anak susah mandi

Anak Susah Mandi? Ini Caranya

Posted in 12+ Bulan, Anak, Balita

Cara mengatasi anak susah mandi sebenarnya mudah. Kebiasaan mandi, harus Bunda terapkan pada anak Bunda, dimulai dari usianya yang balita. Namun, seringkali di usia yang masih balita ini, sangat susah untuk diajak mandi. Ditambah semakin bertambah usia anak, semakin juga bertambahnya aktivitas yang dilakukan, misalnya bermain, berlari-larian, bermain sepeda, bermain bola, yang banyak mengeluarkan keringat.

anak susah mandi

Anak Susah Mandi ? Ini Caranya

Mandi dua kali sehari, pagi dan juga sore hari harus rutin dilakukan setiap harinya. Agar tubuh bersih, wangi, terhindar dari kuman, dan juga sehat, agar bisa menjalankan aktifitasnya dengan semangat. Namun, rutinitas ini seringkali tidak bisa dilakukan karena anak rewel, dan juga anak susah mandi. Banyak alasan dan tolakan ketika diajak mandi, entah berpura-pura sakit, takut dingin, dan juga malas. Jika Bunda seringkali mengalami hal-hal anak Bunda susah untuk dimandikan, buatlah waktu mandi lebih menyenangkan dengannya.

 

  1. Gunakan Air Hangat

Banyak alasan yang digunakan pada anak-anak jika disuruh untuk mandi, salah satunya “airnya dingin” karena ia baru saja bangun dari tidurnya. Bunda, bisa menggunakan air hangat untuk mandi anak, karena air yang hangat akan membuat tubuhnya nyaman saat mandi. Anak yang takut air dingin, tentu lebih senang ketika mandi dengan air yang hangat.

 

  1. Mandi Bersama Mainan

Biasanya anak-anak tidak terlepas dari mainan. Jika anak susah mandi, Bunda dapat mencoba mandi dengan membawa satu mainannya, agar kegiatan mandinya lebih menyenangkan. Bawa mainan yang sekiranya tahan terhadap air. Jadi, anak Bunda bisa bermain sambil membersihkan tubuhnya.

 

  1. Gunakan Gelembung atau Busa

Gelembung-gelembung atau busa untuk mandi ini, biasanya dihasilkan oleh sabun, dan juga shampoo yang digunakan. Lovely Strawberry Body Wash Soft & Smooth adalah pilihan yang tepat untuk membersihkan tubuh anak Bunda, yang berkeringat dan juga bau matahari yang menempel pada tubuhnya. Selain mampu membersihkan kulit anak dari kotoran, Lovely Strawberry Body Wash Soft & Smooth ini mengandung sweet almond dan juga Vitamin E untuk memberikan nutrisi agar kulit anak sehat dan juga lembab, dan sekaligus tidak perih dimata. Tuangkan sabun, lalu gosokan ke seluruh tubuh sampai serbusa. Pastikan sabun merata ke lipatan-lipatan pada tubuh. Lalu bilas, sampai bersih.

Setelah gunakan sabun, kemudian gunakan Lovely Strawberry Soft & Smooth Shampoo, untuk membersihkan rambutnya dari bau matahari, dan juga debu saat anak bermain di luar. Gelembung dan busa pun juga bisa dihasilkan oleh Lovely Strawberry Shampoo ini.

Diperkaya dengan Hydrollized Milk Protein yang membantu agar rambut tetap lembut. Mengandung Pro Vit B5, yang menjaga kesehatan kulit dan juga menjaga rambut dari baunya matahari. Anak akan senang, jika mandi dengan menggunakan gelembung atau busa. Bunda bisa mengajak anak berbicara, atau bercanda sambil memandikannya.

 

  1. Berikan Peringatan

Jika Bunda memiliki anak susah mandi, Bunda harus memberikan peringatan padanya. Semisal, jika anak Bunda tidak mau mandi, berarti tidak akan diizinkan untuk bermain keluar rumah bersama teman-temannya. Atau, tidak boleh bermain dengan mainnya. Bunda harus bersabar dengan keadaan seperti ini, Bunda hanya memperbolehkan memberikan peringatan-peringatan yang ringan terhadap anak Bunda.

Baca Juga : Cara Memandikan Bayi

  1. Berikan Penghargaan

Anak paling suka saat diberikan hadiah. Oleh karena itu, Bunda juga harus memberikan penghargaan kepada anak, karena ia tidak menolak lagi jika disuruh mandi. Bunda bisa memberikan hadiah berupa Hair and Body Cologne, yang bisa dipakai sehabis keramas di rambut, cukup disemprotkan kearah rambut anak, agar rambut tetap mudah diatur, sehat dan juga berkilau. Setelah dipakai untuk rambutnya, Hair and Body Cologne ini juga dipakai ke tubuh anak, agar wangi, dan juga terhindar dari bau matahari yang mengganggu. Anak akan merasa senang, karena setelah mandi menjadi wangi dan juga segar, sehingga anak akan melakukan kegiatan rutinitas mandinya dengan senang.

Related Posts

Tags: , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top