Melatih Dasar Panggul Setelah Kelahiran

Apa itu dasar panggul?

Dasar panggul Bunda adalah tempat otot yang membentang dari depan tulang kemaluan sampai ke tulang belakang. Otot-otot ini juga menyokong rahim, kandung kemih dan usus. Mereka juga membantu mengontrol pergerakan kandung kemih dan usus.

Selama kehamilan, dasar panggul dapat meregang dan melemah karena harus menyokong beban yang berat. Selama kelahiran, bayi keluar melewati panggul, yang dapat memberikan memar dan rasa sakit di bagian panggul setelah kelahiran.

 

Mengapa latihan dasar panggul itu penting?

Otot-otot dasar panggul  Bunda melemah selama kehamilan, kandung kemih, perut, vagina dan rahim tidak mendapatkan sokongan yang cukup. Hal ini dapat membuat Bunda merasa tidak nyaman, seperti sensasi beban di panggul. Hal ini dapat mengurangi sensasi dan membuat seks menjadi kurang menyenangkan.

Bunda juga akan merasa lebih sulit untuk mengontrol kandung kemih. Beberapa wanita mengaku mereka mengalami “kebocoran” urin, terutama ketika batuk, bersin atau sedang melakukan latihan panggul.

Tapi untungnya, Bunda dapat melatih otot-otot dasar panggul dengan beberapa latihan sederhana yang dapat dilakukan di mana saja.

 

Bagaimana melakukan latihan dasar panggul?

Bunda dapat melakukan latihan dasar panggul di mana saja, tetapi untuk memulainya, cobalah melakukannya di rumah sehingga dapat berkonsentrasi. Kelahiran dapat mempengaruhi saraf di panggul, sehingga sulit untuk tahu apakah Bunda melakukannya dengan benar.

 

Jika setelah melahirkan Bunda merasa sakit, cobalah melakukan latihan dasar panggul, dengan berbaring terlentang untuk memulainya. Bunda juga bisa mencoba melakukannya pada saat mandi.

  • Duduk dengan nyaman di tepi meja atau di kursi tegak.
  • Bayangkan Bunda sedang menahan aliran urin pada saat sedang menuju toilet untuk buang air kecil, pada saat yang bersamaan, kencangkan otot vagina dan anus, seperti sedang menahan buang gas.
  • Jangan mengencangkan bokong atau menahan nafas pada saat bersamaan.
  • Tunggu sejenak, kemudian relaks lagi.
  • Ulangi 10-15 kali, atau sebanyak yang Bunda bisa.
  • Setelah otot dasar panggul terasa lebih kuat, Bunda dapat mencoba menahan selama 4 atau 5 detik lebih lama.

 

Seberapa sering melakukan latihan dasar panggul

Cobalah untuk melakukan latihan dasar panggul 3 kali sehari. Untuk membantu mengingatkan Bunda, cobalah melakukannya setiap habis makan.

Jangan terlalu memaksakan diri di awal, terutama setelah melahirkan ketika tubuh Bunda lelah dan sakit. Dengarkan tubuh Bunda dan berhenti jika merasa tidak nyaman.

 

Setelah beberapa minggu, Bunda sudah bisa merasakaan manfaatnya, Seiring akan terasa lebih mudah untuk mengontrol kandung kemih.

 

 

Related Posts

Tags:

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top