Moment Pertama Bunda Saat Memandikan Si Kecil

Posted in Cussons Baby

Selama 9 bulan lamanya berada dalam kandungan, akhirnya si Kecil lahir ke dunia. Mempunyai bayi, merupakan anugerah terindah untuk setiap orang tua. Untuk merawat bayi, banyak hal yang harus dilakukan dengan penuh kasih dan cinta seorang Bunda, sehingga tumbuh dan berkembang dengan sempurna, salah satunya yang bisa Bunda lakukan adalah memandikan bayi. Banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik dan benar pada saat memandikan bayi. Memandikan bayi yang baru lahir pada pertama kali, merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga dan penuh kehati-hatian. Bunda bisa menciptakan ikatan langsung dengan bayi, beberapa sentuhan lembut akan membuat bayi merasa dekat, dan nyaman. Bernyanyi, dan juga berbicara dengan bayi merupakan moment milestone terhadap bayi dengan Bunda. Bunda berjanji untuk selalu menemani setiap langkah kehidupanmu, dan Bunda selalu percaya akan tumbuh kembang seperti kebanggaan Bunda. Bunda akan menjadi cinta pertamamu dan selalu menjadi cinta sejatimu.

Untuk Bunda yang baru mempunyai bayi, pasti akan bertanya-tanya, bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir?. Banyak yang harus dipersiapkan untuk memandikan si Kecil, yang paling penting pilihlah ruangan yang hangat karena bayi mudah merasa kedinginan, karena kulitnya yang masih tipis dan rentan terhadap apapun. Setelah itu Bunda bisa siapkan air yang hangat.

Tips :

Suhu : Perhatikan suhu air untuk memandikan bayi. Jangan terlalu panas atau terlalu dingin, 37 derajat suhu air yang tepat untuk memandikan bayi. Pastikan Bunda mencoba suhu air di telapak tangan. Tuangkan air dingin terlebih dahulu, kemudian air hangat.

Waktu : Waktu yang tepat untuk memandikan bayi, untuk pagi hari pukul 06:00 sampai pukul 08:00, sore hari 04:00 sampai 05:00 sore. Untuk durasinya sekitar, 5-10 menit dan jangan terlalu lama.

Setelah itu tetesi beberapa tetes baby oil, siapkan spons atau waslap mandi bayi, handuk, perlak, dan hair & body wash. Setelah semuanya siap ;

  • Pertama, beri alas perlak untuk badan bayi, kemudian memeluk kepala bayi dengan satu tangan. Basuh seluruh badan bayi dengan air hangat yang sudah dipersiapkan. Pastikan satu tangan menyangga ke punggung dan kepala bayi, jaga posisi kepala bayi tetap berada di atas permukaan air.
  • Gunakan spons atau waslap mandi bayi, lalu tuangkan Hair & Body Wash ke waslap dan usapkan secara perlahan, untuk menjaga kulit bayi lembut dan nyaman. Dimulai di belakang telinga, kemudian pindah ke leher, siku, lutut, antara jari tangan dan kaki. Perhatikan lipatan bawah lengan, belakang telinga, sekitar leher. Bunda bisa melakukan ini sambil bernyanyi-nyanyi kecil.
  • Ketika tali pusar bayi belum puput, gunakan kain kasa agar tidak terkena air saat dimandikan. Jika tidak sengaja terkena air. Keringkanlah tali pusar dengan cotton buds atau kasa yang steril.
  • Untuk daerah kepala atau rambut gunakan Hair & Body Wash yang menutrisi rambut bayi, ini dilakukan menjelang akhir waktu mandi sehingga bayi tidak kedinginan.
  • Sekarang saatnya untuk membersihkan bagian perut bawah dan alat kelamin. Cuci dari depan ke belakang. Bersihkan dengan hati-hati. Renggangkan kaki bayi, lalu bersihkan lipatan-lipatan pada pahadan sekitar kelamin.
  • Dengan lembut, keringkan dengan handuk dan jangan sesekali menggosok kulit bayi yang masih rentan.

Ketika waktu mandi selesai, segera bungkus bayi dengan handuk, meliputi kepala bayi untuk kehangatan. Bunda bisa melakukan ini sambil bernyanyi-nyanyi kecil, agar bayi merasa nyaman. Untuk memandikan bayi yang pertama kali dan Bunda menemukan kesulitan, ajaklah orang-orang terdekat untuk ikut memandikan si Kecil. Sehingga, Bunda bisa belajar memandikan bayi dengan baik dan benar.

Related Posts

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Comments

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. Sulik aisyah says:

    Saya ingin mengecilkan tubuh habis melahirkan bagaimna cara nya ya terimakasih puan dan tuan

  2. halimatus sadiah says:

    Bagus sekli artikelnya . Thanks CUSSON Sangat membantu sekali apalgi utk mahmud.

    • Winda says:

      Kulit bayi saya sedikit kering. Bagus nya di beri apa ya supaya lembab dan halus?

      • Cussons Baby says:

        Hi Bunda, terima kasih sudah menghubungi kami. Supaya kulit si Kecil lembap dan halus terawat maka Bunda dapat gunakan sabun yang sesuai kebutuhan kulit si Kecil, yuk simak beragam variannya di https://www.cussonsbaby.co.id/baby-range-menu dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak ketika sedang melakukan check-up rutin yah Bunda supaya bisa mendapat penjelasan lebih lanjut 🙂

Top