perkembangan bayi 3 bulan

Dukung Perkembangan Bayi 3 Bulan dengan Melakukan Bonding

Membangun bonding atau ikatan dengan bayi akan mendukung perkembangan bayi 3 bulan semakin optimal. Bagaimana caranya?

 

Salah satu kunci utama dalam membesarkan anak yang sehat, bahagia, dan percaya diri adalah dengan membangun ikatan emosi yang kuat. Sebenarnya bonding atau ikatan emosi terjadi secara alami ketika Anda menjadi orangtua. Lalu, apa yang dapat Ibu lakukan untuk mendukung perkembangan bayi 3 bulan?

 

Ibu bisa memulainya dengan menyediakan kebutuhannya serta membuat bayi merasa hangat, aman, dan nyaman. Di minggu-minggu awal mungkin Ibu masih merasa repot membiasakan diri dengan semua rutinitas bayi tapi lama-kelamaan Anda akan terbiasa.

 

Pertumbuhan bayi dari sejak baru lahir begitu cepat. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda melewatkan setiap milestone tumbuh kembangnya.

 

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Saat bayi berusia 3 bulan, Ibu mungkin mulai hafal dengan ritme hidupnya. Ibu pun mulai bisa membedakan kapan bayi menangis karena lapar, popoknya basah, mengantuk atau sekadar ingin digendong.

 

Namun demikian, ikatan antara Ibu dan bayi haruslah tetap dibangun. Hal ini bertujuan untuk mendukung perkembangan bayi agar semakin optimal.

 

Bayi 3 bulan bukan lagi bayi baru lahir. Ia sudah mulai dapat mengenali wajah dan aroma tubuh Ibu, menegakkan kepala, dan mengikuti objek yang ditunjukkan di depan mata. Berikan apresiasi pada bayi setiap kali ia berhasil melakukan sesuatu yang baru, misalnya dengan bertepuk tangan, menampilkan ekspresi wajah bangga, memberinya pelukan, dan tak lupa ucapkan kata-kata yang dapat menyemangatinya.

 

Kapan Perlu Membawa Bayi Anda ke Dokter?

Setiap bayi unik dan berbeda. Mereka memiliki tahapan tumbuh kembangnya masing-masing. Ibu tak perlu terlalu risau dengan pertumbuhan bayi Anda, terutama bayi yang lahir prematur.

 

Namun, bila Ibu melihat bayi 3 bulan Anda belum bisa melakukan hal-hal berikut ini, harap segera berkonsultasi dengan dokter anak:

  • Bereaksi terhadap suara atau bunyi-bunyian di sekitarnya
  • Mengikuti orang atau benda dengan matanya
  • Tersenyum
  • Meraih benda yang ada di dekatnya

 

Jadwal Imunisasi Bayi Anda Tidak Boleh Terlewat!

Untuk mendukung kesehatan bayi Anda, jangan lupa jadwal imunisasi dasar anak. Di usia 3 bulan ini, bayi Anda seharusnya mendapatkan vaksin:

  • Polio. Vaksin ini diberikan sebanyak lima kali yaitu pada saat bayi baru lahir, usia dua bulan, usia tiga bulan, usia empat bulan, dan usia 18 bulan.
  • DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus). Imunisasi DPT diberikan sebanyak tujuh kali yaitu ketika anak berusia dua bulan, tiga bulan, empat bulan, 18 bulan, lima tahun, 10 – 12 tahun, dan 18 tahun.
  • Hepatitis B. Anak harus mendapatkan vaksin hepatitis B sebanyak empat kali, yaitu: segera setelah bayi lahir, saat bayi berusia dua bulan, tiga bulan, dan empat bulan.

Bila Ibu lupa atau ada jadwal vaksin yang terlewat, segera konsultasikan dengan dokter anak untuk melengkapi imunisasinya. Tak hanya imunisasi dasar saja, Ibu juga perlu memberikan imunisasi lain yang direkomendasikan oleh dokter anak.
 
Berikan perlindungan kesehatan pada bayi Anda dengan memastikan ia mendapatkan imunisasi sesuai kebutuhan usianya.

 

5 Cara Membangun Bonding untuk Mendukung Bayi Usia 3 Bulan

Tidak ada yang benar atau salah dalam membangun ikatan dengan bayi. Ibu hanya perlu mengikuti naluri dan mempraktekkan cara-cara yang menyenangkan berikut ini agar ikatan emosi dengan bayi 3 bulan semakin kuat.

 

1. Menatap mata bayi saat menyusui atau memberi susu dengan botol

bayi usia 3 bulan

Perkembangan Bayi 3 Bulan: Membangun Ikatan Antara Bayi dan Ibu

Menyusui bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi saja. Namun, Ibu juga bisa belajar membaca dan mengenali bayi Anda. Coba perhatikan ekspresi wajah dan bahasa tubuhnya. Melimpahinya dengan perhatian akan membuat bayi 3 bulan Anda belajar percaya dan nyaman berada di dekat Anda.

 

Bila Ibu tak dapat menyusui bayi secara langsung, Anda dapat memberikan susu menggunakan botol. Tetap berikan perhatian penuh padanya selama proses pemberian susu yaitu dengan menyentuh dan mengajaknya bicara. Ikatan emosi akan tercipta ketika bayi memerhatikan wajah Anda, mengenali aroma tubuh Anda, dan melakukan kontak mata dengan Anda.

 

2. Menggendong bayi

Tak perlu pedulikan mitos ‘bau tangan’. Ketika bayi menangis, segera gendong dan tenangkan bayi Anda. Ia perlu tahu bahwa Ibu akan selalu ada untuknya, dan menggendong bayi ketika ia menangis akan menumbuhkan kepercayaan.

 

Berikan rasa aman dan nyaman pada bayi Anda dengan cara menggendongnya. Ibu bisa menggunakan gendongan yang kuat dan aman. Gendongan menjadi cara yang baik bagi bayi untuk melihat dunia bersama-sama dengan Anda.

 

Selain itu, dengan menggendong dan mendekap bayi, ia akan dapat merasakan detak jantung Ibu, sesuatu yang selalu didengarnya ketika masih berada di dalam kandungan. Mendengar sesuatu yang familiar akan membantu bayi Anda merasa tenang dan nyaman.

 

3. Bermain cilukba

Salah satu permainan paling mudah tetapi sangat bermanfaat untuk meningkatkan ikatan emosi dengan bayi adalah permainan cilukba. Ibu cukup menutup wajah Anda dengan tangan atau selimut kemudian kejutkan bayi Anda.

 

Hingga bayi berusia 9 bulan, ia belum menyadari bahwa sebenarnya Ibu masih tetap ada di sana, bukan benar-benar menghilang saat cilukba. Jadi bayi Anda akan terpesona dengan tindakan menghilang dan muncul kembali.  Siap-siap melihatnya tersenyum atau bahkan tertawa ketika Ibu muncul sambil mengatakan “Baaaaa…”

 

4. Tidur di dekat bayi

Agar ikatan emosi Ibu dan bayi tetap terjalin sepanjang malam, biarkan bayi Anda tidur dalam kamar yang sama dengan Anda. Ia bisa tetap tidur di boks bayi atau di bassinet yang menempel dengan tempat tidur Anda.

 

Mengetahui bahwa Ibu selalu berada di dekatnya akan membuat bayi merasa tenang dan aman.

 

5. Memijat bayi

bayi 3 bulan

Bayi Usia 3 Bulan: Memijat Bayi adalah salah satu cara membangun Bonding dengannya.

Pijat bayi adalah cara tradisional untuk meningkatkan ikatan dengan bayi sekaligus memaksimalkan perkembangan bayi 3 bulan. Selain itu, pijat bayi berfungsi untuk melemaskan otot-ototnya, melancarkan sirkulasi darah, dan membantu mengurangi stres (baik yang dialami bayi maupun Ibu).

 

Lalu, bagaimana cara memijat bayi agar ia dapat merasakan manfaatnya? Pastikan Ibu menggunakan bahan yang aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Pilihan terbaik adalah Cussons Baby Newborn Lotion. Dengan kandungan organic olive oil dan natural chamomile menjadikan Cussons Baby Newborn Lotion cocok digunakan untuk memijat si Kecil. Minyak bunga chamomile dapat mengatasi masalah kulit bayi seperti ruam dan gatal.

 

Lakukan pijatan sekitar 15 menit sebelum waktu tidur bayi. Wangi chamomile yang lembut dan menenangkan dalam Cussons Baby Newborn Lotion akan membuat si Kecil cepat tidur.

 

Momen Perkembangan Emas Buah Hati Bunda di Bulan ke - 3

Bunda, ini dia masa yang ditunggu-tunggu! Sifat si kecil akan mulai terlihat. Ia akan lebih santai ketika terbangun dan mulai berkomunikasi dengan Bunda melalui senyuman dan anggukannya. Bunda juga mulai bisa mengenali apa yang si kecil sukai, ketika si kecil senang dan sebaliknya melalui gerakan tangannya!
 
Otot si kecil juga mulai terbentuk dan semakin menguat sehingga ia mulai bisa menahan kepalanya sendiri. Kalau Bunda mendudukkan si kecil, ia mulai dapat mendorong dengan tangannya, meluruskan atau menendang kakinya.
 
Mata dan tangan si kecil juga mulai berkembang dan berkoordinasi dengan baik sehingga si kecil mulai dapat menggenggam atau menyingkirkan benda-benda di sekitarnya. Tangannya akan dengan spontan menjadi objek kesenangannya karena si kecil mulai dapat membuka dan mengepalkan telapak tangannya, juga bermain dengan jari-jemarinya.
 
Pada bulan ini, penglihatan dan pendengaran si kecil juga akan jauh lebih berkembang, Bunda. Jadi, siap-siap di minggu-minggu berikutnya ya, Bun! Si kecil akan mulai menolehkan kepalanya ketika ia mendengar suara Bunda dan hapal dengan hal-hal tertentu, seperti wajah Bunda.
 
Si kecil juga akan mulai beristirahat selama kurang lebih 15 jam per hari, dimana 12 jam pada malam hari dan 2-3 kali tidur siang. Ketika perut si kecil semakin berkembang, ia akan minum lebih banyak ASI dan beristirahat selama 6-7 jam berturut-turut. Kini, Bunda dapat mengenalkan si kecil jam tidur siang dan istirahat di malam hari.
 
Di bulan ketiga ini, si kecil masih harus mengkonsumsi ASI atau susu formula. Setiap perubahan fisik yang si kecil alami mungkin akan membuatnya lebih sering merasa lapar beberapa hari. Jangan anggap ini sebagai tandanya si kecil mulai dapat disapih ya Bunda, karena pencernaannya belum berkembang sepenuhnya. Si kecil belum dapat mengkonsumsi makanan padat atau berlebihan hingga beberapa bulan kedepan.
 

Memperhatikan si Kecil Berusia 3 Bulan

Saat pinggang, lutut dan sikut si kecil berkembang semakin kuat dan fleksibel, Bunda bisa melihat si kecil mulai aktif berguling ke kanan dan ke kiri. Hal ini mungkin akan mengejutkan Bunda, jadi Bunda harus lebih berhati-hati dan jangan meninggalkan si kecil di tempat tinggi atau tak bersekat.
 
Untuk membantu si kecil memperkuat otot lehernya, ajak si kecil bermain “berbaring terbalik” setiap hari. Mulai dari beberapa menit hingga meningkat jadi 15-30 menit. Bersamaan dengan perkembangan panca indera si kecil, ia akan menyukai setiap sentuhan yang Bunda berikan, seperti mengusap, memijit dan menimangnya untuk membuat si kecil lebih tenang.
 
Ketika si kecil mulai senang berceloteh pada Bunda, semangati dia dengan meresponnya setiap hari, walaupun hanya menjelaskan apa yang sedang Bunda lakukan saat itu. Membaca adalah salah satu cara yang ampuh untuk membantu perbendaharaan kata si kecil makin berkembang lho, Bun! Coba berkomunikasi dengan suara yang berbeda-beda dan nyanyikan si kecil lagu anak-anak untuk menarik minatnya, Bunda.
 

Tips Bulan Ini

Memasuki bulan ketiga ini, Bunda pasti semakin bahagia karena si kecil yang semakin responsif terhadap Bunda. Ia mungkin akan tertawa dan menggoyangkan tangannya ketika Bunda mendekat dan berhenti menangis kalau Bunda memeluknya.
 
Yuk, kenali si kecil lebih baik lagi dengan menghabiskan lebih banyak momen bersamanya. Untuk para ibu yang bekerja, yuk siap-siap menentukan siapa yang akan menjaga si kecil ketika Bunda akan kembali bekerja; apakah baby-sitter, sang nenek atau Ayah? Pertimbangkan dengan baik ya, Bun.
 

Fakta Seputar Bayi Bunda

Si kecil akan mulai senang bercanda, lho Bun di bulan ini. Coba untuk gelitik atau tiup perut si kecil untuk membuatnya tertawa geli.
 

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ketika bayi mulai bisa tidur teratur, Ayah bisa membantu Bunda di aktivitas lain seperti memandikan si kecil atau membacakan si kecil cerita sebelum tidur. Hal lain yang bisa ayah lakukan untuk bunda adalah membelikan Bunda makanan atau membantu memasak bila Bunda tidak sempat memasak untuk keluarga .Yuk, Ayah, dicoba!

 

Wah, ternyata mudah ya membangun ikatan emosi dengan buah hati. Kalau Ibu, punya cara apa lagi nih untuk memaksimalkan perkembangan bayi 3 bulan? Share dengan kami di kolom komentar, yuk!

 

Selanjutnya: Perkembangan Bayi 4 Bulan

 

Sebelumnya Perkembangan Bayi 2 Bulan

 
 

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top