupun nama benda tersebut untuk mengenalkan kosakata baru kepada bayi 5 bulan Anda.

 

Bayi 5 bulan Anda menyerap hal-hal baru dengan cepat. Ia akan dengan sendirinya belajar bahwa setiap aksi akan menimbulkan reaksi. Misalnya ketika ia melemparkan mainannya, maka Anda akan segera mengambilkannya untuknya. Maka jangan heran bila ia mulai mengulang-ulang aksinya ini karena tertarik melihat bagaimana Anda memberikan respons.

 

Sering-seringlah mengajak bayi Anda berbicara, entah dengan menyebutkan benda-benda apa saja yang dilihatnya atau dengan membacakan buku cerita. Di usia ini, bayi dengan cepat menyerap segala informasi baru.

 

Tidur cukup akan membantu perkembangan bayi 5 bulan

 

Semua pertumbuhan bayi tentu saja membutuhkan banyak energi. Sebagian besar bayi akan tidur sepanjang malam, sebagian lagi masih terbangun 1 - 3 kali di tengah malam untuk menyusu.

 

Meski tiap bayi memiliki pola berbeda, namun idealnya bayi 5 bulan membutuhkan:

  • 3 - 4 kali tidur siang dengan durasi total 3 - 4 jam sehari
  • 11 - 12 jam tidur malam

 

bayi 5 bulan

Bayi 5 bulan akan lebih susah tidur siang. Bunda harus mengajak si Kecil tidur agar bayi Bunda bisa tidur nyenyak malam hari

 

Mengingat ini masa transisi bagi bayi, beberapa bayi mungkin menolak untuk tidur siang dan lebih senang untuk eksplorasi. Biasanya bayi akan tidur satu kali di pagi hari setelah sarapan dan satu kali setelah makan siang. Cobalah untuk tidak menunda waktu tidur siang bayi. Ketika bayi terlihat mengantuk, saatnya Anda mengajaknya tidur.

 

Tidur siang di usia ini mungkin hanya sebentar saja, tetapi cukup sering. Ibu mungkin khawatir bayi akan kesulitan tidur malam ketika ia terlalu banyak tidur di siang hari. Percayalah, bayi Anda butuh tidur yang banyak agar ia memiliki energi untuk tumbuh kembangnya.

 

Biarkan anak Anda tidur siang meski hanya sejenak. Membuatnya terjaga terus di siang hari tidak akan membuatnya tidur nyenyak di malam hari. Bayi Anda justru akan rewel dan sulit tidur ketika ia dipaksa tetap terjaga di siang hari.

 

Membiasakan rutinitas tidur bayi untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 5 bulan

 

Ingin bayi 5 bulan Anda memiliki pola tidur teratur? Lakukan 5 kebiasaan ini setiap kali waktu tidur malam:

 

  1. Membiarkan bayi beraktivitas di sore hari

     

    perkembangan bayi 5 bulan

    Perkembangan Bayi 5 Bulan: Optimalkan Dengan Bermain Bersama si Kecil

     

    Setelah mandi sore dan makan malam, ajak bayi Anda beraktivitas. Ibu bisa mengajaknya menari sambil memutar lagu favoritnya. Atau bermain cilukba dan biarkan bayi tertawa. Dengan melepaskan energinya di sore hari, bayi Anda lebih siap untuk tidur malam.

 

  1. Memandikan bayi dengan air hangat

    Salah satu ritual agar bayi tidur nyenyak adalah dengan memandikannya. Bila ia sudah mandi sore, Ibu bisa mengelapnya menggunakan waslap dan air hangat. Jangan lupa basuh wajah, tangan, dan kakinya. Bila giginya telah tumbuh, jangan lupa menyikat gigi bayi. Gantilah popoknya dengan yang kering dan bersih. Pakaikan piyama yang nyaman untuk bayi.

 

  1. Bacakan cerita

    Membacakan cerita sejak dini akan menumbuhkan minat baca anak sekaligus melatihnya mengenal beberapa kosakata baru. Walau bayi belum dapat merespon saat Ibu membacakan buku, namun kemampuan berbahasanya akan bertambah. Beberapa bayi mungkin akan fokus mendengarkan suara Anda atau bahkan melihat warna-warni menarik yang ada di buku cerita.

 

  1. Pasang musik lembut

    Memutar musik pengantar tidur, musik klasik, atau suara alam akan mendukung suasana tenang yang membuat bayi akan cepat mengantuk. Putar dalam volume yang kecil saja. Ibu juga bisa menyanyikan lagu yang akan meninabobokannya. Bayi senang mendengar suara ibunya karena terasa menenangkan. Suara Ibu telah dikenal bayi sejak ia berada dalam kandungan.

 

  1. Redupkan lampu

    Bayi akan memahami bahwa ini sudah saatnya tidur ketika Ibu mulai meredupkan lampu. Gunakan lampu tidur kecil dan matikan lampu utama. Ucapkan selamat malam sambil mengecup lembut bayi Anda.

 

Dengan melakukan kebiasaan ini, bayi akan memahami ketika jam tidur tiba. Jangan lupa gunakan Cussons Baby Newborn Cream yang berfungsi melembutkan kulit bayi. Mengandung Minyak Zaitun organik, minyak chamomile alami, dan air murni sehingga cocok untuk kulit bayi yang tipis.

 

Yuk, coba praktekkan tips di atas Bun agar bayi dapat tidur lebih nyenyak dan teratur.

 

Selanjutnya: Perkembangan Bayi 6 Bulan

 

Sebelumnya: Perkembangan Bayi 4 Bulan

 
 

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top