Usia Berapa Bayi Mulai Merangkak?

Posted in 6-12 Bulan, Bayi

Merangkak adalah salah satu tahap perkembangan pada bayi, sebelum mereka beranjak untuk berjalan, bertumpu dengan kedua kakinya yang mungil. Ketika bayi mulai merangkak, Bunda akan waspada terhadap hal-hal ini dengan kemampuan si bayi merangkak.

Awalnya, untuk si bayi bisa merangkak, biasanya diawali dengan kemampuan bayi tengkurap dengan topangan kedua tangan. Hal ini tidak mudah untuk dilakukan oleh bayi, Bunda harus bisa menstimulasi bayi untuk merangkak. Agar bayi, tumbuh kembang dengan fisik yang baik. Merangkak akan membuat anggota tubuh bayi menjadi lebih terlatih. Tangan sendi, otot-otot besar maupun kecil, supaya lebih seimbang, juga dapat membantu dalam perkembangan dan pemahaman bahasa, dan juga kepekaan terhadap sentuhan dan visualnya.

Pada dasarnya, bayi akan merangkak mulai memasuki usia 6 sampai dengan 10 bulan, sekitar 50% bayi merangkak pada usia 7 bulan, dan 75% nya bayi mulai merangkak pada usia 10 bulan, dan sekitar 90% bayi terampil merangkak pada usia 11 bulan. Ketika bayi tidak bisa merangkak, ini sering terjadi karena bayi mengalami obesitas, malnutrisi, dan juga keterlambatan perkembangan.
Ada beberapa cara atau tipe merangkak pada bayi:

  1. Bayi merangkak dengan tangan dan lututnya
  2. Bayi merangkak dengan tangan dan kakinya
  3. Bayi merangkak dengan menggunakan perutnya
  4. Bayi merangkak dengan cara mengesot

Ketika bayi merangkak, Bunda harus memperhatikannya, jauhkan dari benda-benda yang berbahaya bagi si bayi. Bunda juga jangan khawatir, akan adanya bakteri yang menempel pada tangan si bayi ketika ia mulai merangkak. Gunakan Protect Care Antibacterial Wipes, selain untuk membersihkan saat mengganti popok bayi, wipes ini berguna juga untuk membersihkan tangannya, maupun lutut dan kakinya. Protect Care Antibacterial Wipes ini, mengandung tea tree oli yang memiliki kualitas antiseptic alami, yang menjaga kulit dari bakteri, sehingga kulit bayi bersih, lembut, sehat secara higienis, dan tidak menyebabkan kulit iritasi.

Untuk bisa merangkak, bayi perlu distimulasi agar cepat merangkak.

Cara menstimulasi bayi merangkak:

  1. Bermain dengan mainan favoritnya
    Ajaklah bayi bermain dengan mainan favoritnya, gunakan mainan kesukaan yang mempunyai warna yang mencolok. Bermainlah dengan bayi dengan cara menggeser-geser mainan hingga bayi bisa meraihnya sambil merangkak. Ini sangat berguna untuk melatih agar bayi bisa merangkak dengan lancar.
  1. Ikut merangkak
    Bunda bisa memberikan contoh untuk si bayi dalam keadaan sambil merangkak. Ini berfungsi untuk bayi, yang akan meniru gerakan-gerakan Bunda. Perhatikan si bayi yang merangkak di tempat yang aman, dan jauhkan bayi dari hal-hal yang berbahaya ketika merangkak.
  1. Tummy time
    Ini salah satu untuk mestimulasi bayi merangkak dengan cara tengkurep atau tummy time. Untuk melatih bayi angkat kepala, perut, dan juga tubuhnya. Bunda bisa melakukan ini ketika sehabis bayi mandi pada sore atau pagi hari, ketika usia bayi diatas 2 bulan. Perhatikan dan juga lakukan pengawasan.
  1. Santai di matras
    Gunakan matras untuk melatih bayi agar merangkak, dan merasakan lebih leluasa untuk bergerak kesana kemari. Bunda juga harus megurangi menggendong bayi agar bayi mau berlatih merangkak dengan menggerakan anggota tubuhnya.
  1. Melakukan pijat
    Jika bayi Bunda sulit mendapatkan stimulasi untuk merangkak, ada baiknya bunda melakukan pijat seperti terapi okupasi, senam, dll. Jika ini tidak bekerja, langsung berkonsultasi dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Jika bayi Bunda berhasil merangkak, maka perhatikanlah kemampuan merangkak pada bayi, apabila bayi mengesot dan tidak bisa mengangkat perutnya, ini berarti otot-otot bayi masih dalam keadaan yang lemah.

Related Posts

Tags: , , , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

31 Comments

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. Yuliyani says:

    Bayi saya sdh 9 bln tapi blm bisa merangkak,sdh saya stimulasi mainan yang menarik tp ttp duduk diam di tempat sambil berteriak dg mksd mnt tlg diamblkn atau ditlg diangkat,klo g gitu pisisi duduk punggung ditekuk ke depan tgn smbl bursaha meraih.dl umur 3 bln bisa tengkurap tp hny sbntr,n sdh ditaruh di apolo apkh itu berpengaruh??trims.

    • Cussons Baby says:

      Hi Bunda,
      Untuk Bayi 9 bulan yang belum bisa merangkak, Bunda dapat mengkonsultasikan ke dokter lebih lanjut. Terima kasih.

  2. Yuliyani says:

    Bayi saya sdh 9 bln tapi blm bisa merangkak,sdh saya stimulasi mainan yang menarik tp ttp duduk diam di tempat sambil berteriak dg mksd mnt tlg diamblkn atau ditlg diangkat,klo g gitu pisisi duduk punggung ditekuk ke depan tgn smbl bursaha meraih.dl umur 3 bln bisa tengkurap tp hny sbntr,n sdh ditaruh di apolo apkh itu berpengaruh??trims.

  3. Devia says:

    Kalau anakku mulai bisa merangkak waktu 6bulan tapi pakai tangan dan kaki gerakaknnya masih lambat,nah sekarang 11 bln merangkaknya lebih cepat kadang_kadang suka berdiri sendiri, bahkan sudah senang belajar jalan โ˜บ

  4. Riska Aryono says:

    Anak saya 1tahun 3bln smp akting belum juga bisa jln…si kecil masi ajar berdiri belum bisa untuk melangkah…gmn yah untk si kecil cepat jalan

  5. haryati says:

    anak sy,berumur 9bln blm bs merangkak dia br ke tahp tengkurap tp bila mw ambl mainan dia berguling2,,,brt bdn ny 9,5kg

  6. Annisa Yuniar says:

    Bayi sy udh 11bulan merangkaknya masih mengesot, apa itu ada apa2 atau tdk apa2 yah?

  7. Faridah sri rezeki says:

    Di usianya yg baru 6 bln, anak saya sudah merangkak, apakah ini baik tw nggak y, krn biasanya kan anak” br mulai belajar merangkak itu di umur 7 bln bahkan lbh,

  8. Ermawan says:

    Hallo saya bapak dari revasya. Anak saya sekarang 4bulan 29 hari sekarang dah sering tidur tengkurap dan mulai merangkak menggunakan perut dan mengangkat pantatnya

  9. nepi herdiana says:

    anak saya 5 bulan sudah bisa merangkak, di usia 6 bulan jalan sudah bisa melangkahkan kaki sambil saya tuntun lari-lari, skarang usianya masuk 7 bulan, kami bahagia dengan kehadirannya seorang anak laki-laki yang tampan dan murah senyum pada semua orang, yang sangat membuat saya terharu dia selalu memberikan senyuman saat dia tau bahwa kami ada disisinya saat dia terbangun dari tidurnya

  10. toni priyono says:

    bayi kami berusia 11 bln. 2minggu lg genap satu tahun. cowok. tp smp skrng blm bs merangkak. msh dlm tahap tengkurep sj. tp kami selalu menstimulusnya agr mau merangkak. mungkin berat badannya berlebihan y… 8kg. ๐Ÿ™ tips” diatas akn kami coba trs. sangat bermanfaat. thanks..

  11. lovian simanjuntak says:

    Bayi saya skrg 6bln.
    lgi senang2nya blajar merangkak, tp saya sedih akhir2 ini anak saya malas makan.
    Ada masukan gak ya buat anak yang susah makan?
    Trimks

  12. asri yuniar says:

    Bayiku usia 1bulan 2mgg
    Bila habis di pijat pakai baby oil nya cussons
    Tidurnya lelap…

  13. Sri Daryani says:

    Anak saya lagi seneng senengnya tengkureb

  14. Afrilia says:

    Baby ku dah 5bulan skrg dah bisa muteur”kadng ngerangsod pake pake perut y tp mah lambat “apakh itu sdh berrti perkembngm yg baik bagi baby ku

    • Cussons Baby says:

      hi Bunda Afrilia, bayi Bunda normal. Banyak tipe-tipe merangkak untuk bayi, salah satunya merangkak dengan cara mengesot, sama seperti bayi Bunda lakukan bukan? Untuk lebih aktif lagi, Bunda bisa menstimulasi dengan cara-cara diatas agar lebih cepat merangkak ๐Ÿ™‚ Yuk Bunda! cek lebih banyak tips-tips di artikel Cussons Baby http://www.cussonsbaby.co.id/blog/#.WFyrqPB97IU

  15. Noor Aida says:

    anakku skrg usianya 5bln lebih…
    dia mulai sering mengangkat pantatnya dan menggeser tubuh atasnya (dada).
    Apakah itu tanda mulai belajar merangkak ?

  16. Mulai merngkak usia 9bln

  17. Inda damayanti says:

    Glyn merangkak usia 7 bln, 10 bln dia melangkahkan kaki mungilnya.
    saya sangat bahagia anak saya cerdas dan cepat sekali tanggap akan hal apa pun di usianya yang baru 14 bln.
    Sangat lincah dan cerewet, periang pula.

  18. nurhasanah says:

    bayi muai merangkak sekitar umur 6-12 bln

    • Cussons Baby says:

      hi Bunda Nurhasanah, iya benar. Bayi akan merangkak mulai memasuki usia 6 sampai dengan 10 bulan, sekitar 50% bayi merangkak pada usia 7 bulan, dan 75% nya bayi mulai merangkak pada usia 10 bulan, dan sekitar 90% bayi terampil merangkak pada usia 11 bulan. ๐Ÿ™‚ Yuk Bunda! cek lebih banyak tips-tips di artikel Cussons Baby http://www.cussonsbaby.co.id/blog/#.WFyrqPB97IU

Top