perkembangan bayi 4 bulan

Dukung Perkembangan Bayi 4 Bulan dengan Memenuhi 7 Kebutuhan Dasarnya

Sebagai orangtua, Ibu tentu ingin memberikan yang terbaik agar perkembangan bayi 4 bulan sesuai dengan tahapan usianya.

 

Memasuki usia 4 bulan, bayi Anda mulai menunjukkan banyak kemampuan yang akan membuat Ibu terkagum-kagum. Perkembangan bayi 4 bulan tak hanya soal fisik tetapi juga bagaimana ia mengekspresikan diri.

 

Bayi Anda mulai menunjukkan karakternya yang unik, yang mungkin mirip dengan Ibu atau Ayah (atau malah gabungan keduanya!). Ia akan mulai banyak tersenyum, tertawa, dan mengoceh.

 

Seiring berjalannya waktu, Ibu pun sudah bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan bayi. Inilah kunci parenting sesungguhnya di bulan-bulan awal kelahiran bayi. Tugas Ibu dan Ayah adalah memastikan apa yang menjadi kebutuhan bayi dan kemudian menyediakannya.

 

Memang tak selamanya semua berjalan lancar. Ada saat-saat Ibu kebingungan menerjemahkan arti tangisan bayi. Mendadak ia berubah dari bayi yang manis menjadi sangat rewel.

 

Namun, jangan patah semangat Bun! Tetap penuhi kebutuhan dasar bayi agar perkembangan bayi 4 bulan semakin optimal.

 

Di usia 4 bulan, bayi Anda mulai ingin dimengerti. Ia sudah bisa protes ketika diletakkan di boks padahal masih ingin digendong. Tentu saja bentuk protesnya dilakukan dengan menangis.

 

Bayi sebenarnya sangat mahir dalam mengkomunikasikan perasaannya, tetapi karena ia belum bisa bicara, maka setiap kebutuhannya disuarakan lewat tangisan. Selain itu, bayi 4 bulan juga mulai aktif mengeluarkan berbagai suara seperti jeritan, ocehan, meniru bunyi yang didengar, dan sebagainya.

 

Bayi Anda mulai mengenali wajah-wajah orang terdekatnya. Tahun pertama kehidupan bayi merupakan saat ia belajar mempercayai orang lain dan siapa yang akan memenuhi kebutuhannya untuk tumbuh kembang.

 

Otak bayi benar-benar seperti spons yang menyerap segala informasi mengenai bagaimana ia dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Jika Anda menggendong bayi Anda ketika ia menangis, dan memberikannya segala bentuk cinta serta perhatian yang dibutuhkan ketika bayi Anda merasa tertekan, maka ia akan mendapatkan dari limpahan kasih sayang Anda maupun pasangan.

 

Memaksimalkan Perkembangan Bayi 4 Bulan dengan Memenuhi Kebutuhannya

 

Seiring berjalannya waktu, Ibu semakin mahir dan percaya diri dalam mengurus bayi 4 bulan. #NaluriMelindungi yang Ibu miliki tentu sangat dibutuhkan bayi di masa tumbuh kembangnya.

 

Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar perkembangan bayi 4 bulan semakin maksimal.

 

  1. Makan

    Menyusui bukan lagi jadi masalah untuk Ibu karena Anda sudah melewati masa-masa membingungkan, misalnya bagaimana posisi menyusui yang nyaman, apakah perlekatan bayi sudah sempurna, jadwal menyusui dan memompa ASI, dan sebagainya. Bayi 4 bulan masih perlu menyusu setiap beberapa jam meski jadwalnya tidaklah sesering bulan-bulan sebelumnya.
     
    Idealnya, bayi Anda akan merasa lapar setiap tiga hingga empat jam sekali. Pastikan bayi Anda tetap mendapatkan nutrisi yang cukup melalui ASI. Biarkan ia menyusu sampai merasa kenyang dan terlihat puas. Bayi 4 bulan belum bisa makan makanan padat, jadi tunggu sampai ia berusia 6 bulan ya, Bun. Biarkan sistem pencernaannya berkembang dulu hingga siap menerima makanan padat. Terlalu terburu-buru memberikan MPASI akan membahayakan keselamatan bayi Anda.

 

  1. Tidur

    Pola tidur bayi 4 bulan sudah jauh lebih teratur. Ibu tak perlu lagi bergadang atau terbangun tengah malam. Bayi 4 bulan akan memiliki waktu tidur malam yang lebih panjang. Cobalah mulai melatih bayi untuk tidur di boksnya tanpa harus digendong. Saat bayi mengantuk di siang hari, segeralah untuk mengajaknya tidur. Bila Anda menunda waktu tidur bayi di siang hari dengan harapan agar ia tidur lebih lama saat malam, cara ini tentu saja tidak tepat. Justru bayi akan rewel sepanjang hari dan mengganggu tidur malamnya.

 

  1. Kesehatan

     

    bayi 4 bulan

    Bayi 4 Bulan Harus dipastikan Kesehatannya dengan Memberikan Vaksin Secara Berkala

     

    Jangan lupakan jadwal imunisasi bayi Anda. Pastikan ia telah mendapatkan vaksin yang dibutuhkan oleh bayi 4 bulan. Cek juga kesehatan bayi Anda secara berkala ke dokter anak atau ke layanan kesehatan di sekitar Anda. Bagaimana bila ada imunisasi yang terlewat? Konsultasikan dengan dokter anak agar bayi Anda mendapatkan vaksin susulan. Bayi mungkin akan sedikit rewel saat disuntik namun hanya akan berlangsung sebentar. Anda harus bersabar demi kesehatan bayi Anda.

 

  1. Eksplorasi

     

    stimulasi bayi 4 bulan

    Stimulasi Bayi 4 Bulan Dengan Mengobrol bersama Bayi Anda dan Mengajarkan Mengenal Kedua Orangtuanya.

     

    Perkembangan bayi 4 bulan yang membuat Anda kagum adalah kemampuannya mengenali orang-orang terdekatnya. Ibu tak perlu memberikan gadget maupun TV untuk menstimulasi perkembangan bayi. Para ahli menyebutkan bahwa sebaiknya dua tahun pertama dalam hidup bayi tidak perlu dikenalkan dengan gadget. Yang dibutuhkan olehnya adalah limpahan kasih sayang dari orangtuanya. Sering-seringlah mengajak bayi mengobrol dan lihat bagaimana ia merespon Anda.

 

  1. Kebersihan

    Kulit bayi yang masih lembut dan sensitif harus dijaga kebersihannya. Gunakan Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash yang mengandung organic olive oil dan natural chamomile. Penggunaan chamomile dipercaya akan membuat bayi lebih tenang dan mengatasi berbagai masalah kulit. Formula Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash sepuluh kali lebih lembap dengan pH yang seimbang sehingga aman untuk kulit dan rambut bayi. Selain itu, produk ini juga tidak pedih di mata dan telah teruji secara klinis hipoalergenik.

 

  1. Rasa aman

    Ketika Ibu meletakkan bayi di lantai untuk eksplorasi, pastikan lantai bersih dan bebas dari barang-barang yang dapat membahayakan keselamatan bayi. Cek juga mainan, teether, boneka, atau selimut yang mungkin akan sering dimasukkan ke dalam mulutnya. Jangan sampai bayi memasukkan sesuatu yang kotor atau berbahaya ke dalam mulut.
     
    Ketika bepergian dengan mobil, selalu gunakan car seat yang aman untuk bayi. Jangan pernah sekalipun meninggalkan bayi di dalam mobil tanpa pengawasan meski hanya sebentar saja. Anda tak akan pernah tahu bahaya apa yang mengintai, mulai dari terkunci di dalam mobil, kehabisan oksigen, terkena heat stroke (sengatan panas), keracunan, hingga penculikan.

 

  1. Komunikasi

    Mainan yang berbunyi atau kerincingan akan menjadi benda favoritnya. Salah satu tahap perkembangan bayi 4 bulan adalah kemampuan dasar mengenai sebab-akibat. Ketika ia berpikir bahwa telah berhasil menghasilkan bunyi, ia akan merasa senang. Pada usia ini, bayi juga mulai dapat mengenali wajah orangtuanya.
     
    Oleh sebab itu, penting bagi Ibu dan Ayah untuk lebih sering mengajak bayi berkomunikasi. Bayi Anda mungkin belum memahami apa yang Anda katakan, tetapi justru inilah langkah awal bagaimana ia mempelajari komunikasi verbal. Bila bayi Anda mengeluarkan suara, beri respons seolah-olah Anda sedang mengerti dan sedang menjawab pertanyaannya. Bayi akan merasa bahwa Anda benar-benar memerhatikannya.

 
Tak perlu terlalu khawatir apakah yang Ibu lakukan sudah tepat atau belum. #NaluriMelindungi yang Ibu miliki tentu akan memastikan bayi Anda mendapatkan yang terbaik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Selamat menemani buah hati berkembang ya, Bun!
 

Selanjutnya: Perkembangan Bayi 5 Bulan

 
Sebelumnya: Perkembangan Bayi 3 Bulan

 
 

Related Posts

Tags: , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top