Kulit Kepala Bayi Berkerak? Ini Cara Mengatasinya - Cussons Baby Indonesia

Kulit Kepala Bayi Berkerak? Ini Cara Mengatasinya

Kondisi kulit kerak kepala bayi bisa beragam sejak mereka lahir. Ada yang lahir dengan kulit kepala halus dan jumlah rambut yang tebal. Namun, tidak sedikit juga yang lahir dengan kepala botak. Kepala bayi yang berkerak memang menjadi masalah sendiri, namun tetap ada cara untuk mengatasinya.

Baca Juga : Hindari Dehidrasi pada Kulit Bayi, Pastikan Sabunnya Lembut dan Menyehatkan

Seiring dengan pertumbuhannya, kulit kepala bayi akan terus berubah sesuai dengan adaptasi tubuhnya terhadap lingkungan. Sejalan dengan hal ini, Bunda akan mengalami sejumlah masalah. Sebut saja rambut bayi rontok, pertumbuhan rambut yang lambat, atau bahkan kondisi kulit kerak kepala bayi yang kering dan seperti ketombe.

Kepala bayi berkerak biasanya terdapat pada kepala dan dahi yang baru lahir. Hal yang sering di sebut sebagai cradle cap ini akan terkelupas dengan sendirinya, seperti serpihan-serpihan ketombe. Kerak ini muncul karena dipengaruhi hormon Bunda, yang mengakibatkan produksi minyak berlebih pada jaringan kulit bayi.

Cradle cap ini bersifat sementara sampai bayi berusia 8 -12 bulan. Salah satu masalah kepala ini cukup membuat gatal, dan sangat mengganggu pertumbuhan rambut bayi. Bunda harus rutin merawat rambut serta kulit kepala bayi dengan baik, benar, dan terjadwal.

Cara mengatasi Kulit Kerak Kepala Bayi 

1. Gunakan Hair Oil Sebelum Mandi

Bunda bisa menggunakan Baby Hair Oil untuk mengatasi kerak kepala bayi. Dengan kandungan bahan alami seperti minyak kelapa yang telah dipercaya sejak lama dapat merawat rambut dan kulit kepala dengan baik, Baby Coconut Hair Oil bisa membantu menghilangkan kotoran pada kepala bayi. Tuangkan secukupnya, lalu oleskan ke kepala bayi, gosok lembut pada kulit kepala. Setelah itu, pijat lembut kepala bayi agar bayi merasa nyaman.

Lakukan selama 5-10 menit. Lalu diamkan selama 30 menit agar nutrisinya meresap. Tidak hanya itu, Cussons Baby NATURAL Hair Oil CocoNUT ini mampu membuat rambut agar berkilau dan juga merangsang pertumbuhan rambut bayi yang sehat dari akarnya.

2. Gunakan Sampo

Step selanjutnya, cuci rambut si kecil menggunakan shampo khusus untuk bayi. Sampo haruslah dari bahan alami dan cocok untuk kepala bayi untuk membersihkan kerak kepala bayi. Jika bahan yang digunakan tidak alami, dikhawatirkan akan memperparah kondisi kulit kepalanya.

Bunda bisa menggunakan Coconut Oil & Aloe Vera Baby Shampoo  dengan kandungan coconut oil yang berfungsi sebagai melindungi dan melembabkan rambut, serta aloe vera untuk meningkatkan pertumbuhan rambut pada bayi. Gosok secara lembut pada kulit kepala bayi, setelah itu bilas dengan air yang hangat. Pastikan shampoo tidak tersisa di kepala bayi.

3. Usap Dengan Lembut

Setelah menggunakan shampoo, gunakan handuk dan usap-usap kepalanya untuk menghilangkan kerak yang ringan di kepala bayi.

4. Gunakan Hait Lotion 

Pada step akhir gunakan Hair Lotion Almond Oil & Honey yang mengandung almond oil untuk meningkatkan kelembutan dan mencegah rambut kering, serta honey untuk melembabkan rambut dan kulit kepala. Pijat lembut kulit kepala bayi, kemudian sisir rambut bayi dengan lembut.

5. Jangan Menggunakan Kuku

Jangan pernah menghilangkan kerak dengan cara mengelupasnya dengan menggunakan kuku, karena akan menyebabkan kulit kepala bayi infeksi.

Baca Juga : Pentingnya Perawatan Kulit Bayi untuk Menjaga Kelembabannya

Jika kerak kepala bayi Bunda masih terus-menerus berkerak, Bunda bisa melakukan perawatan beberapa minggu agar keraknya tidak menyebar dan menjadi warna kemerahan. Jika menyebar, Bunda bisa konsultasi langsung dengan dokter kulit untuk mencegahnya.

Kerak kepala bayi yang terlihat kemerahan dan muncul di daerah telinga, alis, ketiak atau lipatan lainnya, disebut dengan dermatitis seboroik. Ini terjadi akibat adanya jamur yang terdapat pada pelepasan minyak di permukaan kulit.

Jika kerak di kepala bayi Bunda sudah hilang, pastikan lah Bunda mencegahnya datang kembali. Jangan berlebihan memberikan shampoo pada bayi, karena ini dapat merangsang kelenjar minyak. Ketika memandikan bayi, bilas shampoo di kepala bayi sampai bersih, sehingga pori-pori kepalanya tidak tertutup.

 

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: