aktivitas liburan

Mengisi Liburan Dengan Aktivitas Seru

Posted in 12+ Bulan, Anak, Balita

Aktivitas liburan adalah masa yang paling menggembirakan untuk anak-anak karena mereka terbebas dari rutinitas tugas sekolah dan bisa dapat lebih banyak waktu untuk bermain, rekreasi ke tempat hiburan, berkunjung ke rumah keluarga lainnya, dan berbagai aktivitas lain yang menyegarkan pikiran. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan terserang kejenuhan akan aktivitas sehari-hari yang tidak baik bagi kesehatan serta pertumbuhannya. Oleh karena itu, Bunda dapat memanfaatkan momen liburan untuk membantu anak-anak melepaskan kejenuhan. Namun bagaimana cara mengisi liburan sekolah dengan kegiatan yang bisa mencerdaskan anak namun tetap santai dan menyenangkan?

aktivitas liburan

8 aktivitas liburan seru dan menyenangkan bersama si Kecil

Aktivitas Liburan Seru

Berikut adalah beberapa alternatif kegiatan seru yang dapat Bunda lakukan bersama si Kecil di rumah selama masa liburan:

  1. Berkreativitas bersama. Untuk mengisi waktu liburan yang berkualitas, pilih kegiatan yang memacu kreativitasnya, seperti melukis atau menciptakan prakarya yang bisa ia nikmati sendiri hasilnya. Selain membuat anak lebih kreatif, berkesenian bersama anak juga dapat membuat ikatan antara Bunda dan si Kecil semakin kuat dengan adanya kerja sama dan saling mendukung.
  2. Berolah raga. Kegiatan ini tidak hanya mampu membuat tubuh si Kecil semakin bugar, tapi juga membantu perkembangan otaknya menjadi lebih baik. Seperti diketahui, aktivitas olahraga dapat memperbaiki aliran darah dan suplai oksigen ke otak yang dapat membuat kegiatan berpikir semakin lancar dan memudahkan si Kecil menemukan ide-ide menarik yang dapat membantunya berprestasi.
  3. Tea party. Undang beberapa teman si Kecil ke rumah untuk minum teh. Siapkan teh hangat, gula dengan cangkir-cangkir kecil,  biskuit atau cake.  Contohkan bagaimana menuang air teh, mengaduk gula, memegang cangkir dan menyeruput teh secara sopan. Kegiatan ini melatih anak menjadi tuan rumah dan belajar etiket minum bersama.
  4. Berkemah. Bunda bisa melakukannya di bumi perkemahan atau sekedar di taman rumah. Ajak saudara atau teman seusia si Kecil, lalu ajak mereka mendirikan tenda, memasang tikar, menyiapkan makanan. Berkemah akan melatih anak bekerja-sama, mengenal lingkungan, menghadapi dan memecahkan masalah,seperti menghadapi angin yang masuk lewat jendela tenda
  5. Berkebun. Bermain kotor-kotoran selalu menyenangkan bagi anak-anak. Siapkan bibit, biji, pot atau lahan untuk menanam aneka ragam tanaman. Tunjukkan bagaimana menggali tanah, menanam atau menabur bibit. Kegiatan ini mengasah motorik kasar, mengenalkan proses dan sebab akibat.
  6. Berkunjung ke Museum. Pilih museum-museum yang bisa membuat anak tertarik dan menyenangkan. Dengan membawa anak-anak ke museum, akan memberikannya banyak wawasan baru yang meningkatkan kinerja otaknya agar semakin cerdas.
  7. Kebun Binatang. Kenalkan anak kepada beragam jenis binatang darat, laut dan jenis makanannya. Beri kesempatan anak untuk memberi makan binatang agar ia tahu bahwa semua makhluk hidup perlu makan. Ajarkan juga bahwa sebagai sesama makhluk hidup, kita perlu saling menyayangi dan menjaga terhadap hewan-hewan.
  8. Bermain alat musik. Sediakan berbagai jenis alat musik yang mudah dimainkan oleh si Kecil seperti gitar kecil, drum kecil, atau piano. Berikan sedikit pengetahuan bermain musik lalu biarkan ia memainkan alat musik dengan gayanya sendiri. Bunda juga dapat mengundang teman-teman si Kecil agar semakin meriah. Berdasarkan penelitian, anak-anak yang diperkenalkan dengan alat musik sejak dini, memiliki aktivitas otak yang lebih baik. Selain itu, bermain musik juga baik untuk memperbaiki mood si Kecil agar tidak mudah uring-uringan.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Anak Secara Alami

Itulah beberapa ide aktivitas yang dapat Bunda lakukan untuk mengisi waktu liburan si Kecil. Namun, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan si Kecil bersama Cussons Kids agar ia senantiasa sehat dan selalu ceria.

Related Posts

Tags: , , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top