anak mandi

10 Trik Atasi Anak Susah Mandi

Posted in 12+ Bulan, Anak, Balita

Sangat susah untuk mengajak anak mandi. Seiring bertambahnya waktu, si Kecil akan semakin aktif bergerak. Mereka akan sering bermain dan melakukan banyak hal menyenangkan bersama teman-teman atau mainan favoritnya. Setelah lelah bermain, umumnya si Kecil akan kelelahan dan langsung tertidur. Sedangkan, tertidur dalam kondisi berkeringat akan memberikan kesempatan bakteri untuk berkembang biak dan menyebabkan biang keringat atau masalah kulit lainnya dan hal yang paling menjadi tantangan bagi Bunda adalah seringnya sulit membujuk anak mandi saat sedang ataupun setelah bermain. Karena itu, Bunda memerlukan beberapa trik agar si Kecil lebih tertarik untuk mandi.

anak mandi

10 Trik Atasi Anak Susah Mandi

  1. Jadikan waktu mandi sebagai waktu yang menyenangkan. Gunakan mainan favoritnya atau gelembung sabun untuk menarik agar si Kecil mau masuk ke kamar mandi. Sebagai alternatif, Bunda juga bisa menyediakan peralatan mandi termasuk sabun dan sikat gigi dengan warna dan karakter yang disukai mereka seperti Cussons Kids Protect & Care Hair & Body Wash yang memiliki kemasan bergambar karakter Princess Lovely dan Captain Energize yang menarik bagi anak-anak.
  2. Buat permainan kreatif di kamar mandi. Lakukan dan ajak anak bermain permainan kreatif dari media yang ada dikamar mandi, misalnya membuat gelembung dan balon dari sabun, menakar air, menyusun sikat gigi berdasarkan warna atau milik ayah-ibu-kakak-adik, bermain musik dari gayung-ember, bermain hujan-hujanan dengan tangan, bermain tutup odol timbul tenggelam dalam bak mandi, dan lain sebagainya.
  3. Anak mungkin tidak ingin sekedar mandi, tapi mereka ingin berendam dengan busa wangi yang melimpah sambil menggosok kaki dan badannya dengan sikat khusus. Cussons Kids Protect & Care Hair & Body Wash dengan wangi jeruk yang menyegarkan dan kandungan ekstra lembut yang dapat membantu menjadikan momen mandi lebih nyaman bagi si Kecil.
  4. Mulai perkenalkan cara menggosok badan dengan sabun, sampo, dan menyikat gigi sendiri dengan cara yang menyenangkan.
  5. Jika si Kecil takut air atau takut matanya kemasukan sabun, Bunda bisa membelikan si Kecil kacamata berenang untuk melindungi matanya dari percikan sabun atau sampo. Jangan gunakan sabun dan sampo atau peralatan mandi Bunda pada anak, karena kulit si Kecil yang masih sensitif berbeda dengan kulit orang dewasa. Bila dipaksakan, maka boleh jadi inilah yang menyebabkannya sulit mandi. Gunakan lah produk perawatan yang teruji secara dermatologis dengan pH seimbang seperti Cussons Kids Protect & Care Hair & Body Wash. Kandungan citrus & minyak zaitunnya juga dapat membantu mengurangi kuman di tubuh si Kecil dengan lembut dan tidak menyebabkan iritasi yang dapat membuat si Kecil trauma melakukan aktivitas mandi.
  6. Bila saat waktunya mandi anak sedang bermain dengan temannya, berikan pengertian padanya bahwa permainan yang sedang dilakukannya tersebut akan lebih menyenangkan bila dimainkan setelah dia mandi. Bunda juga bisa menyertakan mainan kesukaan anak untuk ikut mandi bersamanya.Baca Juga : Cara Menebalkan Rambut Bayi
  7. Jika si Kecil benar-benar tidak mau mandi sampai menangis histeris dan tidak bisa dibujuk, sebaiknya bunda tidak memaksanya untuk tetap mandi. Jika diperlukan gunakan air hangat dan spons untuk menyeka si kecil sampai dia siap untuk mandi. Sebagai alternatif bisa juga mengajak si Kecil mandi bersama dengan kakak, adik atau teman-temanya untuk mengatasi ketakutan mereka terhadap air.
  8. Umumnya anak menolak mandi di saat-saat kita ingin mereka mandi. Jadi, ijinkan saja mereka memilih jam mandi mereka. Memiliki rutinitas mandi yang baik memang penting. Tapi bila hari itu si Kecil punya banyak waktu di rumah, tak mengapa mengijinkan anak mandi sedikit lebih siang atau lebih malam.
  9. Jika si Kecil menolak mandi karena mempunyai luka ringan karena takut perih, berikan pengertian bahwa bagian yang luka tidak perlu disiram air, atau gunakan plester atau plastik untuk menutup lukanya jika memungkinkan.
  10. Setelah selesai dia mengeringkan badannya dengan handuk kemudian memakai baju mandi satu set dengan gambar karakter kesukaannya seperti Barbie, spongebob, Hello Kitty, Naruto,dan lain-lain.

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top