cara merawat rambut anak

Cara Mudah Merawat Rambut Anak

Posted in 12+ Bulan, Anak, Balita

Cara merawat rambut anak sebenarnya susah-susah-gampang, tetapi tahukah Bunda, meski masih kecil, rambut anak juga rentan terhadap kerusakan & gangguan lain yang mempengaruhi kesehatan dan keindahannya. Simak beberapa hal yang perlu Bunda ketahui dan perhatikan dalam merawat rambut si Kecil.

cara merawat rambut anak

Cara Mudah Merawat Rambut Anak

Cara Merawat Rambut Anak

  1. Bersihkan rambut secara teratur

Pada anak yang berusia di atas tiga tahun, kondisi kulit kepala jangan sampai luput dari perhatian. Pasalnya, Si Kecil sudah mulai aktif bermain sehingga kulit kepala jadi mudah berkeringat. Jika didiamkan, keringat tersebut akan menjadi tumpukan sel-sel kulit mati yang menimbulkan bau kurang sedap dan membuat gatal. Untuk merawat rambut anak dan menjaga kesehatan kulit kepala, usahakan untuk mencuci rambut anak setiap dua hari sekali. Cuci rambut dengan dengan lembut dan hati-hati agar tidak mengenai mata.

 

  1. Gunakan sampo yang tepat

Pilihlah sampo khusus anak yang berkualitas baik yang bisa menghilangkan minyak, kotoran dan menjadikan rambut anak lembut mudah diatur dan mudah disisir. Pilih juga sampo yang bahan aktifnya tidak menyebabkan alergi dan iritasi mata seperti rangkaian Cussons Kids Fresh & Nourish Shampoo yang diformulasikan khusus untuk pemakaian sehari-hari oleh anak-anak. Teruji oleh ahli mata, lembut di mata dan pH seimbang. Melindungi dan juga merawat rambut anak dengan wangi buah yang lebih tahan lama sepanjang hari serta melindungi rambut si Kecil dari bau matahari. Sampo yang tepat dapat mendukung Bunda dalam merawat rambut anak ini.

 

  1. Menyisir rambut dengan benar

Untuk mencegah agar si Kecil tidak merasa kesakitan saat rambutnya disisir, gunakanlah sisir yang tidak tajam dan bergigi jarang. Pemilihan sisir dapat berpengaruh dalam merawat rambut anak. Hindari sisir yang berbahan nilon karena akan berisiko rambut anak mudah patah dan rontok. Jangan mulai menyisir dari rambut bagian atas, karena hanya akan membuat rambutnya kusut. Sebaliknya, mulailah dengan menyisir bagian bawah terlebih dahulu, kemudian perlahan sisirlah bagian atas rambut, pisahkan rambut yang menggumpal dan kusut dengan jari Bunda yang lembut. Sisirlah bagian rambut yang berada di bagian belakang leher terlebih dahulu, dibagian itulah rambut akan cenderung lebih kusut. Jangan membasahi rambut dalam keadaan kusut, karena hal tersebut malah akan membuatnya semakin kusut. Gunakan kondisioner rambut atau spray anti kusut untuk anak-anak. Bersihkan juga sisir setiap seminggu sekali dengan air hangat agar kotoran yang menempel pada sisir dapat hilang.

 

Baca Juga : 3 Cara Menyikat Gigi Anak yang Menyenangkan

  1. Tips menggunting rambut anak

Menggunting rambut juga bagian dari cara merawat rambut anak agar ujung-ujung rambut anak tetap sehat, tidak bercabang dan tidak mudah patah. Mintalah tukang cukur atau hair stylish anak Bunda untuk mencukur bagian ujung-ujung terlebih dahulu seperti daerah dahi, diatas telinga dan belakang leher untuk jaga-jaga jika ternyata si Kecil enggan menyelesaikan sesi potong rambutnya. Yang paling aman ajak si Kecil cukur rambut di tempat cukur khusus anak-anak, dimana biasanya telah didesain menarik bagi anak-anak, sekaligus hair stylish atau pencukurnya sudah lebih biasa menangani anak-anak.

 

Baca Juga : Cara Menumbuhkan Rambut Bayi Aman dan Alami

  1. Berikan perawatan tradisional

Demi mendapatkan rambut anak yang tebal, Bunda dapat mengolesi kulit rambut Si Kecil dengan lidah buaya. Benar memang bahwa kandungan aloe vera di lidah buaya berkhasiat membuat batang rambut lebih kuat, berkilat, dan terlapisi sehingga rambut tampak tebal dan berkilau. Namun yang juga harus diingat, jenis serta ketebalan rambut setiap orang telah diatur secara genetik, sehingga tebal ataupun tipis tidak jadi soal. Yang penting, rambut anak dirawat dengan benar sehingga terjaga kesehatannya.

 

  1. Berikan makanan yang bergizi

Rambut juga memerlukan asupan gizi agar tetap terjaga kesehatannya. Kurangnya asupan vitamin dan protein dapat membuat rambut menjadi kusam, rontok dan patah.

Itulah tips tentang cara merawat rambut si Kecil yang dapat bunda lakukan, dengan memberikan perawatan yang terbaik adalah awal untuk membantunya memiliki rambut yang sehat dan indah untuk membuatnya lebih percaya diri.

Related Posts

Tags: , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top