perkembangan bayi 2 bulan

Perkembangan Bayi 2 Bulan, Ini 3 Jenis Kemampuan yang Harus Ibu Ketahui

Buah hati tumbuh semakin besar. Yuk, cari tahu perkembangan bayi 2 bulan dan apa saja kemampuan yang sudah dimilikinya.

 

Perkembangan bayi 2 bulan Ibu semakin pesat. Buah hati semakin menggemaskan, dan mulai sering memberi reaksi pada obrolan Ibu. Ia pun tak lagi pelit memperlihatkan senyumannya. Tentu Ibu pun semakin semangat menstimulasinya agar buah hati terus memberi respons, kan?

 

Nah, agar interaksi dengan buah hati semakin menyenangkan, Ibu perlu tahu apa saja tahapan perkembang bayi 2 bulan. Kebiasaan dan perilaku buah hati tentu sudah berbeda dengan sewaktu ia berumur 1 bulan. Bisa dibilang, perkembangan bayi 2 bulan berlangsung sangat cepat.

 

Dengan mengetahui perkembangan apa saja yang dilalui buah hati Ibu yang berusia 2 bulan, akan lebih mudah bagi Ibu untuk memberi stimulasi yang tepat guna mendukung tumbuh kembangnya. Jadi, apa saja yang perlu Ibu tahu seputar perkembangan bayi 2 bulan? Cek di sini, ya, Ibu.

 

Tumbuh Kembang Buah Hati Bunda di Bulan ke 2

Memasuki minggu ke-5, si kecil akan mulai mencoba mengangkat kepalanya ketika sedang berbaring. Namun, hal yang paling ditunggu adalah ketika memasuki minggu ke-enam, dimana Bunda dapat melihat senyuman pertama si kecil.
 
Momen berharga ini akan diikuti dengan perkembangan lain yang mengagumkan, seperti mata si kecil yang mulai bisa mengikuti gerak benda memasuki minggu ketujuhnya. Pendengarannyapun akan semakin tajam dan ia terlihat senang setiap mendengar suara Bunda.
 
Pada bulan kedua pula, si kecil akan tidur lebih lama di malam hari dibandingkan siang hari. Namun ia masih belum dapat membedakan siang dan malam dengan baik. Untuk itu kita bisa mengajarkan si kecil agar bisa tidur dengan mandiri dengan cara, meletakkan si kecil di tempat tidurnya ketika ia mengantuk sehingga Bundapun akhirnya bisa beristirahat sejenak.
 
Selain pendengaran dan penglihatan yang semakin tajam, pada bulan kedua pula si kecil akan mengalami pertumbuhan pesat, sehingga Bunda perlu bersiap-siap untuk meluangkan lebih banyak waktu memberi ASI si kecil. Bunda juga sudah dapat memandikan seluruh tubuh si kecil, jadi pastikan kulit sensitif si kecil terlindungi dengan baik
 

Perkembangan Fisik Bayi 2 Bulan

  1. Tubuhnya semakin montok
    Pada usia 2 bulan, fisik buah hati tak lagi mungil dan rapuh seperti baru lahir. Tubuhnya semakin montok dan berisi, terutama di bagian paha, lengan atas, dan pipi. Hal ini membuat Ibu dan orang-orang di sekitar buah hati pun menjadi gemas dan ingin mencubitnya.
  1. Ukuran fisiknya membesar
    Ibu perlu tahu, bahwa rata-rata perkembangan bayi usia 2 bulan dari segi fisik akan mengalami pertumbuhan seperti berikut:
    - Berat badan buah hati naik sekitar 2 - 4 kilogram dari berat lahir
    - Panjang badannya bertambah sekitar 2,5 - 5 cm
    - Lingkar kepalanya bertambah sekitar 4 cm
  1. Pijatan dapat memaksimalkan pertumbuhan fisiknya
    Untuk menstimulasi perkembangan fisik bayi 2 bulan, Ibu bisa memberinya pijatan yang mampu menstimulasi perkembangan fisik buah hati. Selain terus memberinya ASI sebagai satu-satunya sumber makanan lengkap gizi bagi buah hati, Ibu juga bisa melakukan pijat bayi.
     
    Pijat bayi sendiri diketahui dapat membuat bayi mampu tidur lebih nyenyak, serta menghindari buah hati menangis dan rewel secara berlebihan. Seperti yang Ibu tahu, 75 persen hormon pertumbuhan dikeluarkan saat bayi tidur nyenyak, sehingga tidur nyenyak sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan dan perkembangan fisik buah hati yang optimal. Umumnya, bayi 2 bulan masih membutuhkan waktu tidur selama 14-16 jam sehari.
     
    Nah, agar tidurnya semakin nyenyak, saat memijat buah hati, Ibu bisa gunakan rangkaian Cussons Baby Newborn yang mengandungan minyak zaitun organik, minyak chamomile alami, dan air murni cocok menjaga kulit bayi baru lahir tetap halus, lembap, bersih, dan terawat.  Ibu bisa melakukan pijat bayi setelah buah hati mandi pagi maupun sore, atau malam sebelum ia lelap tertidur.

 

Kemampuan dan Perkembangan Motorik Bayi 2 Bulan

bayi 2 bulan

Mengenal Tahapan Perkembangan Motorik Bayi Usia 2 Bulan

  1. Bayi mulai banyak bergerak
    Buah hati Ibu mulai banyak bergerak karena tubuhnya semakin kuat. Selain bisa mengangkat kepala lebih tinggi dan menoleh lebih sering, buah hati juga mulai melakukan gerakan yang lebih halus dan terarah dengan tangan dan kakinya, misalnya berusaha menggapai wajah Ibu ketika ia sedang menyusu.
  1. Bayi mulai memiringkan tubuh
    Buah hati Ibu kini tak hanya berdiam diri di atas kasur. Saat berbaring, ia mulai menunjukkan kemampuan memiringkan badan ke kanan dan ke kiri, seolah ingin berguling. Ibu harus hati-hati, ya, jangan meninggalkan buah hati sendirian tanpa pengawasan ataupun pengamanan, terutama saat ia sedang berada di atas tempat tidur yang tinggi.
  1. Gerakan refleks berkurang
    Gerakan refleks yang menyentak seperti ketika ia baru lahir juga mulai berkurang. Jika biasanya ia refleks menggenggam erat jari tangan Ibu ketika telapak tangannya disentuh, di usia 2 bulan ini kekuatan genggamannya mulai berkurang. Buah hati sudah mulai tahu cara mengepal dan membuka jari-jari tangannya. Tangannya juga mulai melambai ke arah benda yang ingin digapai dan disentuhnya.
  1. Stimulasi dengan aneka benda
    Sering-seringlah menstimulasi buah hati agar perkembangan motorik bayi 2 bulan Ibu berlangsung pesat. Misalnya dengan memberinya mainan untuk digenggam, menyentuhkan benda-benda dengan tekstur yang berbeda-beda, seperti selimut, tisu, pakaian, dan mainannya. Atau, Ibu juga bisa menggantungkan mainan atau benda berwarna-warni yang  menarik di atas wajahnya agar buah hati terdorong untuk mengambil mainan tersebut.

 

Perkembangan Kognitif Bayi 2 Bulan

perkembangan bayi usia 2 bulan

Bayi Usia 2 Bulan Sudah dapat Mengenali Wajah dan Belajar Bicara

  1. Bayi mulai banyak tersenyum
    Sadarkah Ibu kalau buah hati mulai banyak tersenyum memasuki usia 2 bulan ini? Tak hanya itu, buah hati juga sudah mulai mengenali wajah orang-orang terdekatnya. Itu karena indera penglihatannya mulai bekerja dengan sempurna, sehingga buah hati sudah bisa melihat dari jarak yang cukup jauh.
     
    Buah hati juga sudah mulai mengenali suara-suara yang sering didengarnya, misalnya suara Ibu dan Ayah. Ketika mendengar suara yang tak asing baginya, buah hati akan menoleh sebagai bentuk respon dan berusaha mencari tahu keberadaan sumber suara yang didengarnya.
  1. Suka mengajak ngobrol
    Jangan heran jika buah hati mulai menunjukkan upaya untuk 'mengobrol' dengan Ibu, meski hanya sekadar teriakan dan bergumam yang Ibu tidak tahu artinya. Tidak apa-apa, tetap tanggapi senyum dan obrolannya, ya, Bu. Jangan diam saja ketika buah hati mengajak tersenyum, karena ini juga dapat memengaruhi perkembangan sosialnya kelak. Dengan Ibu terbiasa menanggapinya, buah hati pun akan semakin tertarik berlama-lama menatap wajah Ibu.

 

Itu dia 3 tahap penting perkembangan bayi 2 bulan yang perlu Ibu ketahui, sekaligus cara menstimulasi perkembangan buah hati agar optimal. Tapi Ibu tetap harus ingat bahwa tonggak perkembangan setiap bayi berbeda-beda, ya. Hanya karena buah hati belum mencapai satu tonggak perkembangan tertentu, belum tentu ada sesuatu yang salah dengan perkembangan bayi 2 bulan Ibu. Jadi, jangan panik, ya, Bu.

 

Agar Ibu tak panik dan bertanya-tanya, cobalah bertanya dan berkonsultasi dengan dokter anak spesialis tumbuh kembang mengenai tonggak perkembangan bayi 2 bulan. Dokter akan memeriksa beberapa parameter perkembangan dan pertumbuhan buah hati ibu, mulai dari berat badan, tinggi badan, lingkarlengan atas, lingkar kepala, serta kemampuan fisik dan motoriknya.

 

Hasil pemeriksaan parameter-parameter tersebut kemudian akan diplot ke dalam kurva pertumbuhan yang akan jadi bahan evaluasi apakah buah hati berada di jalur perkembangan yang sesuai dengan tahapan usianya.

 

Tips Bulan Ini

Memasuki bulan kedua, Bunda akan semakin percaya diri dan nyaman dalam menyandang status sebagai ibu. Selain karena Bunda telah makin dekat dengan si buah hati, Bunda juga mulai tahu apa yang disukai dan tidak disukai si kecil.
 
Di bulan kedua ini, ada baiknya bunda mulai menjaga pola makan Bunda ya agar kesehatan bunda tidak terganggu. Kesibukan Bunda dalam mengurus si kecil pasti membuat bunda melewatkan waktu makan. Yuk, tetap seimbangkan dengan menjaga asupan makanan yang bergizi dan baik untuk bunda.
 

Fakta Seputar Si Kecil

Penglihatan si kecil akan warna-warna semakin berkembang di bulan kedua ini! Si kecil akan mulai tertarik melihat benda dengan corak atau warna yang terang, seperti mainannya.
 

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ayah dapat membiarkan Bunda beristirahat dan bersenang-senang sejenak lho dengan bergantian bermain dan berinteraksi dengan si kecil; ajak ngobrol atau gelitik lembut perutnya agar si kecil senang.

 

Selain memperhatikan tahapan perkembangan buah hati, kulit buah hati yang terawat juga tidak kalah penting untuk Ibu perhatikan. Rangkaian Cussons Baby Newborn akan membantu Ibu mengawal tahap tumbuh kembang buah hati, sehingga proses perkembangan bayi 2 bulan Ibu pun akan berlangsung semakin menyenangkan. Selamat menikmati tumbuh kembang buah hati di usia yang ke-2 bulan, ya, Bu.

 
 

Baca Selanjutnya: Perkembangan Bayi 3 Bulan

Baca Sebelumnya: Perkembangan Bayi 1 Bulan

 

Related Posts

Tags: , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top