cara mandi

Waktu Mandi Ceria

Halo Bunda! Sudah menjadi fakta kalau mengajak si Kecil untuk mandi bukanlah hal yang mudah, Namun memaksanya juga bukan cara yang tepat dan akan memberikan contoh yang tidak baik untuk si Kecil.

 

cara mandi

Waktu Mandi Ceria

Lalu apa ya solusinya?

Diperlukannya kreativitas dari Bunda untuk mengajak si Kecil mandi, karena itu berikut adalah beberapa ide untuk mengajak si Kecil mandi ceria tanpa melupakan edukasi untuk mengasah kemampuannya bahkan di saat mandi.

 

  1. Selalu bersiap!

 

Sebelum memasuki permainan, tanyakan kepada si Kecil “apa yang kalian suka?”, simpan baik-baik saran dari si Kecil dan siapkan permainan seru disaat mandi nanti! Persiapan dapat berupa mainan plastik, atau benda-benda yang dapat mengapung seperti bola plastik. Improvisasi dan permainan akan menambah keceriaan untuk si Kecil!

 

  1. Ciptakan lomba kecil

 

Siapkan pilihan beberapa mainan untuk si Kecil, disarankan mainan plastik berbentuk kapal. Letakkan mainan kapal/plastik di satu ujung bathtub atau bak mandi dan siapkan aba-aba berupa Ready, Set, GO! dengan peraturan si Kecil hanya boleh membentuk gelombang kecil di saat balapan.

 

Selain membersihkan badan si Kecil dan menikmati waktu bersama dengan ceria disaat mandi, trik tersebut mampu mengajari si Kecil pondasi dasar dari kompetitif secara sportif dan sabar tanpa mengurangi keceriaannya.

 

  1. Mandi sambil bercerita

 

Bunda dapat duduk disamping si Kecil sambil bercerita bagaimana hewan-hewan membersihkan diri. Di umur yang belia, si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terutama terhadap dunia hewan. Bunda dapat memberikan contoh dari hewan-hewan eksotis di daerah yang asing seperti gajah, singa, dan lain-lainnya.

 

Untuk menambah keseruan, setelah bercerita, Bunda dapat meminta si Kecil untuk mencoba gerakan dari hewan yang Bunda ceritakan sebelumnya. Setelahnya, Bunda dapat menanyakan si Kecil hewan apa yang dia ingin tahu berikutnya.

 

Keseruan tetaplah yang utama dari cara mengajak mandi si Kecil, seimbangkan dengan edukasi untuk selalu memberikan ilmu terhadap si Kecil kapanpun dan bagaimanapun. Puaskan rasa keingintahuan si Kecil tenang hal-hal yang menarik baginya.

 

  1. Permainan Memancing.

 

Siapkan hiasan magnet yang berbentuk alphabet. Bunda dapat meletakkan alfabet tersebut didalam bak mandi si Kecil, dan siapkan mainan pancingan yang dilengkapi dengan magnet di ujungnya! Permainan alphabet tidak akan pernah ada habisnya.

 

Bunda kemudian bisa meminta si Kecil untuk menggunakan mainan pancingan untuk memancing hiasan magnet berbentuk alfabet. Disaat si Kecil berhasil mendapatkan dan memancing alfabet, gunakan momen tersebut untuk mengajarkan alfabet. Bunda dapat memberikan tantangan lebih dengan menutupi air menggunakan busa sabun, tapi pastikan Bunda menggunakan sabun yang ramah untuk mata si Kecil untuk menghindari rasa perih.

 

  1. Mainkan Puppet Show

 

Umur belia adalah masa dimana si Kecil memiliki imajinasi tak terbatas! Bunda dapat menggunakan momen ini untuk menghasilkan waktu mandi dengan si Kecil yang penuh keceriaan dengan puppet show.

 

Bunda dapat memperoleh boneka puppet di toko-toko swalayan. Dan disaat waktu mandi, Bunda dapat memberikan boneka puppet tersebut pada si Kecil. Bangkitkan imajinasi dan kreativitas si Kecil dengan memainkan puppet show secara improvisasi bersama Bunda!

 

  1. Balloon Time!

 

Balon telah diartikan sebagai salah satu hal utama dalam ulang tahun terutama untuk si Kecil. Dalam momen special ulang tahun si Kecil, Bunda dapat menyiapkan balon-balon yang diapungkan di bak mandinya. Biarkan si Kecil bermain sepuasnya dengan balon-balon di hari spesialnya.

 

Untuk momen yang lebih special, libatkan diri Bunda untuk bermain balon bersama si Kecil saat mandi dan hadirkan momen kebersamaan penuh ceria dalam hari specialnya.

 

Baca Juga : 9 Cara Memandikan Bayi yang Perlu diperhatikan

 

  1. Bemain dengan seni!

 

Lepaskan ekspresi anak dalam berkesenian! Bunda dapat melakukannya sebelum membersihkan badan si Kecil. Siapkan pewarna yang aman untuk makanan dan kuas lukis untuk si Kecil. Jadikan pewarna makanan sebagai palet warna, kemudian biarkan si Kecil menggunakan kuas untuk mengambil warna dan menorehkannya di air sehingga menghasilkan air mandi yang berwarna warni namun tetap aman untuk kulit si Kecil.

 

Setelah puas bermain-main dengan warna, bunda jangan lupa untuk membuang air dari bak terlebih dahulu dan menggantinya dengan air baru untuk memandikan si Kecil.

 

Meskipun bermandikan dengan keceriaan, jangan lupa untuk membersihkan tubuh si Kecil dengan produk perawatan yang tepat. Untuk membantu Bunda, Cussons menyiapkan sabun untuk segala keceriaan tersebut, Cussons Kids Fresh & Clean Body Wash yang diformulasikan khusus untuk kulit anak yang lembut, dan tidak membuat kulit kering. Diperkaya dengan Jojoba Oil dan lidah buaya untuk kesehatan kulit si Kecil dan aroma apel untuk wangi yang segar dan tahan lama. Cussons Kids Fresh & Clean Body Wash juga lulus teruji secara dermatologis dengan Ph seimbang tanpa tambahan paraben.

 

Dukung selalu keceriaan dan tumbuh kembang si Kecil dengan cara yang tepat dan sehat.

Related Posts

Tags: , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top