cara mengatasi kulit kering

Cara Atasi Kulit Kering dan Kusam Pada Anak

Bunda harus tahu cara mengatasi kulit kering dan kusam pada sang buah hati ,meskipun umumnya bayi dan anak kecil memiliki kulit yang lembut, namun sebenarnya kulit mereka juga bisa mengalami kulit kering seperti halnya orang dewasa. Menurut Dr. Srie Prihianti, Sp.KK, Ph.D, Dermatologist Erha Clinic Pondok Indah. Secara umum, kulit kering bisa disebabkan banyak faktor. Di antaranya adalah kekurangan asupan cairan, salah perawatan kulit (memakai sabun antiseptik atau sabun dengan pH tinggi), anak memiliki riwayat atopi (penyakit yang didasari alergi, seperti asma, biduran, bersin/pilek bila kena debu atau dingin), serta juga akibat faktor lingkungan (suhu panas atau terlalu dingin). Nah, kulit tampak kusam bisa diakibatkan pengaruh sinar matahari. Si Kecil tidak menggunakan sunscreen sehingga kulitnya tampak lebih gelap dan kasar.

cara mengatasi kulit kering

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam pada Anak

Bila anak cukup rentan mengalami kulit kering, air asin atau kandungan klorin di air kolam renang bisa memicu munculnya pecah-pecah di bagian kulitnya. Ketika kulit menjadi kering maka ada beberapa masalah seperti gatal, kusam yang akan mengganggu kenyamanan dan penampilan si Kecil. Tapi apabila si Kecil mengalami hal seperti ini, Bunda tidak perlu panik dan cemas karena ada beberapa cara mengatasi kulit kering dan kusam pada Anak yang dapat Bunda lakukan untuk merawat kulitnya.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

  1. Berikan minum yang cukup. Tidak dipungkiri, asupan cairan yang cukup tak hanya berguna bagi lancarnya metabolism tubuh si Kecil, air juga diperlukan tubuh mereka salah satunya untuk menjaga kelembapan kulit. Berikan pula makanan yang kaya akan kandungan antioksidan termasuk vitamin E untuk kesehatan kulit mereka.

 

  1. Kurangi waktu mandi. Cara mengatasi kulit kering pada anak ialah kurangi waktu mandi mereka. Biasanya si Kecil membutuhkan waktu cukup lama saat mandi karena disertai dengan aktivitas bermain. Kurangi lama aktifitas bermain saat mandi untuk mengurangi hilangnya kelembapan alami kulit. Daripada menghabiskan waktu selama 30 menit, coba kurangi lama waktu mandi menjadi 10 menit saja. Gunakan air yang hangat, bukan panas, dan cukup gunakan sabun dalam jumlah yang sedikit.

 

  1. Pilih Sabun Khusus. Banyak produk sabun yang ditawarkan untuk anak. Namun Bunda harus memilih jenis sabun yang sesuai dengan masalah kulit kering pada anak seperti Cussons Kids Soft & Smooth Body Wash, sabun mandi yang diformulasikan khusus untuk kulit anak. Ekstra lembut dan mudah dibilas, tidak membuat kulit kering seperti sabun mandi biasa lainnya. Diperkaya dengan Minyak Almond dan Vitamin E untuk menjaga kulit anak tetap lembut dan halus. Selain itu hindari menggosok bagian kulit kering dengan keras karena kulit anak bisa luka.

 

  1. Gunakan pelembab atau lotion. Cara mengatasi kulit kering dan kusam anak yang satu ini dapat Anda lakukan sesaat setelah mandi. Segera keringkan badan si Kecil menggunakan handuk serta berikan pelembab kulit khusus anak untuk mengurangi resiko kulit kering. Jika lotion kurang bisa melembabkan kulit, gunakan pelembab berbentuk krim. Juga, oleskan sunscreen setiap kali anak beraktivitas di luar.Oleskan sekitar 30 menit sebelum keluar rumah di semua area yang tidak tertutup pakaian. Jika berada di luar ruangan dalam waktu lama, olesi ulang setiap 2 jam. SPF yang digunakan sebaiknya minimal SPF 30 dan  PA  ++/+++. Bila kegiatan di dalam air, gunakan sunscreen yang waterproof.
    Baca Juga : Cara mengatasi kerak kepala bayi

 

  1. Kenakan pakaian lembut. Jika kulit si Kecil sangat sensitif, hindari menggunakan pakaian berbahan kasar atau terlalu ketat. Bunda juga harus tau bahwa beberapa bahan baju seperti kain wol, dapat mengiritasi kulit sensitif. Gunakan pakaian tertutup saat bermain dibawah terik matahari. Selain untuk menjaga kelembapan kulit, juga melindungi kulit si Kecil dari cahaya matahari yang menyengat.

 

  1. Berikan Makanan Bergizi. Bunda juga bisa membantu melembabkan kulit yang kering dengan memberikan makanan yang bergizi. Cobalah untuk memberikan makanan yang mengandung protein tinggi dan lemak minyak yang sehat. Diantaranya seperti telur, ayam, ikan salmon, buah dan sayuran.

 

Demikianlah Cara mengatasi kulit kering dan kusam pada si Kecil. Apabila kondisinya tidak membaik atau semakin parah, segera kunjungi dokter anak andalan Bunda untuk perawatan yang lebih tepat.

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top