bakat anak

Salurkan Bakat si Kecil Dengan Aktivitas Melukis!

Bunda harus mengetahui bakat anak sejak dini. Sebagian pakar pendidikan anak usia dini mengatakan bahwa pada saat anak berusia 4 tahun, para orangtua harus sudah tahu apa minat & bakat anaknya. Karena dengan demikian, para orang tua akan lebih mudah untuk mengarahkan pendidikan ataupun kegiatan buah hatinya apabila telah diketahui apa bakat serta minatnya.

 

Tidak hanya baik untuk mengembangkan kecerdasannya, melatih bakat juga mengacu pada motorik maupun keterampilan yang ditampilkan anak. Namun, tanpa dukungan dari orang tua atau dibangkitkan minatnya, bakat yang dimiliki anak tidak akan berkembang.

 

bakat anak

Salurkan Bakat si Kecil Dengan Aktivitas Melukis!

Melukis Merupakan Cara Mengenali Bakat Anak

Ada banyak bidang yang dapat Bunda perkenalkan pada si Kecil untuk menemukan bakat anak, salah satunya adalah melukis. Tahukah Bunda, menggambar atau melukis dapat dimanfaatkan sebagai media penyalur emosi yang positif bagi anak? Selain mengasah kemampuan seni, melukis juga penting karena bermanfaat untuk mengekspresikan emosi anak. Bunda bisa melihatnya dari warna-warna yang dipilih. Misalnya, si Kecil akan cenderung memilih warna-warna cerah, saat hatinya sedang gembira. Karena itu, melukis dianggap cukup baik daripada menangis, dengan melukis anak dapat menyalurkan emosinya dengan membuat coret-coretan di atas kertas.

 

Lebih dari itu, melukis juga bisa menjadi buah ekspresi kecerdasan interpersonal anak. Bagaimana hubungan anak dengan orang-orang terdekatnya, atau bagaimana aktivitas, interaksi, dan komunikasi sehari-hari yang diekspresikan dalam gambar.

 

Mengajak anak belajar melukis, dipercaya akan bisa menghadirkan berbagai manfaat untuk mereka. Aktivitas melukis dan menggambar dapat menjadi sarana untuk meningkatkan daya imajinasi anak serta mengenali bakat anak. Mereka akan bisa menggambarkan secara jelas bagaimana rupa sebuah rumah, sekolah, pemandangan di gunung, dan lain-lain. Hal ini akan berdampak positif pada perkembangan otak anak untuk meningkatkan daya kreativitasnya. Belajar melukis juga menjadi sarana relaksasi yang murah meriah untuk anak. Pada saat melukis, anak tidak akan memiliki pikiran lain selain objek yang tengah dilukisnya. Di samping bisa secara efektif meningkatkan daya konsentrasi, hal ini juga dipercaya bisa membuat tubuh lebih nyaman. Bahkan, efek relaksasi pada saat melukis hampir sama saat melakukan meditasi.

 

Uniknya lagi, kegiatan melukis dapat meningkatkan kemampuan komunikasi non verbal dengan membuat anak mengomunikasikan apa yang ada di dalam pikirannya secara langsung ke kanvas. Meski tidak memberi dampak langsung pada kemampuan komunikasi verbal pada anak. Namun, kemampuan untuk menggambarkan objek yang ada di pikiran merupakan salah satu bentuk komunikasi non verbal dari aktivitas melukis yang juga dapat membantu Bunda untuk lebih memahami si Kecil.

 

Hal bermanfaat lainnya dari kegiatan melukis bagi anak adalah melatih ketekunan. Terlebih, jika hasil lukisan ternyata tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Anak akan berupaya untuk memperbaiki hasil lukisannya agar bisa sesuai dengan keinginannya. Proses trialanderror seperti ini, secara tidak langsung akan melatih anak untuk terus mencoba sehingga mereka bisa memperoleh hasil terbaik. Di waktu yang sama, hal ini juga melatih determinasi anak dan melatih mereka untuk tidak cepat putus asa saat menghadapi kegagalan atau hasil yang tidak sesuai keinginan.

 

Tidak hanya itu, kadang anak-anak akan melukis tidak hanya untuk mengutarakan pendapat, melainkan juga untuk bermain. Warna yang dianggap menarik diperlakukan sebagai alat atau media permainan dengan jalan mengombinasikan warna satu dengan warna lainnya, menambahi bentuk dengan bentuk baru, warna baru (mewarnai) atau menempel dengan bahan lain. Kegiatan yang dilakukan anak merupakan kegiatan bermain yang sehat dan terarah.

 

Baca Juga : 8 Aktivitas Liburan Seru dan Menyenangkan Bersama si Kecil

Dengan begitu banyaknya manfaat dari melukis sebagai penyalur bakat anak, tidak ada salahnya Bunda mulai memberikan si Kecil sarana untuk melukis di rumah atau bahkan memasukkannya ke sekolah lukis khusus anak-anak untuk membuat perkembangan kreativitas, bakat, dan kejiwaannya menjadi semakin baik.

 

Ayo kenali bakat anak sejak dini dan dukung terus perkembangan si Kecil dengan memberikan dorongan moral dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatannya bersama Cussons Kids, agar ia mampu menghasilkan ide segar setiap hari.

Related Posts

Tags: , , , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top